Lambang Kemajuan Islam, Inilah 7 Masjid Arsitektur Modern di Dunia

Masjid dengan arsitektur modern makin banyak bermunculan di dunia. Hal ini tentu saja fenomena yang sangat menarik dan menggembirakan. Arsitektur Islam berarti semakin maju mengikuti perkembangan zaman. Apa saja sih contoh masjid dengan arsitektur modern tersebut? Ayo coba lihat di bawah ini.

 

1. Masjid Camlica, Istanbul, Turki

A post shared by Gökhan Taner (@gokhantnr) on

Masjid ini hasil rancangan dua orang arsitek perempuan yaitu Bahar Mizrak dan Hayriye Gül Totu. Pembangunannya menghabiskan anggaran kurang lebih 66,6 juta dolar AS dan mulai dibangun pada tahun 2013 di lahan seluas 30.000 meter persegi. Lokasinya berada di Camlica Hill, sebuah kawasan penting di kota Istanbul.

Masjid ini terlihat rimbun dan hijau. Di sekelilingnya berupa dinding mawar, melati, dan bunga-bungaan lain. Berada di dalamnya serasa jalan-jalan di taman bunga. Hebatnya, masjid ini juga memiliki akomodasi khusus bagi para penyandang cacat. Fasilitas masjid makin lengkap dengan keberadaan galeri seni, museum, serta perpustakaan.

 

2. Islamic Cultural Center and Museum of Tolerance, Tirana, Albania

A post shared by a muhammad (@a_muhammad14) on

Masjid ini merupakan hasil rancangan BIG Architects dari Kopenhagen. Firma arsitektur tersebut memenangkan kompetisi untuk membangun masjid sekaligus pusat budaya dan agama Islam di Tirana, Albania.

Konsep desain masjid ini adalah menampilkan rancangan masjid yang berbeda dari masjid kubah bulat sebagaimana masjid pada umumnya. Rancangan masjid ini terdiri dari tiga bangunan yang mengelilingi gedung plaza yang berfungsi sebagai perpanjangan ruang publik. Selain itu, desain ini juga melambangkan toleransi beragama di Albania, negara Balkan yang dihuni pemeluk agama Ortodoks, Katolik, dan Islam.

 

3. The Vanishing Mosque, Uni Emirat Arab

via architizer.com

Rux Design, perusahaan yang merancang masjid ini punya konsep “bagaimana kalau masjid bukan cuma sekadar bangunan tapi melebur ke dalam suatu kota?” Konsep itu diterjemahkan dalam rancangan Vanishing Mosque.

Rancangan ini menampilkan konsep masjid ruang terbuka yang minimalis namun tetap bergaya urban. Lantai dasarnya nampak seperti terangkat menuju ke satu titik.

 

4. Masjid Kopenhagen, Denmark

via henninglarsen.com

Masjid rancangan firma arsitektur Henning Larsen Architects ini menampilkan pahatan kubah dengan percampuran gaya Nordik dan Islam. Tujuannya adalah menciptakan masjid yang menarik bagi generasi muda muslim namun tetap menghormati tradisi lama.

Bangunan masjid digabung untuk membentuk ruang tengah yang besar dengan langit-langit yang bergelombang. Kolam melingkar di pelataran tengah dirancang sebagai titik fokus. Dinding dan langit-langit masjid dihias dengan serangkaian jendela, menciptakan pencahayaan cantik bagi interior masjid.

 

5. Wall Dome, Prishtina, Kosovo

via paoloventurella.it

Masjid rancangan firma arsitektur Paolo Venturella ini benar-benar terlihat tidak bisa. Desain masjid ini adalah perpaduan dua elemen utama arsitektur masjid, yakni dinding kiblat dan kubah. Keduanya kemudian diterjemahkan menjadi bangunan dengan desain nyentrik seperti ini.

 

6. Masjid Halide Edip Adivar, Istanbul, Turki

via manco.com.tr

Masjid yang dirancang firma arsitektur Manco Architects ini memadukan nilai tradisional dari kulliye dengan desain ruang terbuka kontemporer. Kulliye adalah kompleks masjid dengan berbagai bangunan pendukung yang memiliki berbagai fungsi. Fokus masjid berada pada bangunan bertingkat berbentuk kotak sederhana. Kalau malam, masjid ini akan terlihat seperti lampu lentera yang menerangi kota Istanbul.

 

7. Masjid Permata Qolbu, Jakarta

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga punya beragam bentuk masjid. Masjid arsitektur modern pun bisa kita temukan di Indonesia. Salah satunya adalah Masjid Permata Qolbu.

Masjid Permata Qolbu yang dibangun pada tahun 2013 ini terletak di Jalan Pos Pengumben, Jakarta Barat. Rancangannya amat beda dengan kebanyakan masjid pada umumnya. Struktur bangunannya tajam menyerupai tulang rusuk berwarna putih. Desain menara pengeras suaranya pun terlihat seperti sirip ikan yang menjulang tinggi.

 

Keren-keren ya masjid arsitektur modern di atas.


 

Leave a Reply