Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Stres

Celotehan semacam “duh, aku stres nih!” atau “kelakuan dia benar-benar bikin aku stres” pasti sering berseliweran di telinga kita. Walau sering diucapkan, tapi kamu sudah tahu belum apa itu stres sebenarnya? Supaya jadi tahu dan makin paham, yuk simak serba-serbi stres berikut ini.

 

Apa Arti dan Penyebab Stres?

Serba Serbi Stress
Apa itu stres? via pixabay.com

Stres adalah kondisi dimana tubuh dan mental merasakan ketegangan atau tekanan. Kondisi ini adalah reaksi dari banyak hal yang sedang kita hadapi. Seperti keuangan, utang, keluarga, pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, kesehatan, terlalu banyak melihat media sosial dan banyak lainnya.

Tahukah kamu, stres ternyata dapat menular juga lho. Seperti halnya ketika orang lain menguap, kamu ikutan menguap. Begitu pula dengan stres. Misalnya, sehabis mendengar keluhan dan curhatan temanmu, pasti kamu akan merasakan juga yang ia rasakan. Kamu akan merasa tertekan, tapi kamu tidak tahu pasti apa yang membuat kamu merasa tertekan. Itu dengan catatan kamu berempati atas masalah temanmu itu ya. Hal yang semacam ini dinamakan Secondhand Stress.

 

Tanda-tanda Stres

Serba Serbi Stress
Konsentrasi berkurang via pixabay.com

Stress tidak mengenal batas usia. Dari yang muda sampai yang tua bisa kena stres. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan mental.

Ada orang yang menyadari kalau ia mengalaminya, namun ada juga yang tidak menyadarinya.Ketika seseorang merasakan tekanan yang masih bisa ia tangani, hal tersebut tidak akan menjadi masalah baginya. Namun yang menjadi masalah adalah kalau tekanan-tekanan tersebut ia rasakan terlalu kuat dan berdampak pada kesehatan dan aktivitasnya sehari-hari.

Kondisi kesehatan yang sering mengalami sakit kepala, mudah tersinggung dan marah, otot leher, bahu dan punggung terasa tegang merupakan salah satu ciri-ciri orang yang mengalami stres. Selain itu kamu juga harus memperhatikan sakit pada dada, jerawat, sakit pada perut, tekanan darah yang naik, pencernaan tidak lancar, metabolisme tidak lancar, dan ketidakteraturan siklus haid bagi perempuan.

 

Dampak Stres

Serba Serbi Stress
Menjadi penyendiri dan pesimis via pixabay.com

Dampak yang terjadi adalah tingkat gugup dan depresi kamu akan meningkat. Kamu akan jadi terlalu pesimis, fokus berkurang, produktivitas kerja menurun, kualitas dan kuantitas tidur berkurang. Kamu juga punya kemungkinan menyalahgunakan obat-obatan serta mengisolir diri dari pergaulan.

 

Menghindari Stres

Serba Serbi Stress
Hanya kamu yang bisa menentukan hidupmu via pixabay.com

Stres bukanlah sesuatu yang terjadi kepada kita, tapi hal tersebut adalah reaksi atau respon kita dari hal-hal yang terjadi pada kita. Kita dapat memilih bagaimana kita merespon hal tersebut.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghindari hal ini adalah mengatur waktumu jika banyaknya pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Jangan lupa untuk memberikan jeda untuk istirahat selama bekerja.

Jika kamu mengalami tekanan karena pekerjaan dan kehidupan yang tidak seimbang, cek kembali gaya hidupmu dan atur kembali hidupmu agar lebih terencana. Yang terpenting adalah setop berpikiran negatif dan jangan berpikir berlebihan, belajar komunikasi lebih baik dengan orang lain, dan selalu bersyukur apapun yang terjadi dan camkan dalam pikiranmu bahwa kamu dapat melalui semuanya.

 

Mengatasi Stres

Serba Serbi Stress
Berolah raga dan tertawalah untuk memberikan warna di hidupmu via pixabay.com

Untuk mengatasi stres, coba rehat sejenak untuk dapat berpikir secara jernih. Santaikan pikiran. Kamu juga bisa melakukan olahraga dan hobi yang kamu suka atau kamu bisa membaca buku yang bagus untuk membuat otakmu melupakan masalah yang ada untuk sementara.

Kamu juga bisa jalan-jalan ke alam untuk mencari udara segar dan berpikir dengan jernih. Selain itu kamu juga bisa menonton film komedi untuk membuatmu rileks dan tertawa.

 

Kalau kamu, biasanya apa yang kamu lakukan saat sedang dilanda stres?


 

Leave a Reply