5 Kesalahan yang Bisa Membuat Pencari Kerja Tambah Lama Dapat Panggilan Kerja

Mencari pekerjaan itu susah. Sepakat? Bahkan sampai ada yang mengibaratkan cari pekerjaan yang benar-benar pas itu seperti mencari jodoh. Banyak faktor yang bikin pencari kerja susah mendapatkan pekerjaan yang cocok. Salah satunya berasal dari kesalahan pencari kerja itu sendiri.

Kalau kamu sekarang sedang mencari pekerjaan, beberapa kesalahan pencari kerja ini harus kamu ketahui dan hindari.

 

1. Tidak Benar-benar Mencari

7 Kesalahan Pencari Kerja yang Bisa Menghambat Mendapatkan Pekerjaan
Kirimkan resumemu ke perusahan-perusahan via pixabay.com

Sewaktu mencari pekerjaan, mungkin kamu hanya terpaku menunggu informasi lowongan pekerjaan di internet atau koran. Kalau tetap seperti itu, kamu bisa kehilangan kesempatan emas bekerja di perusahaan idamanmu.

Mulailah ‘menjemput bola.’ Kirimkan resumemu ke perusahaan-perusahaan yang kamu minati. Poles resumemu dengan sebaik mungkin. Kalau mereka tertarik dengan resumemu, pasti mereka akan memberikan kesempatan wawancara.

 

2. Tidak Membuat Jejaring

7 Kesalahan Pencari Kerja yang Bisa Menghambat Mendapatkan Pekerjaan
Buat dan jaga jejaringmu via pixabay.com

Punya jejaring atau networking adalah kunci untuk memperbesar peluangmu dapat pekerjaan. Manfaatkan seluruh relasi yang ada, mulai dari keluarga, teman sekolah, teman kampus, teman komunitas, atau rekan di kantor lama.

Enggak perlu malu-malu menyampaikan kalau kamu sedang mencari pekerjaan. Malah kalau perlu kamu bisa mulai mengontak kembali teman-teman lama yang sudah jarang ketemu. Jangan hanya mengandalkan momen silaturahmi Ramadan saja. Bisa jadi kamu akan dapat informasi atau tawaran pekerjaan dari sosok yang tidak kamu sangka-sangka.

 

3. Tidak Menindaklanjuti Hasil Wawancara

7 Kesalahan Pencari Kerja yang Bisa Menghambat Mendapatkan Pekerjaan
Hubungi perusahaan untuk follow up hasil wawancara via pixabay.com

Sewaktu dapat undangan wawancara di suatu perusahaan, kebanyakan perusahaan jarang menghubungi kembali. Dengan cara seperti itu, perusahaan sebenarnya ingin melihat sejauh mana kegigihan dan inisiatif calon karyawannya.

Jadi mulai sekarang, sesudah wawancara mulai deh proaktif menghubungi perusahaan yang kamu minati tersebut. Kamu enggak perlu sungkan menunjukkan keantusiasanmu untuk bekerja di perusahan tersebut.

 

4. Tidak Punya Kelebihan yang Menonjol

7 Kesalahan Pencari Kerja yang Bisa Menghambat Mendapatkan Pekerjaan
Tunjukkan kelebihanmu via pixabay.com

Seorang pencari kerja akan terlihat menonjol dibanding saingannya, apabila ia punya kelebihan tertentu. Kelebihan tersebut bisa berupa soft skills atau hard skills. Perusahaan biasanya menyukai pelamar yang punya banyak pengalaman, kepercayaan diri tinggi, etos kerja yang tinggi, kemampuan bahasa, atau kemampuan spesifik terkait posisi yang ditawarkan.

 

5. Tidak ‘Menjual Diri’ dengan Baik

7 Kesalahan Pencari Kerja yang Bisa Menghambat Mendapatkan Pekerjaan
Yakinkan kamu layak untuk direkrut via pixabay.com

Pada saat melamar kerja, ada dua hal yang perlu kamu persiapkan yaitu resume dan performa diri saat wawancara nanti. Lewat dua hal tersebut, kamu bisa “menjual diri” agar perusahaan tertarik untuk merekrutmu.

Langkah pertama, tentu kamu harus membuat resume yang singkat, jelas dan efektif. Di sana harus tertera keterangan diri serta keunggulan yang menjadikanmu layak untuk direkrut perusahaan.

Kalau perusahaan merespons baik resume milikmu, siap-siap deh ke langkah kedua: menampilkan diri sebaik-baiknya pada saat wawancara. Kamu harus memperhatikan mulai dari penampilan, kemampuan berkomunikasi, serta cara menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara.

Saat merancang resume dan penampilan diri tersebut, ada baiknya enggak terlalu lebay tapi juga enggak terlalu merendah. Seimbang. Kalau terlalu berlebihan, pewawancara bisa jadi merasa dirimu palsu. Di sisi lain, kalau terlalu merendah, pewawancara bakal sulit melihat potensi di dirimu.

 

Itu tadi beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam proses mencari kerja. Menurut kamu, dari kesalahan tersebut mana yang paling ringan dan yang paling fatal?


 

1 Comment

  1. Dalam mencari kerja, kita harus benar2 mempersiapkan apa yang menjadi nilai lebih kita dan persiapkan juga tentang hal – hal yang berhubungan dengan perusahaan yang akan kita lamar tersebut.

Leave a Reply