5 Panduan Sehari-Hari untuk Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Apakah saking sibuknya bekerja kamu sampai tidak punya waktu untuk diri sendiri? Mungkin kamu harus cek kembali keseimbangan hidup antara bekerja dan menjalani aktivitas pribadimu.

Ada kalanya kita sampai bekerja sampai lupa waktu. Padahal kita juga perlu memberikan warna di hidup kita. Toh, hidup kan bukan hanya untuk bekerja saja. Supaya hidup kamu berjalan lebih seimbang dan teratur coba ikuti panduan mendapatkan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi berikut ini.

 

1. Memulai hari

Tips untuk Mendapatkan Keseimbangan Hidup
Sarapan bukan saja makan rutin di pagi hari, tapi juga menikmati setiap suapnya yang masuk ke tubuh kamu via pixabay.com

Do:

Di pagi hari kamu bisa memulainya dengan berolahraga kecil dan menikmati udara pagi tanpa harus terburu-buru waktu. Sesudahnya, makan pagi. Nikmati makanan sarapanmu di setiap suapnya. Akan lebih baik lagi sambil menyeruput kopi, teh, atau minum jus buah yang segar.

Don’t:

Memulai hari dengan multitasking, yakni bekerja sambil sarapan. Kalau kamu melakukannya, dijamin kamu enggak bakal menikmati makanan dan minuman yang masuk ke tubuhmu. Sarapan jadi sekadar untuk memenuhi perut saja. Mood untuk menjalani hari akan semakin berantakan jika kamu melewatkan waktu untuk berolahraga.

 

2. Saat bekerja

Tips untuk Mendapatkan Keseimbangan Hidup
Mulai tugasmu sesuai dengan prioritas kerja via pixabay.com

Do:

Sebelum mulai bekerja, pastikan kamu sudah membuat daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari itu. Urutkan sesuai dengan prioritasnya. Atur tenggat untuk menyelesaikan setiap pekerjaanmu.

Kalau sejak awal kamu merasa akan kewalahan mengerjakannya, coba minta tolong kepada rekan kerja atau bawahan. Tapi jangan jadikan itu sebagai cara mengelak dari tanggung jawab lho ya. Operkan pekerjaan yang tidak terlalu mendesak dan tidak terlalu rumit. Dengan begitu kamu dapat mengerjakan sesuai dengan batas waktu yang kamu tetapkan.

Don’t:

Memulai pekerjaan tanpa terlebih dulu membuat perencanaan, mengatur prioritas, dan target waktu. Dijamin kamu akan kewalahan mengerjakan tugas-tugas tersebut.

 

3. Istirahat

Tips untuk Mendapatkan Keseimbangan Hidup
Nikmati makan siangmu via pixabay.com

Do:

Saat waktunya istirahat, istirahatlah. Jangan memotong waktu istirahat untuk tetap bekerja. Jam istirahat adalah waktu kamu untuk menyegarkan pikiran. Pergi jalan-jalan keluar ruangan kerja. Nikmati makan siangmu sambil menghirup udara segar.

Don’t:

Berkutat dengan pekerjaanmu sampai-sampai kamu melewatkan jam makan siang. Itu artinya kamu tidak sayang dengan tubuhmu sendiri. Alhasil, saking sibuknya kamu mungkin akan makan di meja kerjamu dan memesan makanan cepat saji yang sebenarnya tidak sehat bagi tubuhmu.

 

4. Pulang kerja

Tips untuk Mendapatkan Keseimbangan Hidup
Pulang kerja tepat waktu via pixabay.com

Do:

Pulang tepat waktu setelah jam kantor selesai. Dengan begitu kamu bisa mengerjakan hobi, bersantai, atau bercengkerama dengan orang tersayang setelah seharian bekerja di kantor. Setelah tiba di rumah atau kamar kos, kamu juga bisa tidur lebih awal guna mengisi energi untuk esok hari.

Don’t:

Tinggal lebih lama di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Bekerja lembur kadang memang perlu tapi tidak harus setiap hari. Kalau masih memungkinkan dikerjakan esok hari, jangan memaksakan diri. Hal ini akan menyebabkan kamu letih keesokan harinya.

 

5. Berlibur

Tips untuk Mendapatkan Keseimbangan Hidup
Berlibur untuk mengisi kembali tenaga dan pikiranmu kembali via pixabay.com

Do:

Work hard play hard. Untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktu untuk bekerja keras, ada juga waktunya untuk santai membebaskan pikiran dari urusan kantor. Ketika punya waktu libur, manfaatkan saat tersebut untuk memulihkan energi serta semangatmu.

Don’t:

Bekerja terus menerus sampai pikiran suntuk, mumet, dan pusing. Siap-siaplah terkena stres yang berakibat kondisi kesehatanmu menurun. Mesin saja jika digunakan terus menerus akan rusak juga, apalagi tubuh manusia.

 

Jangan sampai deh pekerjaan mengganggu kehidupan pribadi atau sebaliknya. Sedikit sok filosofis, menurut kamu mana sih yang lebih baik: bekerja untuk hidup atau hidup untuk bekerja?


 

11 Comment

  1. Dwi Yuliana says: Reply

    Cocok bgt buat sy yg bekerja dr pagi hingga malam..kalau dipikir kasian juga suami dan anak sy..hidup mamahnya banyakan di kantor.. makasih tips-tipsnya.. bakalan bermanfaat banget.. ^.^

  2. anggita says: Reply

    uuww cucok nih ❤ liburaaan perlu bangeet biar ga stresss

  3. atik sridani wismayanti says: Reply

    bekerja untuk hidup ??

  4. Dian Sari Murdyanti says: Reply

    Liburannn perlu banngett inii ?

  5. Amelia says: Reply

    Duuuh aku masih kebanyakan ngelakuin “don’t”nyaa.. Makasih info dan remindernyaa, sangat menginspirasi ?

  6. Cahyaning Dwi Nugrahaeni says: Reply

    Bagus infonya, apalagi yang nomer 5 ?
    Sangat setuju sekali

  7. Rissa says: Reply

    Asik nemu artikel yang pas, pas lagi ngalamin eh dikasih tipsnya, makasih ya admin..

  8. Do it ?

  9. Agni says: Reply

    Siip,bagus banget artikelnya.
    Liburan perlu bgt..hehhe

  10. Deandra veruna says: Reply

    Tips yg bermanfaat .. jgn lupa selipkan liburan untuk refreshing

  11. Dwi says: Reply

    Agreee for tips ??

Leave a Reply