5 Kiat Simpel Meningkatkan Kemampuan Memori

Lumpuhkanlah ingatanku / hapuskan tentang dia..

Pasti kamu pernah dengar lagu grup band Geisha itu kan? Memang ya, kalau sedang patah hati, ingatan atau memori sering sekali disalahkan. Padahal kalau memori otak lumpuh atau hilang lebih banyak mudaratnya. Tanya saja keluarga yang salah satu anggota keluarganya menderita penyakit Alzheimer.

Jadi, ketimbang dilumpuhkan, memori lebih baik dirawat dan ditingkatkan kemampuannya. Mumpung masih muda, yuk ikuti tips meningkatkan kemampuan memori.

 

1. Hindari multitasking

via flickr.com/photos/3oheme

Mungkin kamu kerap melakukan banyak pekerjaan dalam sekali waktu atau yang dikenal juga dengan istilah multitasking. Tujuannya sih biasanya untuk menghemat waktu. Mulai sekarang kurangi melakukan kegiatan seperti itu. Riset menunjukkan multitasking membuat kita jadi pelupa.

Otak manusia membutuhkan waktu seenggaknya 8 menit untuk menyimpan suatu memori. Jadi kalau kamu bawa belanjaan sambil mengobrol di telepon, taruhan, pasti nanti kamu lupa meletakkan kunci rumah di mana.

Kalau multitasking itu enggak baik, jadi yang baik itu seperti apa? Fokus. Lakukan satu pekerjaan saja dalam satu waktu. Misalnya kalau kamu sedang mengetik laporan jangan barengi dengan baca gosip di media online atau buka-buka media sosial. Mungkin membosankan, tapi percaya deh, pola pengerjaan seperti itu bakal lebih efektif.

 

2. Latihan otak

via wikimedia.org

Semua aktivitas yang sering kita kerjakan akan “dikunci” oleh otak sehingga lama-lama kita enggak perlu berpikir lagi sewaktu melakukannya. Aktivitas itu mulai dari yang sederhana seperti mengikat tali sepatu hingga yang kompleks seperti menyetir kendaraan. Pekerjaan memang jadi cepat beres, tapi di sisi lain otak enggak mendapatkan stimulasi baru.

Untuk meningkatkan kemampuan memori dan otak secara keseluruhan, coba deh belajar melakukan hal baru. Aktivitas yang menarik dan mampu membuatmu fokus akan merangsang saraf otak. Studi menunjukkan mereka yang senang belajar hal baru punya risiko gangguan ingatan dan stres yang lebih rendah dibanding yang jarang mencoba hal baru.

 

3. Olahraga

via freestockphotos.biz

Bukan cuma menyehatkan tubuh, olahraga juga berguna menyehatkan otak. Ketika berolahraga, otak bakal bekerja maksimal menstimulasi sel saraf, meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, serta memicu munculnya zat kimiawi yang membantu kerja otak.

Lakukan olahraga yang menjadikan jantung bekerja maksimal seperti angkat beban, peregangan, aerobik, dan lain sebagainya. Olahraga seperti itu akan memicu jantung memompa darah maksimal ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang menuntut koordinasi motorik bagus seperti menari dan olahraga ketangkasan untuk mengembangkan kemampuan otak.

 

4. Makanan untuk otak

via c1.staticflickr.com

Makanan dan minuman yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap kerja memori otak lho. Perbanyak makan makanan yang mengandung omega 3 dan zat antioksidan.

Makanan yang mengandung omega 3 antara lain ikan salmon, makarel, tuna, makarel, rumput laut, biji kenari, labu, kacang merah, brokoli, kedelai, dan lain-lain. Sementara makanan dan minuman yang mengandung zat antioksidan antara lain seledri, brokoli, kembang kol, kenari, dan teh hijau.

Batasi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalori dan lemak jenuh seperti daging merah, susu, dan olahan susu seperti mentega. Bahan-bahan tersebut mengingkatkan risiko demensia dan penurunan daya ingat.

 

5. Jauh-jauh dari stres

via pixabay.com

Stres adalah musuh terbesar otak. Kalau dibiarkan, stres dapat merusak sel otak terutama bagian otak yang menyimpan memori. Agar terhindar dari stres, jagalah kesehatan fisik dan mental.

Tidurlah yang cukup karena kurang tidur dapat meningkatkan stres secara signifikan. Banyak-banyak tertawa karena tertawa dapat menstimulasi banyak bagian di otak serta mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan kreativitas.

Kamu juga perlu sering-sering bertemu orang baru dan nongkrong bareng dengan teman-temanmu. Kita ini kan makhluk sosial. Punya hubungan sosial yang baik sudah pasti berguna untuk mengurangi stres.

 

Coba, kami mau tahu, dari 5 kiat di atas, mana yang paling sering kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otak sekaligus meningkatkan kemampuan memori? Bagikan di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply