5 Hal yang Wajib Sales Kuasai agar Sukses Menjual

Salah satu syarat mutlak satu usaha atau bisnis bisa terus hidup adalah punya pembeli atau pelanggan. Sebagus apapun trik pemasaran kalau produk atau jasa tidak terjual, sia-sialah semua trik tersebut. Untuk itu seorang sales atau entrepreneur wajib menguasai hal-hal berikut ini agar sukses menjual produknya.

 

1. Pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan

via pixabay.com

Seorang sales maupun pemilik usaha sangat penting tahu seluk beluk produk atau jasanya sendiri. Dengan mengetahui seluk beluk, kekurangan, serta kelebihan produk yang hendak ditawarkan, maka sales dapat mengerti sisi mana yang perlu ditonjolkan untuk menarik minat calon pembeli.

 

2. Referensi atau daftar orang-orang yang sudah membeli produk

via flickr.com

Referensi atau “sejarah” suatu produk biasanya juga jadi bahan pertimbangan bagi para konsumen sebelum membeli atau menggunakan produk yang sales tawarkan.

Misalnya kamu sales yang menjual barang dari rumah ke rumah. Ketika menjual ke suatu rumah, enggak ada salahnya menyebutkan orang-orang lain yang sudah lebih dulu membeli barang tersebut. Dengan begitu calon pembeli tersebut jadi tahu sudah ada orang lain yang mempercayai produk yang ditawarkan kepadanya.

Semakin banyak daftar orang yang sudah menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan, biasanya calon pembeli akan semakin percaya dan teryakinkan. Artinya, ia semakin mudah dirayu untuk ikut membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut.

 

3. Cara penyampaian yang baik

via maxpixel.freegreatpicture.com

Seringkali sales gagal dalam menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli gara-gara satu hal, cara penyampaian yang kurang baik. Produk sebagus apapun kalau ditawarkan dengan cara yang buruk pasti tidak akan ada orang yang mau membeli.

Jangan sampai gara-gara cara penyampaian kamu yang tidak sabaran, kurang detail atau lengkap, orang yang tadinya sudah ada niat membeli jadi batal. Usaha kamu jadi sia-sia.

 

4. Mampu mengikuti irama pembicaraan calon konsumen

via unsplash.com

Sewaktu bernegosiasi dengan calon pembeli, adakalanya poin-poin 1,2,3 sulit digunakan secara maksimal. Biasanya itu terjadi sewaktu berhadapan dengan orang yang sudah paham produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Triknya, ikuti irama pembicaraan calon konsumen, namun jangan sampai terlena atau hanyut terbawa ceritanya. Sebagai tenaga penjual kamu harus ingat tujuan utamamu: menjual. Kamu harus jeli dan lihai mencari celah pembicaraan untuk kamu manfaatkan sebagai jalan penutup negosiasi. Tentunya negosiasi ditutup dengan keputusan si calon pembeli akhirnya jadi benar-benar membeli.

 

5. Mampu membaca situasi dengan cermat

via wikimedia.org

Membaca situasi dan keadaan, terutama hal-hal yang menyangkut daya beli konsumen amatlah penting. Misalnya kamu sedang menjual barang elektronik. Selama perbincangan, sisipkan pertanyaan selingan yang bisa memberikanmu gambaran singkat daya beli konsumen.

Contoh pertanyaan yang bisa dipakai seperti, “Listrik di rumah dayanya berapa watt, Pak/Bu?” Dari pertanyaan daya listrikmu itu kamu bisa tahu daya beli calon pembeli tersebut. Biasanya, semakin besar daya listrik rumahnya, semakin besar pula kemampuan keuangannya.

Masih banyak lagi pertanyaan yang bisa kamu lontarkan kepada calon pembeli agar bisa lebih tepat membaca situasi. Hanya saja, pertanyaan tersebut harus kamu kemas sebaik mungkin sehingga terucap sebagai hal yang biasa saja dan tidak terkesan menginterogasi.

Itu tadi beberapa hal yang harus sales atau entrepreneur kuasai agar sukses menjual. Apa semua hal itu sudah kamu kuasai?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply