5 Menu Sarapan Praktis dan Sehat Penunjang Produktivitas

Menjadi produktif memerlukan tubuh yang sehat dan kuat. Untuk menunjangnya kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup khususnya di pagi hari. Sarapan di pagi hari terbukti sangat bermanfaat karena asupan gizi makanan yang kita konsumsi bermanfaat untuk menunjang berbagai aktivitas kita lakukan seharian. Sarapan yang sehat akan membantu meningkatkan produktivitas kita.

Namun, sebagian besar dari kita cenderung sudah memilih melewatkan sarapan karena berdalih tidak punya banyak waktu. Khususnya orang-orang yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta dimana kebanyakan orang harus pergi beraktivitas pagi-pagi untuk menghindari kemacetan jalanan.

Lalu, adakah menu sarapan praktis, sehat, sederhana yang bisa disiapkan dalam waktu singkat? Tentu saja ada. Berikut ini contohnya.

1. Scrambled Egg

via flickr.com

Bahan: Telur; garam ; Potongan wortel, jagung, jamur atau keju sebagai pelengkap

Waktu yang dibutuhkan: 5-8 menit

Scrambled egg atau yang juga dikenal dengan nama telur orak-arik ini merupakan menu sarapan yang amat praktis, namun tetap bergizi. Bahan-bahan yang dibutuhkan cuma telur ayam, garam dapur secukupnya dan sebagai tambahan sayuran sehat yang segar atau parutan keju.

Untuk membuatnya, goreng telur dan beri garam secukupnya kemudian masukkan irisan sayuran dan keju kemudian masak sampai matang. Jika kamu ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti tawar.

 

2. Sandwich

via flickr.com

Bahan: Roti tawar; Sayur; Keju; Daging asap

Waktu yang dibutuhkan: 5-10 menit

Menu sarapan pagi dengan egg sandwich ini mempunyai kandungan gizi, vitamin dan mineral yang lengkap. Cara membuatnya cukup mudah dan sangat praktis. Goreng daging asap dengan mentega. Ambil 2 buah roti kemudian olesi sisi bagian dalam dengan mayones secukupnya. tambahkan saus sambal atau tomat dan beberapa sayuran seperti tomat, selada atau mentimun. Susun semua bahan tadi kemudian tangkupkan dan siap disantap.

3. Oatmeal

via flickr.com

Bahan: Oatmeal; Madu; Buah-buahan

Waktu yang diperlukan: 3-6 menit

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang menyehatkan. Oat memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan karbohidrat yang cukup untuk menunjang kegiatan kita. Penyajian oatmeal hampir mirip dengan sereal. Bedanya, ada jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak terlebih dahulu.

Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas. Oatmeal sendiri belum populer untuk kalangan penduduk di Indonesia karena rasanya yang hambar dan memang bukan makanan asli Indonesia. Untuk menyiasati rasa hambar tersebut kamu bisa menambahkan madu dan potongan buah agar rasanya lebih menarik.

 

4. Sereal

via flickr.com

Bahan: Sereal; Susu

Waktu yang dibutuhkan: 2-4 menit

Sereal menjadi salah satu sarapan favorit anak-anak selain memiliki bentuk yang unik sereal juga memiliki rasa yang disukai anak-anak. Tetapi bukan berarti sereal tidak baik untuk dikonsumsi orang dewasa. Penyajiannya yang mudah dan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan yang bisa kamu pilih.

Kamu hanya perlu menyiapkan semangkuk susu dan menuangkan sereal kedalamnya. Berbagai macam varian sereal sangat mudah ditemui di supermarket mulai dari rasa cokelat, vanila hingga buah-buahan. Tinggal pilih rasa sereal paling kamu suka.

5. Buah-buahan

via flickr.com

Bahan: Buah segar

Waktu yang dibutuhkan: 2-4 menit

Buah tentunya makanan wajib kalau kamu ingin menjadi sehat mengingat buah-buahan memang banyak mengandung serat dan vitamin. Buah yang cocok dijadikan menu sarapan di pagi hari adalah pisang, kiwi, apel, dan pepaya. Buah-buah tersebut kaya zat antioksidan serta dapat membantu mempermudah pencernaan. Menyantapnya pun praktis. Kita hanya perlu mencuci dan mengupas kulitnya. Buah-buah segar tersebut dapat langsung di santap.

Lima menu sarapan praktis dan sehat di atas akan membantu kamu melalui hari dengan lebih semangat. Walau sibuk, selalu biasakan untuk tetap sarapan di pagi hari ya.

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!
(Visited 29 times, 1 visits today)
The following two tabs change content below.

1 Comment

  1. Dian sari Murdyanti says: Reply

    Indeeedd sarapan it pnting bangettt buat aktivitas šŸ˜„

Leave a Reply