5 Tips Berjejaring dan Membangun Koneksi Bagi Introvert

Dewasa ini berjejaring adalah sesuatu yang enggak bisa dihindari untuk mengembangkan diri. Kalau kamu mau membangun bisnis, meningkatkan karirmu sampai sekadar menikmati hobi, semua membutuhkan kemampuan berjejaring.

Apa sih berjejaring itu? Berjejaring atau dalam bahasa Inggris, networking, adalah kegiatan berinteraksi dan menjalin koneksi dengan orang lain. Kegiatan ini biasanya jadi momok bagi introvert karena mereka enggak terlalu suka sok kenal dan berbasa-basi dengan orang lain.

Tapi tidak perlu khawatir. Kalau kamu merasa diri kamu introvert, kamu bisa kok melakukan kegiatan berjejaring dengan caramu sendiri. Seperti apa? Simak tips berjejaring bagi introvert di bawah ini.

 

1. Pasang target yang realistis

5 tips berjejaring bagi introvert
via flickr.com

Tips berjejaring bagi introvert yang pertama adalah bijak dalam memasang target. Seorang introvert umumnya memerlukan motivasi lebih ketika harus bersosialisasi dengan orang baru. Kalau kamu menetapkan target tinggi seperti harus kenal semua orang di suatu acara, yang ada malah kamu terbebani ekspektasi sendiri. Ujungnya mungkin kamu malah enggak datang ke acara tersebut sama sekali.

Pasang target yang kamu rasakan cukup nyaman. Katakan pada diri sendiri kamu bebas bicara dengan siapapun dan dapat pergi kapanpun. Dengan cara ini kamu jadi enggak malas untuk keluar.

 

2. Cari lingkungan yang sesuai

5 tips berjejaring bagi introvert
via pexels.com

Introvert bisa nyaman berbicara dan terbuka kalau berada di lingkungan dan keadaan yang sesuai dengan dirinya. Pilih organisasi atau komunitas yang sesuai dengan ketertarikanmu.

Memulai berjejaring dari organisasi yang sesuai dengan pekerjaanmu adalah cara yang baik untuk meningkatkan jaringan profesionalmu. Selain jaringan profesional, kamu bisa juga berkenalan dengan orang baru lewat komunitas hobi seperti klub buku, komunitas yoga, dan lain sebagainya. Tentunya komunitas hobi tersebut yang sesuai dengan hobi yang kamu tekuni ya.

 

3. Datang lebih awal

5 tips berjejaring bagi introvert
via pixabay.com

Usahakan untuk datang ke acara meet up, kumpul-kumpul atau gathering lebih awal. Selain untuk mempersiapkan diri, datang lebih awal juga akan memudahkanmu nimbrung di kelompok yang sedang mengobrol atau berdiskusi. Secara mental, kamu sudah mengikuti obrolan dari awal sehingga tidak terlalu sungkan untuk mengutarakan pendapat.

Kalau sebelum kumpul sudah ada komunikasi via grup WhatsApp, forum Facebook, atau media sosial lainnya, hal ini akan lebih menguntungkanmu. Ketika bertemu langsung nanti, kamu sudah punya bahan untuk diobrolkan.

 

4. Dengarkan

http://www.powerfulnonsense.com/6-things-entrepreneurs-can-learn-from-iron-man/ dan https://blog.scottsmarketplace.com/entrepreneur-skills/
via pixabay.com

Sebagai introvert kamu memiliki kelebihan dalam mendengarkan. Jangan salah, mendengarkan walaupun terdengar mudah namun merupakan kemampuan yang sangat sulit untuk dikuasai.

Kebanyakan orang lebih senang untuk berbicara mengenai diri mereka sendiri. Biarkan mereka berbicara dan ciptakanlah hubungan baik dengan mereka. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang bisa menciptakan pembicaraan dan membuat orang bercerita.

 

5. Kualitas daripada kuantitas

http://www.powerfulnonsense.com/6-things-entrepreneurs-can-learn-from-iron-man/ dan https://blog.scottsmarketplace.com/entrepreneur-skills/
via flickr.com

Tips berjejaring bagi introvert yang terakhir adalah utamakan relasi yang berkualitas. Daripada berbicara dengan kelompok besar dan berpindah-pindah dari satu orang ke orang lain, utamakan pembicaraan yang berkualitas dengan beberapa orang saja.

Sebagai introvert kamu akan lebih nyaman dengan pembicaraan yang lebih personal di dalam kelompok kecil atau perorangan. Seiring dengan semakin banyaknya hubungan baik yang berkualitas, jaringanmu akan terbentuk sendiri dan semakin lama kamu akan semakin terbiasa untuk bersosialisasi.

 

Itu tadi tips yang bisa kamu andalkan dalam berjejaring dan membangun koneksi. Kalau kamu biasanya kenalan sama orang baru di kegiatan seperti apa sih?


 

1 Comment

  1. Martin Laksita says: Reply

    Tips yang sangat berguna bagi saya yang memang lebih cenderung introvert

Leave a Reply