Ini 5 Dampak yang Bakal Kamu Rasakan Bila Kurang Tidur

Selain cukup makan dan minum, manusia juga perlu cukup istirahat. Menurut Kementerian Kesehatan, orang dewasa butuh istirahat sekurang-kurangnya 7-8 jam per hari.

Coba hitung lagi, setiap hari kamu sudah cukup tidur sesuai ketentuan itu, belum? Kalau belum segera perbaiki pola tidurmu sebab kalau tidak kamu akan merasakan dampak kurang tidur berikut.

 

1. Tidak semangat dan mudah Sakit

5 Akibat Buruk yang Bisa Dialami Kalau Kamu Kurang Tidur
Sering begadang sampai malam membuat kekebalan tubuh menurun via pixabay.com

Saat tidur malam, tubuh memproduksi hormon penjaga kekebalan tubuh. Selain itu tubuh juga melakukan detoksifikasi dan perbaikan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Jadi kalau kamu tidak tidur malam, itu artinya kamu mengabaikan pemeliharaan kesehatan tubuh.

Alhasil, kurang tidur bakal bikin kamu tidak semangat beraktivitas di keesokan harinya. Bukan cuma itu. Sering melewatkan waktu tidur malam, siap-siap deh kena gangguan kesehatan yang serius. Mulai dari flu sampai penyakit jantung, stroke, dan diabetes bisa menyerangmu.

 

2. Tidak bisa berpikir atau fokus

Pikiran dan pandangan kabur via flickr.com

Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan kognitif atau kemampuan berpikirmu. Kamu bakal sulit berpikir atau berkonsentrasi penuh. Kemampuan untuk mengingat, membuat keputusan, dan kewaspadaan juga menurun drastis.

Selain menjadi tidak produktif dan kurang kreatif, dampak yang lebih fatal bisa mengintaimu. Kamu punya peluang lebih besar mengalami kecelakaan di jalan, rumah, atau di tempat kerja.

 

3. Gampang lupa

5 Akibat Buruk yang Bisa Dialami Kalau Kamu Kurang Tidur
Jangan lupa ya via pixabay.com

Saat tidur, otak tetap bekerja mengumpulkan semua ingatan dan mengolahnya ke dalam sistem memori alam bawah sadar. Bagaimana dampaknya kalau kamu kurang tidur? Kamu bakal jadi mudah lupa dan lama-lama kemampuan otakmu mengingat semakin menurun.

Oleh karena itu, kamu harus tidur cukup. Dengan begitu ingatan kamu dapat selalu ter-update.

 

4. Berat badan naik

5 Akibat Buruk yang Bisa Dialami Kalau Kamu Kurang Tidur
Berat badan naik akibat ngemil tengah malam via pixabay.com

Saat tidur, suhu tubuh menurun dan kerja sistem pencernaan akan melambat. Di sisi lain, keringat yang dikeluarkan saat tidur berfungsi membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Bila kamu terus melek di malam hari, hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar akan terus diproduksi, menyebabkan kamu ingin makan atau ngemil. Kalau kamu takluk sama rasa lapar itu, berarti kamu memperberat kerja sistem pencernaan. Tubuh akan menumpuk lemak yang tidak diproses. Hal ini dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

 

5. Penampilanmu kacau dan mudah emosi

5 Akibat Buruk yang Bisa Dialami Kalau Kamu Kurang Tidur
Begadang sampai larut malam membuat kulitmu kusam dan lebih sensitif via pixabay.com

Ketika tidur, tubuh memperbaiki semua jaringan yang ada, termasuk jaringan kulit. Namun kalau kamu tidak tidur satu malam saja, kamu akan mendapati penampilan dan wajahmmu kusut dan awut-awutan. Lingkaran hitam di bawah mata, wajah yang pucat, dan kulit yang kusut akan membuatmu terlihat seperti zombi.

Penampilan zombimu makin sempurna karena kurang tidur juga menyebabkan rasa cemas yang berlebihan, mudah tersinggung, dan sensitif.

 

Demikian dampak kurang tidur yang bisa kamu rasakan. Adakalanya kita memang tidak terhindarkan untuk begadang. Tapi seperti kata Rhoma Irama, begadang boleh saja, kalau ada perlunya.

Paling sering kamu kamu begadang untuk keperluan apa sih?


 

Leave a Reply