10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana

Pernikahan bukan sekadar penyatuan dua insan untuk berjanji sehidup semati sampai maut memisahkan tapi juga penyatuan dua keluarga. Tentunya pesta pernikahan untuk penyatuan dua insan dan keluarganya ini tidaklah murah. Bingung menyiapkan anggaran pesta pernikahanmu yang sederhana namun berkesan selamanya? Berikut tips mempersiapkan pesta pernikahan secara sederhana.

 

1. Buat prioritas

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Daftar sesuai prioritas via pixabay.com

Kamu dan pasangan harus membuat prioritas dan kesepakatan atas dana yang dikeluarkan untuk pesta pernikahan kalian. Buatlah daftar prioritas dari hal besar seperti katering sampai dengan hal-hal yang tidak terduga seperti penambahan undangan.

 

2. Set anggaran

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Anggaran pernikahan via pixabay.com

Tentunya kamu dan pasangan harus membuat kesepakatan dalam membuat anggaran pernikahan dengan baik. Walaupun akan menjadi raja dan ratu dalam sehari, jangan sampai kalian berdua bangkrut dan meninggalkan hutang yang harus dilunasi setelah hari bahagia tersebut.

 

3. Waktu pernikahan yang fleksibel

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Tanggal pernikahan yang flexibel via pixabay.com

Di beberapa provinsi di Indonesia mempunyai tradisi yang memperhitungkan bulan dan hari tertentu untuk melangsungkan pernikahan. Namun apabila keluarga kamu tidak memiliki tradisi tersebut, maka kamu bisa fleksibel untuk menentukan waktu yang pas untuk menikah. Memilih hari kerja dan juga di luar bulan musim nikah (biasanya dimulai bulan September – Desember) bisa menjadi waktu yang tepat untuk menghemat anggaranmu.

 

4. Tidak menyebutkan kata ‘Pernikahan’

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Undangan makan siang atau makan malam untuk pesta kejutan pernikahan via pixabay.com

Tidak menyebutkan atau mengumumkan bahwa acara yang akan dilangsungkan adalah sebuah pernikahan mungkin akan sulit. Namun ini bisa menjadi pilihan atau trik apabila kamu ingin mengadakan pernikahan yang sederhana tanpa ada acara adat. Ini juga bisa mengurangi harga pemakaian tempat seperti di restoran.

Pilihlah satu waktu makan besar untuk mengadakan acara pernikahanmu, seperti mengadakan ijab kabul di tempat yang sama yang berlanjut ke sesi makan siang atau makan malam. Selain menghemat waktu, ini juga dapat menghemat anggaranmu.

 

5. Kartu undangan

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Membuat kartu undangan sendiri bisa menghemat anggaran via pixabay.com

Kartu undangan memang unik dan bersifat resmi, namun selain mencetak kartu undangan akan ada biaya lainnya lagi yang harus dikeluarkan yaitu biaya pengiriman. Bagi anggota keluarga yang sudah sepuh dan dihormati, kamu masih bisa mengirimkan kartu undangan.

Namun selain itu, kamu bisa membuat undangan secara digital dan dikirim melalui daring yang dilengkapi dengan link RSVP ke keluarga dan teman-temanmu agar kamu tahu siapa saja yang akan datang.

 

6. Batasi tamu undangan

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Undang hanya keluarga dan teman dekat untuk menghemat anggaran via pixabay.com

Dalam pengaturan pernikahan di Indonesia, apabila yang diundang sebanyak 100 orang, maka perkiraan yang datang akan menjadi 200 – 250 orang. Ini akan berpengaruh pada perhitungan persediaan jamuan makan yang harus kamu siapkan. Jika kamu menginginkan pernikahan yang sederhana, maka kamu cukup mengundang keluarga dekat dan juga teman-teman dekatmu.

 

7. Pilih satu tempat yang sederhana

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Pesta pernikahan kreatif dengan konsep garden party atau barbeque party boleh juga via pixabay.com

Pilihlah satu tempat yang sederhana dan bisa diadakan untuk pernikahan dan juga acara resepsi setelahnya. Seperti contoh adalah masjid atau gereja yang mempunyai taman yang bisa dibuat untuk tempat resepsi. Lebih seru kalau kamu mengadakannya di halaman rumah yang dapat memberikan kesan garden party atau private party ala selebritis.

