5 Tips Sukses Jualan di Kantin Sekolah, Kampus, atau Kantor

Bisnis makanan enggak ada matinya. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah jualan di kantin, entah itu kantin sekolah, kantor, ataupun kampus. Beberapa keuntungan jualan di kantin adalah kamu repot mencari tempat yang pas untuk jualan serta sudah bisa memperkirakan seperti apa pengunjung yang datang.

Wah, enak kalau begitu. Tinggal gelar lapak. Eits, tidak sesimpel itu juga. Kamu perlu memperhatikan tips berikut agar sukses jualan di kantin.

 

1. Analisis dan susun strategi

Tips Jualan di Kantin Sekolah, Kantor, atau Kampus
Cek apakah pilihan makanan atau minuman yang disajikan membosankan atau tidak? via pixabay.com

Layaknya berperang, ada baiknya kamu mempelajari dulu kompetitor yang sudah ada di kantin tersebut. Lihat, ada berapa pedangang yang berjualan, makanan atau minuman apa yang mereka jajakan, standar harga makanan di sana, serta perkiraan jumlah pengunjung yang akan datang.

Kalau kamu sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, baru deh kamu bisa menentukan produk yang mau kamu jual, harga, serta strategi penjualan lainnya.

 

2. Produk yang akan dijual

Tips Jualan di Kantin Sekolah, Kantor, atau Kampus
Menu bervariasi dapat menarik pelanggan via pixabay.com

Kiat berikutnya agar sukses jualan di kantin adalah menentukan produk yang hendak kamu jual. Kalau pedagang yang menjual makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya sudah terlalu banyak, kamu bisa siasati dengan menjual camilan dan minuman ringan.

Begitu pula sebaliknya, kalau yang menjual makanan berat masih sedikit, kamu bisa ambil kesempatan dengan menjajakan nasi, mie, dan makanan mengenyangkan lainnya. Variasi produk dapat menyelamatkanmu agar konsumen tidak bosan.

 

3. Kebersihan dan kualitas terjaga

Tips Jualan di Kantin Sekolah, Kantor, atau Kampus
Pastikan peralatan makanan dan makanan yang disajikan higienis via pixabay.com

Pastikan lapak tempat berjualan, bahan makanan atau minuman, serta peralatan yang kamu gunakan selalu terjaga kebersihannya. Selain Selain berpengaruh terhadap kualitas makanan dan minuman yang kamu sajikan, hal ini juga untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Rasa enak tapi kalau jorok pasti bikin pelanggan jijik dan enggak mau memesan lagi di kemudian hari.

 

4. Pelayanan terbaik

Tips Jualan di Kantin Sekolah, Kantor, atau Kampus
Pelayanan ramah, cepat dan tepat adalah sebagain kunci suksesnya usaha via pixabay.com

Dalam bisnis kuliner, hal lain yang penting dan wajib kamu perhatikan adalah pelayanan. Seperti yang bisa kamu lihat di game Dinner Dash, ada banyak karakter pelanggan. Ada yang ramah tapi banyak juga yang tidak sabaran. Kamu harus memperlakukan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Apalagi mengingat kamu jualan di kantin, kemungkinan besar kamu akan kembali bertemu dengan orang tersebut di lain kesempatan.

 

5. Alternatif pemasukan

Punya lebih dari satu sumber pendapatan via wikimedia.org

Jam operasional kantin menyesuaikan dengan gedung tempat kantin itu berada. Kalau di gedung perkantoran, sesuai dengan jam kerja karyawan. Agak berbeda dengan kantin di kampus dan sekolah. Pada musim liburan, kampus dan sekolah biasanya tidak beroperasi. Untuk itu kamu harus menyiapkan rencana alternatif supaya tetap punya pemasukan.

 

Itu tadi beberapa kiat sukses jualan di kantin. Kalau menurut kamu sendiri, seperti apa sih kantin yang ideal? Sampaikan di kolom komentar ya.


 

1 Comment

  1. atik sridani wismayanti says: Reply

    hmmm boleh d coba nih, di kantor blm ada kantin jg hhi ?

Leave a Reply