5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Sebelumnya JadiMandiri telah membahas pengertian wisata halal, yakni wisata yang sesuai dengan gaya hidup, budaya, dan ketentuan Islam. Sekarang kita melihat ke negara kita sendiri, Indonesia. Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, konsep wisata halal ini sangat potensial untuk dipromosikan. Beberapa destinasi wisata halal di Indonesia, antara lain:

 

1. Lombok

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Pantai Kuta Lombok via pixabay.com

Bicara tentang destinasi halal di Indonesia bisa dimulai dari Lombok. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini sudah tidak asing lagi dengan konsep wisata halal. Pada tahun 2015, Lombok terpilih sebagai Destinasi Halal Terbaik serta Destinasi Bulan Madu Terbaik dari The World Halal Travel Summit.

Pulau ini memang memiliki alam yang sangat indah. Di sini kita bisa menemukan Gunung Rinjani, Pantai Kuta Lombok, Pantai Merah Jambu, Desert Poin (Bangko-Bangko) dan tempat-tempat lainnya. Bukan cuma wisata alam, wisata religi juga bisa dilakukan di Lombok. Kita bisa menemukan masjid dengan berbagai bentuk yang unik di Lombok. Tidak heran, Lombok mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

 

2. Aceh

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman via pixabay.com

Provinsi berjuluk Serambi Mekah ini bisa menjadi destinasi wisata halal yang ideal di Indonesia.  Selain menerapkan syariat Islam, banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebut saja Masjid Raya Baiturrahman, air terjun Blang Kolam, Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan tempat-tempat lainnya.

 

3. Banyuwangi

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Umah Kayu Hutan Pinus di Banyuwangi via pixabay.com

Banyuwangi selama ini terkenal dengan pemandangan alamnya seperti Kawah Gunung Ijen, Waduk Bajulmati, dan Gunung Raung. Konsep wisata halal potensial untuk dijalankan mengingat kota yang terletak di Jawa Timur ini sekarang punya Pantai Santen. Di pantai ini pengunjung laki-laki dan perempuan punya tempatnya sendiri-sendiri dan tidak boleh bercampur. Cocok dengan konsep wisata halal.

 

4. Bandung

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Kawah Putih di Bandung via pixabay.com

Bandung memiliki banyak tempat wisata lokal yang halal, terutama di bidang kuliner dan alam. Menjamurnya industri kuliner halal  serta pemandangan alam yang indah pasti membuat banyak wisatawan ingin datang kembali. The Lodge Maribaya Lembang, Grand Hotel Universal, Hijab Swimming Pool, Tebing Keraton adalah contoh tempat-tempat wisata yang bakal menarik wisatawan.

 

5. Jakarta

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Museum Sejarah Jakarta atau biasa disebut Museum Fatahillah via pixabay.com

Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis di Indonesia, sudah tentu banyak orang yang tertarik berkunjung ke Jakarta. Bukan cuma itu, Jakarta juga punya berbagai destinasi wisata yang menarik. Aneka masjid tua, museum, mal, kafe, restoran yang mempromosikan wisata halal akan semakin menambah ketertarikan wisatawan muslim mancanegara untuk datang berkunjung.

 

Indonesia memang sudah sangat paham dengan konsep halal, namun dalam praktiknya, destinasi wisata di Indonesia kebanyakan belum diperkuat dengan sertifikasi halal. Bila destinasi wisata sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal, tentu wisatawan muslim mancanegara akan semakin mantap dan tidak ragu lagi berlibur ke sini.


 

Leave a Reply