5 Tips Memaksimalkan Memotret Menggunakan Kamera Smartphone

Dulu untuk menekuni hobi fotografi, orang harus punya kamera profesional atau setidaknya kamera saku. Sekarang, berbekal kamera smartphone saja sudah bisa untuk jepret sana jepret sini. Produsen smartphone melengkapi produk mereka dengan fitur kamera yang semakin canggih. Tidak heran, kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak kalah dengan kamera profesional.

Supaya foto yang kamu buat makin kece dan bagus, kamu wajib tahu juga cara memaksimalkan kamera smartphone-mu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan sewaktu memotret menggunakan kamera smartphone.

 

1. Menggunakan komposisi yang pas

Pada saat membidik suatu objek, terkadang kita menghasilkan gambar yang tidak fokus atau tidak seimbang antara objek dengan sekelilingnya. Supaya terlihat seimbang dan enak dilihat, kamu bisa mengatur penempatan objek foto di dalam bidang gambar atau biasa disebut juga dengan mengatur komposisi foto.

Rule of Thirds merupakan contoh komposisi yang bisa kita terapkan. Komposisi ini menggunakan alat bantu grid atau garis kisi-kisi yang membagi layar menjadi sembilan kotak. Posisikan objek yang mau kita potret di titik persinggungan garis mendatar dan vertikal.

 

2. Fokus pada satu objek

Kalau kamu menemukan objek yang bagus untuk difoto, semakin dekat jarakmu dengan objek, semakin bagus. Walau begitu kamu tidak perlu memenuhi semua frame dengan objek tersebut.

Jaga tanganmu agar tidak goyang sewaktu memotret, sehingga foto yang kamu hasilkan tidak buram. Supaya terlihat keren, kamu bisa memberikan efek bokeh atau blur sebagai latar belakang objek tersebut. Atau kalau objeknya imut-imut, kamu bisa menggunakan mode makro.

 

3. Mencoba trik-trik baru

Enaknya memotret menggunakan smartphone adalah kamu lebih mudah untuk bereksperimen. Kamu bisa mencoba trik baru atau menerapkan sudut pengambilan gambar yang tidak lazim. Misalnya saja membuat foto siluet. Kamu hanya butuh klik sana dan klik sini untuk menciptakan foto yang keren.

 

4. Terus berlatih

Tiada hari tanpa memotret. Gunakan selalu smartphone-mu untuk memotret. Setiap ada objek yang menarik perhatian matamu segera potret. Kebiasaan seperti ini berguna untuk mengasah kejelian dalam menangkap momen serta memotret suatu objek. Pasti lama-lama kamu akan menemukan gayamu sendiri dalam memotret.

 

5. Manfaatkan aplikasi editing foto

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh kamera smartphone adalah adanya aplikasi editing foto. Tenang saja, menggunakan aplikasi ini enggak dosa kok. Kamu bebas berkreasi menggunakan mode, efek, dan filter yang ada pada aplikasi tersebut. Tinggal pilih sendiri mau pakai aplikasi yang mana. Kamu bisa menggunakan Snapseed, VSCO, PS Express, Rookie Cam, PicsArt, Photofy, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Yuk maksimalkan smartphone-mu untuk membuat foto yang keren. Nantinya foto itu bisa kamu bagikan di Instagram atau mau buat blog foto sendiri juga boleh.


 

 

5 Comment

  1. Dwi Yuliana says: Reply

    Bagus banget artikelnya buat yg hobby foto..makasih..langsung share deh.. 🙂

  2. atik sridani wismayanti says: Reply

    ternyata ga salah yah memanfaatkan editing foto, asal jgn sampai membohongi saja hhe ✌️?

  3. Dian Sari Murdyanti says: Reply

    Yg hobibselfie patut dicoba neee ??

  4. Rissa says: Reply

    Bagus nih yang hobby foto-foto.. patut dicobaaaaaa……. ?

  5. Cepri Hari Mulyono says: Reply

    Mantabb banget infonya,

Leave a Reply