Jadikan Ruangan Kerjamu Makin Asri dengan 5 Tanaman Hijau untuk Meja Kantor Ini

Bosan lihat pemandangan meja kantor yang kaku? Supaya kubikel atau meja kantormu terlihat makin asri, coba deh tambahkan sentuhan hijau. Kamu bisa memelihara tanaman untuk meja kantor berikut. Enggak perlu khawatir waktu kamu tersita untuk mengurus dan merawatnya. Tanaman-tanaman ini bukan cuma cantik, tapi juga mudah untuk dirawat.

 

1. Tillandsia

Kalau kamu membawa dan memelihara tillandsia di kantor, kamu enggak perlu pusing dengan pupuk dan tanah. Sebab tanaman ini bisa hidup tanpa pot sekalipun. Kamu cuma perlu merendam tanaman ini selama dua atau tiga jam setiap 10 hari sekali. Yang kamu perlukan tinggal wadah-wadah imut untuk menempatkan tanaman tillandsiamu tersebut. Voila, meja kerjamu jadi cantik seketika.

 

2. Bambu

via maxpixel.freegreatpicture.com

Jangan bayangkan bambu yang banyak di tanah kosong ya. Bambu untuk meja kantormu ini adalah bambu kecil yang sering disebut lucky bamboo. Julukan itu diberikan karena konon menurut feng shui, tanaman ini menebarkan aura yang positif.

Bukan cuma memberikan aura positif, lucky bamboo ini juga mudah untuk dirawat. Kamu cukup meletakkan bambu muda tersebut ke wadah berisi air. Jaga agar airnya enggak kering. Bambu ini bahkan enggak perlu terlalu banyak sinar matahari dan bisa hidup dengan sinar lampu, jadi cocok ditaruh di kubikel.

 

3. Terarium Lumut

via flickr.com

Kalau meja kerjamu kecil, kamu bisa coba tanaman hias dalam bentuk terarium lumut. Awalnya memang perlu persiapan dan kesabaran untuk membuat terarium lumut, tapi setelah jadi, dijamin kamu enggak akan kerepotan merawatnya.

Untuk membuat terarium lumut, kamu memerlukan lumut, tanah, dan wadah. Dari mana dapat lumutnya? Kamu bisa membeli secara online atau cari di alam bebas. Untuk wadah tertutup kamu bisa menggunakan bekas selai, atau membeli secara khusus yang bentuknya lucu dan oke sesuai tema meja kerjamu. Tanah? Rasanya mencari tanah lebih tidak sulit lagi.

Lumut butuh tempat yang lembap serta terlindung dari sinar matahari langsung. Cocok sekali untuk kubikel dengan pencahayaan minimal. Kamu hanya perlu menyemprotnya sesekali untuk menjaga kelembapan.

 

4. Bunga Peace Lily (Spathyphillum)


Nah, bagaimana kalau meja kerjamu agak besar? Kamu bisa memelihara bunga peace lily. Selain bunganya indah dan berbau harum, tanaman ini juga dapat menyerap polusi pada ruangan. Jadi kalau kantormu dekat dengan jalan atau berada di pusat kota, tanaman ini bisa jadi pilihan bagus. Selain itu, peace lily juga bisa tetap tumbuh subur walau hanya mendapat sedikit pencahayaan dan sedikit air.

 

5. Tanaman Wheatgrass

Kamu bisa memelihara tanaman wheatgrass dalam wadah pot kecil atau di media tanah berbentuk boneka-boneka lucu. Bukan hanya memiliki warna hijau yang menyegarkan mata, tanaman ini juga bisa kamu makan lho! Enggak main-main, wheatgrass dijuluki superfood karena memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kalau sudah tumbuh lebat, kamu bisa memanennya dengan cara digunting lalu dijus untuk diminum. Asal kamu tahu, banyak restoran makanan sehat menyajikan minuman berbahan dasar wheatgrass dengan harga mahal.

 

Banyak ide untuk membuat ruangan kerja jadi terlihat lebih menarik dan nyaman untuk ditempati. Selain menambahkan tanaman cantik, kamu bisa mengusulkan mengecat dengan tema warna yang menarik atau yang lebih sederhana, menambahkan elemen-elemen yang lebih rumahan.


 

Leave a Reply