Inilah 5 Keuntungan Bawa Peliharaan ke Kantor

Sekarang ini mulai banyak perusahaan yang memperbolehkan untuk membawa binatang peliharaan ke kantor. Seperti diberitakan di Detik, salah satu perusahaan di Jepang “mempekerjakan” kucing-kucing lucu untuk menjadi teman bagi para karyawan yang bekerja di sana.

Kalau kamu tertarik dengan ide ini dan ingin mengusulkan ke kantor, sekalian sampaikan beberapa keuntungan bawa peliharaan ke kantor. Apa saja memang keuntungan bawa peliharaan ke kantor? Makanya baca terus sampai selesai.

 

1. Memperbaiki kemampuan bekerja

via media.defense.gov

Pegawai yang bekerja di kantor ramah binatang biasanya mau bekerja lebih lama di kantor dan absen lebih sedikit. Mereka lebih nyaman bekerja karena enggak harus buru-buru pulang untuk mengecek peliharaannya. Mereka juga lebih senang bekerja karena ditemani oleh binatang kesayangannya. Pegawai di tempat kerja seperti ini memiliki tingkat kepuasan kerja dan motivasi yang tinggi.

 

2. Membangun rasa kebersamaan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Percaya atau tidak, binatang peliharaan adalah “alat” yang sangat ampuh untuk mengakrabkan manusia lho. Pegawai akan jadi makin sering menyapa dan bermain dengan binatang peliharaan. Binatang peliharaan ini juga menjadi pemersatu untuk membangun kerja tim dan komunikasi yang baik karena adanya kesamaan minat antar pegawai.

Bahkan ketika teman kerjamu itu mukanya seram dan kelakukannya rada menyebalkan, kalau dia bawa anjing pudelnya yang lucu, pasti orang satu kantor akan langsung kumpul di ruang kerjanya. Sebuah studi menunjukkan bahwa anjing di tempat kerja bisa membangun rasa percaya antar rekan kerja sehingga membangun kolaborasi yang baik.

 

3. Mengurangi stres

via obamawhitehouse.archives.gov

Membawa peliharaan ke kantor terbukti mengurangi stres dan membuat pegawai merasa lebih santai. Pada studi tahun 2012 yang dirilis oleh International Journal of Workplace Health Management, tingkat stres kerja pada beberapa pegawai suatu kantor yang diperbolehkan membawa peliharaan ke tempat kerja terbukti menurun. Sedangkan, tingkat stres kerja rekan kerja lain yang tidak membawa peliharaan meningkat.

Studi lain menunjukkan bahwa mengelus peliharaan bisa menurunkan tingkat stres. Alasannya, kegiatan tersebut menjadikan tubuh kita memproduksi hormon oksitosin (yang biasa disebut hormon empati dan kasih sayang) serta menurunkan produksi hormon kortisol (hormon yang memicu adrenalin dan membuat tubuh kita jadi waspada). Pada akhir jam kerja, mereka yang membawa peliharaan mengalami penurunan stres sebanyak 11%, sedangkan pegawai yang tidak membawa peliharaan malah mengalami kenaikan tingkat stres sebanyak 70%.

4. Meningkatkan kesehatan

via wikimedia.org

Menurut suatu studi, membawa peliharaan ke kantor dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh. Selain itu, peliharaan meningkatkan kesempatan untuk bersosialisasi dan beraktivitas di kantor sehingga menyehatkan tubuh. Banyak pegawai yang memilih menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan dengan anjingnya daripada duduk-duduk saat makan siang.

 

5. Meningkatkan kreativitas

via wikimedia.org

Membawa peliharaan ke kantor dapat meningkatkan kreativitas karena selain membuat pegawai jadi lebih senang, peliharaan juga membuat kita lebih aktif bergerak. Menurut suatu studi, beraktivitas seperti mengajak jalan peliharaanmu bisa meningkatkan kreativitas sampai 60% dibandingkan hanya duduk diam di ruang kerja.

 

Itu dia beberapa keuntungan bawa peliharaan ke kantor. Siapa tahu bos kamu setuju dan tertarik dengan ide ini. Menurut kamu sendiri, lebih banyak untung atau merepotkannya sih bawa peliharaan di kantor?


 

(Visited 31 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. atik sridani wismayanti says: Reply

    di Mandiri boleh ga ya ? hehe biar lebih semangat dan ceria di kantor 😂

Leave a Reply