Punya Uang Jelek dan Lusuh? Ini Cara Menukar Uang Tidak Layak Edar ke Bank Indonesia

Uang yang kamu miliki bukan uang palsu, tapi supermarket, warung, sampai tukang parkir semua menolak menerima uangmu. Hmm, coba lihat lagi deh. Siapa tahu uang yang kamu miliki tersebut sudah masuk kategori uang tidak layak edar.

Kalau kamu punya uang tidak layak edar, satu-satu tujuan tempat mengadu adalah Bank Indonesia (BI). Di sana kamu bisa menukarkan uang tersebut dengan uang layak edar. Jadinya kamu enggak rugi deh. Mau tahu caranya? Simak cara menukar uang tidak layak edar di bawah ini.

via wikimedia.org

Jenis uang tidak layak edar

A post shared by Dede Septiana (@dd.septiana) on

Sebelumnya kita cari tahu dulu sebenarnya uang seperti apa sih yang masuk kategori uang tidak layak edar? Jenis-jenis uang yang masuk kategori itu antara lain:

1. Uang Lusuh

Uang lusuh misalnya terkena coretan, kotor, terlipat, dan lain sebagainya.

2. Uang Rusak

Uang rusak yaitu uang yang kondisi fisiknya berkurang dari yang ditetapkan, seperti terpotong menjadi dua bagian atau lebih, terbakar, dan lain sebagainya.

3. Uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran

Uang yang tidak layak edar karena cacat misalnya spesifikasinya tidak sesuai, kurang nomor seri, atau uang lama yang sudah dicabut dari peredaran.

Ketentuan penukaran

via flickr.com

Untuk menukarkan uang tidak layak edar ini ada syaratnya juga lho, antara lain:

  1. Uang tidak layak edar yang mau kamu tukarkan itu haruslah uang asli. Kalau ciri-ciri keasliannya susah diketahui, kamu wajib mengisi formulir penelitian uang rusak lalu mengirimkan uang tersebut dalam kemasan yang layak ke BI untuk mereka teliti, uang tersebut bisa diganti atau tidak.
  2. Nomor serinya masih utuh.
  3. Bentuk fisik yang tersisa lebih dari 2/3 bagian. Jadi kalo sudah hilang separuh, tentu sudah tidak bisa ditukar.
  4. Untuk uang lama yang sudah dicabut peredarannya, kamu bisa menukarkannya dalam jangka waktu 10 tahun sejak tanggal pencabutan. Batas akhir penukaran uang Rupiah yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran dapat dilihat di website Bank Indonesia dalam Daftar Uang yang Dicabut. Jadi kalau kamu misalnya punya uang keluaran zaman Presiden Soeharto misalnya, berarti uang tersebut sudah tidak bisa ditukarkan.

Lalu keuntungannya apa menukarkan uang tidak layak edar di BI. Pertama, penukaran uang ini tidak dipungut biaya. Kedua, enggak ada nilai minimum pecahan uang yang boleh ditukar. Ketiga, penggantian uang sebesar nominal uang yang ditukar. Kamu memberikan pecahan 20 ribuan rusak, BI akan menggantikannya dengan pecahan 20 ribuan yang bagus.

Informasi selengkapnya mengenai penukaran uang tidak layak edar ini bisa kamu baca di Buku Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar.

 

Tempat penukaran

via wikimedia.org

1. Kantor Pusat Bank Indonesia

Datang saja ke Gedung C bagian Departemen Pengelolaan Uang di kantor pusat Bank Indonesia di Jl. M.H. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat. Penuhi semua persyaratan penukaran. Waktu layanan adalah di hari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.30.

2. Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang terdekat

Kamu bisa menukar uangmu di semua cabang Bank Indonesia. Jangan lupa datang selama jam kerja yaitu dari pukul 09.00 sampai 11.30.
 

3. Kas Keliling Bank Indonesia

Kalau kamu berada di lokasi yang enggak ada cabang Bank Indonesia, kamu juga bisa menukar uang lewat kas keliling BI. Untuk mengetahui lokasi dan waktu beroperasinya Kas Keliling Bank Indonesia kamu bisa menelpon Departemen Pengelolaan Uang di nomor telepon 021-2981 8722, 2981 7297 atau Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw-DN) Bank Indonesia pada hari dan jam kerja.
Selamat menukarkan uang lecek, lusuh, dan kumal milikmu!

Leave a Reply