7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Mengambil KTA

Suka kesel enggak kalau lagi sibuk kerja, eh ada telepon atau SMS yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Sebenarnya apa sih KTA itu?

KTA, seperti namanya, adalah kredit atau pinjaman yang enggak mengharuskan peminjamnya untuk menyerahkan aset berharga sebagai jaminan atau agunan. Pengajuannya pun enggak sulit, dan uangnya bisa dipergunakan untuk kebutuhan apapun.

Kalau kamu jadi tertarik, jangan langsung buru-buru mengajukan pinjaman. Baca dulu beberapa pertimbangan mengambil KTA di bawah ini.

 

1. Kredibilitas pemberi pinjaman

pertimbangan mengambil KTA
via pixabay.com

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah kredibilitas bank atau pemberi pinjaman KTA. Bank yang sehat dan terpercaya akan lebih mudah memberikan dana dengan nilai yang kita butuhkan. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga berkualitas dan hak kita sebagai penerima KTA lebih terlindungi.

 

2. Jenis kredit

pertimbangan mengambil KTA
via pixabay.com

KTA memang cocok buat kamu yang perlu dana cepat. Namun, sebelum mengambil kredit tanpa agunan, kamu perlu melihat dan menyesuaikan dengan kondisi finansial yang kamu miliki. Pastikan dengan jumlah pinjaman yang kamu ajukan, kamu bisa mengembalikannya sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat dan dilakukan dalam tenor atau jangka waktu yang telah ditentukan.

Cermati juga ketentuan mengenai biaya lain-lain, yaitu biaya yang belum tercakup dalam biaya yang disebutkan pada awal perjanjian. Umumnya biaya lain-lain adalah biaya tahunan, biaya pembatalan, dan sebagainya.

 

3. Plafon yang sesuai

pertimbangan mengambil KTA
via pixabay.com

Plafon pinjaman untuk KTA lebih terbatas dibandingkan pinjaman jenis lain karena besarnya risiko KTA yang tanpa jaminan apapun. Setiap bank jumlah maksimalnya enggak sama. Kamu perlu tahu bank mana yang bisa memberikan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau dana yang kamu ajukan melebihi ketentuan sudah jelas akan ditolak.

Persetujuan plafon pinjaman akan dilihat dari kemampuan kamu untuk membayar angsuran per bulan. Kemampuan ini pada umumnya diukur dari gaji per bulan. Rata-rata bank menerapkan syarat minimal gaji 3 juta rupiah sampai 10 juta rupiah per bulan.

 

4. Fleksibilitas jangka waktu pelunasan

pertimbangan mengambil KTA
via maxpixel.freegreatpicture.com

Kamu perlu memilih bank yang memberikan fleksibilitas dalam menentukan jangka pinjaman. Fleksibilitas jangka waktu pinjaman ini sangat membantu jika kamu enggak bisa melunasi tepat waktu atau malah mampu melunasi lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

Ini penting sebab enggak semua bank bisa fleksibel dalam mengenakan jangka waktu pelunasan. Kalau kamu membayar lebih cepat atau terlambat dari kontrak yang sudah disepakati, kamu akan dianggap melanggar kontrak dan bakal didenda.

Olehs sebab itu, pilihlah jangka waktu yang paling sesuai untukmu. Atau, pilihlah produk KTA yang memberi kelonggaran bisa membayar lebih cepat dari tenggat yang sudah disepakati.

 

5. Persyaratan dan kelengkapan

pertimbangan mengambil KTA
via pexels.com

Persyaratan dan kelengkapan KTA tiap bank berbeda-beda. Pelajari dan bandingkan produk KTA bank mana yang syarat dan kewajibannya ringan dan sederhana. Semakin banyak dokumen yang dibutuhkan berarti semakin sulit pengajuan serta kemungkinan diterima.

Untuk biaya administrasi, biaya ini biasanya dibebankan kepada peminjam KTA di awal proses pengajuan. Kalau kamu keberatan, cari bank yang bebas biaya administrasi.

 

6. Cicilan per bulan

pertimbangan mengambil KTA
via creative-commons-images.com

Jumlah total pinjaman KTA-mu kepada bank dinamakan pokok pinjaman. Ketika kamu membayar cicilan bulanan, berarti kamu sedang membayar cicilan pokok pinjaman plus bunga pinjaman plus biaya administrasi.

Jumlah ini harus menjadi pertimbanganmu dalam mengatur pengeluaran tiap bulan. Jangan sampai gara-gara mengajukan KTA, pengaturan keuanganmu jadi besar pasar daripada tiang, alias lebih banyak pengeluaran dibanding pemasukan.

Jangka waktu atau tenor kredit juga mempengaruhi pembayaran bulanan. Semakin besar jumlah pinjaman maka semakin panjang pula jangka waktu pinjamannya. Waspadai jika penyedia pinjaman tidak memberikan informasi lengkap mengenai cicilan bulanan dan pembayaran angsuran, karena kemungkinan ada biaya yang disembunyikan.

 

7. Suku bunga tahunan

pertimbangan mengambil KTA
via pixabay.com

Beda bank, beda pula besaran bunga yang dikenakan. Rentangnya bunga kreditnya sih antara 10 persen sampai dengan 23 persen per tahun. Walau begitu, kamu perlu juga mencermati jenis suku bunga yang berlaku pada program KTA yang ditawarkan.

Jenis suku bunga tetap (fixed) berarti nilai bunga yang harus kamu bayar tiap bulan akan selalu tetap pada setiap periode. Sedangkan sistem suku bunga tidak tetap adalah cicilan per bulan yang berubah-ubah besarnya bergantung pada tingkat bunga yang sedang berlaku saat itu.

Pilihlah bank yang memang memberikan pinjaman dengan bunga kredit paling rendah serta jenis suku bunga yang sesuai untukmu.

 

Tuh, kan. Banyak juga yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan mengambil KTA. Apakah sesudah membaca berbagai pertimbangan tersebut kamu jadi tertarik mengajukan KTA?


 

1 Comment

  1. Rissa says: Reply

    Bermanfaat nih bagi yang mau ngajuin KTA… infonya baik untuk diketahui…

Leave a Reply