 

8. Sewa, Sewa, Sewa

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Sewa atau pinjam untuk menghemat anggaran via pixabay.com

Pakaian pengantin tentu hanya akan kamu pakai satu kali saja. Daripada memesan khusus ke tukang jahit, selain membutuhkan dana dan waktu untuk membuat pakaian tersebut, kamu juga nanti harus mengeluarkan biaya perawatan.

Alternatif yang lebih baik, pakaian untuk pesta pernikahan lebih baik kamu sewa saja. Begitu juga dengan kebutuhan lainnya seperti kerudung, sepatu, perhiasan, buket. Syukur-syukur kamu bisa mendapatkan pinjaman dari keluarga atau teman-temanmu secara gratisan. Tentunya mereka senang menjadi bagian dari hari istimewamu bukan? Dan tentunya ini sangat menghemat pengeluaranmu.

 

9. Makeup sendiri

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Ayo belajar makeup sendiri dari sekarang untuk hari pernikahanmu via pixabay.com

Biaya makeup pengantin biasanya lumayan mahal, karena layaknya ratu, dandanan pada hari H harus berbeda dengan dandanan biasa. Kalau kamu senang berdandan, kamu bisa mencari referensi gaya makeupmu dari beberapa tutorial di Youtube. Kalau kamu tidak bisa, kamu bisa mencari bantuan keluarga atau temanmu yang memang jago berdandan.

 

10. Dana Hiburan

10 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan Secara Sederhana
Pengantin jadi DJ keren juga via pixabay.com

Di hari pernikahanmu tentu ada yang terasa kurang apabila tidak ada hiburannya. Untuk tetap menghibur walau dengan anggaran terbatas, kamu bisa melakukan ide kreatif seperti menyediakan gitar dan keyboard yang bisa dimainkan oleh siapa saja yang tertarik seperti layaknya jamming bareng.

Atau kamu juga bisa menyediakan laptop dan layar untuk mengadakan acara karaoke bareng atau dansa dengan DJ dadakan. Pastinya seru kan?

 

Dengan membuat pesta pernikahan yang sederhana namun berkesan tentunya tidak akan terlupakan untuk kamu dan dia, dan juga orang-orang terdekatmu yang ikut berbahagia di hari istimewamu. Kira-kira konsep pernikahan apa yang akan kamu buat kalau kamu hanya mempunyai anggaran terbatas?


 

14 Comment

  1. hardyna ayu says: Reply

    waahh alhamdulillah artikel ini pas banget buat aku yg insyaallah pengennya segera dihalalin pacar ??
    thanks infonya ?

  2. Illga altalliza says: Reply

    Infonya oke banget nih, apalagi aku lg merencanakan semogaaa lancarrr

  3. informasi yg sangat bermanfaat bagi yg lg siap nikah, yg belum insyaAllah disegerakan ?

  4. Dani setianugraha says: Reply

    Keren nih artikelnya.. Cocoklah buat yg mau nikah..

  5. Ainun says: Reply

    Pas! ???

  6. Siti Asriyamdhani Jatnika says: Reply

    Waaah, menginspirasi banget nih artikelnya, pas banget buat aku sama doi yang bentar lagi sah hihihi

  7. Cahyaning Dwi Nugrahaeni says: Reply

    Sangat informatif ?

  8. Nila Arinda says: Reply

    Seneng banget baca artikel tentang pernikahan. Jadi senyum2 sendiri hehe. Informasi nya sangat berguna untuk aku yg sedang merancanakan pernikahan, untuk teman2 yg lain mungkin ada rencana nikah? Informasi ini bisa memberikan gambaran buat persiapan kalian 🙂

  9. Ini nihhh cara hemat yg dicari dan unchh ?

  10. Masa2 ini telah d lalui, ada beberapa tips yg di ikutin jg dari artikel tersebut.

  11. Udii says: Reply

    Yuk mumpung abis lebaran pas jg bulan baik ini buat yg belum nikah,agar di kabulkan niatnya.

  12. Deandra veruna says: Reply

    Artiket yg pas banget untuk yg sedang merencanakan pernikahan ..
    Pada saat mau pernikahan pasti pd pusing dng ini itu yg harus dijalanin ..

  13. Helena says: Reply

    Wah pas nih artikel buat yang lagi merencanakan pernikahan. Terimakasih info bermanfaatnya ☺️

  14. Melya eka puteri says: Reply

    Wah..
    Jd itu yah triknya biar lebih sederhana namun brkesan. ?
    Terimakaaih infonya min???

Leave a Reply