10 Makanan yang Baik Disantap Setiap Hari

Punya badan sehat tubuh kuat adalah masalah kebiasaan. Kamu harus rutin berolahraga serta menjaga pola makan. Mulai dari sekarang pilah pilih deh makanan yang kamu santap setiap hari. Kalau rada tidak menyehatkan, santap sesekali saja. Tapi kalau makanan yang sehat, kamu harus rutin mengonsumsinya.

Dari antara makanan sehat tersebut, ada beberapa makanan yang baik disantap setiap hari lho. Makanan apa sajakah itu? Simak di bawah ini.

 

1. Tomat

via pexels.com

Sayuran yang sering disangka buah ini bukan hanya menarik dan segar tapi juga menyehatkan. Tomat mengandung banyak nutrisi, salah satunya zat likopen. Mengonsumsi tomat setiap hari dapat mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung koroner. Tebak, berapa banyak yang harus kamu konsumsi setiap hari? Cukup dengan 8 tomat ceri atau segelas jus tomat.

 

2. Wortel

via pixabay.com

Selain rendah kalori, makanan kesukaan tokoh kartun Bugs Bunny ini juga tinggi karotenoid. Karotenoid merupakan zat yang efektif meluruhkan lemak tidak sehat. Rutin mengonsumsi wortel setiap hari dapat mengurangi risiko terkena kanker serta penyakit peradangan seperti asma dan rematik. Untuk bisa mendapatkan manfaat wortel, kamu cukup makan setengah cangkir wortel sehari.

 

3. Sayuran kol dan kubis-kubisan

via flickr.com

Tinggi serat, rendah kalori, serta penuh berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh adalah alasan kamu perlu mengisi lemari esmu dengan sayuran ini. Kembang kol, brokoli, kubis, kale dan sayur bok choy mampu menstimulasi enzim dalam tubuh yang efektif dalam melawan karsinogen, zat penyebab kanker.

 

4. Bayam

via wikimedia.org

Bayam tinggi kandungan omega 3 dan asam folat sehingga baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Selain itu, bayam juga kaya lutein yang ampuh memerangi degenerasi makula. Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran ini, kamu cukup mengonsumsi segelas bayam segar atau setengah gelas bayam masak per hari.

 

5. Sereal tinggi serat

via flickr.com

Makanan yang baik disantap setiap hari berikutnya adalah sereal tinggi serat. Pastikan sewaktu membeli sereal untuk sarapan, kamu membeli yang tidak terlalu banyak mengalami pemrosesan.

Sereal seperti itu mengandung banyak serat yang baik bagi jantung serta ampuh mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu walau zat dominannya adalah karbohidrat, tapi karena berserat tinggi, gula dalam sereal seperti oat dan havermut ini lebih lambat diserap tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan proteinnya yang tinggi, sereal tinggi serat baik untuk membentuk otot.

 

6. Buah beri-berian

via pexels.com

Buah beri-berian kaya zat antioksidan yang yang efektif menangkal radikal bebas, mengurangi risiko kanker, serta memperlambat penuaan. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai camilan saat santai atau senggang.

 

7. Bawang putih

via pixabay.com

Bawang putih mengandung zat-zat yang baik untuk menambah sistem kekebalan tubuh sehingga kamu enggak gampang sakit. Selain itu bawang juga baik untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan dan kanker prostat. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang kamu bisa mengonsumsi satu siung bawang dalam menu makanan setiap hari.

 

8. Minyak zaitun

via pixabay.com

Minyak zaitun yang kaya antioksidan fenol dan lemak tak jenuh tunggal adalah pelindung bagi pembuluh arterimu. Minyak ini dicari karena mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Gunakan setidaknya satu sendok minyak zaitun dalam menu makanmu dalam sehari.

 

9. Kacang-kacangan

via pixabay.com

Kacang-kacangan kaya akan zat omega 3 serta polifenol. Zat tersebut ampuh untuk mencegah peradangan. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan protein yang konon kandungannya lebih tinggi dibanding daging ayam.

Sayangnya, kacang-kacangan tinggi kandungan kalorinya. Kalau dimakan berlebihan bisa bikin berat badanmu naik. Triknya, pilihlah kacang pistachio atau kenari yang kalorinya tergolong rendah. Kalau ingin jadikan camilan, kacang jenis ini masih bagus untuk kesehatan dan berat badanmu.

 

10. Pisang

via wikimedia.org

Riset menunjukkan pisang merupakan makanan yang tinggi potasium. Satu buah pisang memiliki kandungan 400 mg potasium yang berguna untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah pisang setiap hari baik untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

 

Kesepuluh makanan di atas relatif mudah kita dapatkan di pasar atau supermarket. Dengan begitu enggak ada alasan lagi untuk malas memulai kebiasaan sehat. Yuk, mulai dari sekarang rutin mengonsumsi makanan tersebut setiap hari.


 

3 Comment

  1. Dwi Yuliana says: Reply

    Makasih informasinya. Menarik sekali dan bermanfaat, terutama untuk ibu hamil spt saya. Makanan sehat untuk saya dan bayi dlm kandungan saya. ^.^

  2. Noor Hayati says: Reply

    Yuukkk mari kita hidup sehat..dgn begitu pikiran dan hati jg ikut sehat?

  3. Astuti kurniasih says: Reply

    Ternyata sehat gak perlu mahal…. ?

Leave a Reply