Yuk, Lihat Perbedaan Etika Makan di Berbagai Negara

Di Indonesia, pasti banyak orangtua yang melarang anak-anaknya makan sambil mengecap. Jangan keliru, mengecap di sini bukan makan pakai kecap, tapi makan dengan mulut terbuka dan mengeluarkan suara kunyahan yang berisik.

Uniknya, walau di Indonesia dianggap tidak sopan, di luar negeri kebiasaan seperti itu dianggap biasa saja. Beda budaya, beda etika makannya. Yuk, lihat perbedaan etika makan di berbagai negara berikut ini.

 

1. Jepang

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Di Jepang ketika makan ramen atau sup, orang akan ramai mengeluarkan suara menyeruput kuah atau menghisap mie. Slurrpppp. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada juru masak atau koki yang membuat makanan.

Namun jangan sekali-kali sewaktu makan menancapkan sumpit dalam posisi tegak berdiri ke dalam nasi. Meletakkan sumpit pada posisi seperti itu dianggap membawa nasib sial. Mungkin karena posisi seperti itu menjadikan sumpit mirip seperti hio di meja sembahyang untuk arwah. Pantangan ini juga berlaku di China, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand.

 

2. Afghanistan

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Sewaktu ada makanan terjatuh, kita mengenal ungkapan “belum 5 menit.” Nah kalau di Afghanistan, beda lagi. Kalau makanan terjatuh, mereka langsung mengambil makanan tersebut lalu menciumnya. So sweet!

 

3. Chili

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Di Indonesia atau di beberapa negara lainnya, tidak ada sendok dan garpu tidak masalah. Makanan bisa saja disantap atau dicomot pakai tangan telanjang. Lain halnya dengan di Chili. Di sana, sewaktu makan kita diharuskan menggunakan peralatan makan tersebut. Mengambil makanan dengan tangan pakai tangan telanjang dianggap kelakukan tidak sopan.

 

4. Mesir

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Di Mesir ada etika makan yang unik yaitu dimana ketika gelas kamu kosong, orang yang di dekat kamu akan mengisi gelasmu kembali. Begitu sebaliknya jika gelas orang di sebelahmu kosong, kamu harus mengisinya kembali. Kalau kosong jangan sungkan untuk bilang gelas kamu kosong. Budaya yang bagus bukan? That’s what friends are for!

 

5. Prancis

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Di Prancis, selain menggunakan peralatan makan yang lengkap, kamu juga bisa menggunakan roti untuk menyendokkan makanan dari piring ke mulut. Sementara untuk salad, kalau dimakan menggunakan peralatan makan, jangan sekali-kali memotong menggunakan peralatan makan. Kelakuan itu dianggap tidak sopan. Cara yang benar, lipatlah daun tersebut menggunakan peralatan makanmu.

 

6. Italia

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Kalau kamu pencinta piza dan punya kesempatan makan di negara asalnya, jangan pernah menaburkan bubuk keju parmesan ke atas  pizamu. Kelakuan seperti itu dianggap aneh dan tidak lazim bagi orang Italia. Orang Italia hanya menaburkan bubuk keju parmesan untuk makanan seperti spageti.

 

7. Korea

Etika Makan yang Unik di Seluruh Dunia
via pixabay.com

Saat makan bersama orang yang lebih tua di Korea, senioritas sangat dijaga. Kamu enggak boleh mulai makan duluan sebelum mereka memegang sendok atau sumpitnya. Begitu pula saat mengakhiri makanan, jangan berhenti makan sebelum mereka berhenti.

 

Unik-unik ya etika makan di berbagai negara di dunia. Padahal etika tersebut enggak membuat tambah kenyang, tapi tetap dipraktikkan. Kalau di daerah asalmu, ada etika makan yang unik seperti itukah?


 

Leave a Reply