Fresh Graduate, Ini 5 Keterampilan Hidup yang Perlu Kamu Miliki

Keterampilan hidup atau life skill merupakan keterampilan yang biasanya enggak kita dapatkan dari bangku sekolah atau kuliah. Walau enggak diajarkan di sekolah, sebaiknya kamu harus mencari cara agar memiliki keterampilan-keterampilan ini. Tujuannya agar mampu berkembang menjadi pribadi yang kuat.

Beda usia, beda keterampilan hidup yang harus diutamakan. Sah-sah saja anak sekolah punya keterampilan bernegosiasi, tapi yang paling utama ia butuhkan adalah keterampilan menyerap pelajaran. Sementara bagi kamu fresh graduate yang baru mendapatkan pekerjaan pertama, beberapa keterampilan hidup inilah yang utamanya kamu butuhkan.

 

1. Memilih dan Memasak Makanan yang Sehat

5 Keterampilan Hidup yang Harus Kamu Miliki Ketika Sudah Bekerja
Belajar memasak makanan sehat akan menghemat keuanganmu via pixabay.com

Kalau selama ini kamu lebih sering makan makanan cepat saji atau yang dimasakkan oleh orang tua di rumah, saat mulai bekerja kamu harus berinisiatif masak makanan sendiri. Keterampilan ini akan menjadikan kamu lebih sehat sekaligus hemat.

Sehat karena kamu tahu kandungan makanan yang kamu santap. Hemat karena makan makanan buatan sendiri pasti tidak semahal makan makanan di luar. Selain itu kamu juga terlatih lebih mandiri dan tidak menyusahkan orang lain.

 

2. Mengatur Keuangan

5 Keterampilan Hidup yang Harus Kamu Miliki Ketika Sudah Bekerja
Keterampilan hidup mengajarkan kamu untuk lebih bijak dalam keuangan via pixabay.com

Saat mulai bekerja, otomatis kamu juga sudah punya penghasilan sendiri. Penghasilan yang kamu miliki tersebut harus mampu kamu kelola dengan baik. Jangan sampai deh sudah bekerja, tapi masih suka pinjam uang ke orang tua, tetangga, atau teman.

Kamu bisa menentukan pola pengaturan keuangan yang mau kamu terapkan. Misalnya saja prinsip 50/30/20. Praktiknya, 50 persen dari penghasilan untuk belanja kebutuhan, 30 persen untuk belanja keinginan, dan 20 persen sisanya untuk bayar utang atau investasi.

 

3. Mengatur Waktu

5 Keterampilan Hidup yang Harus Kamu Miliki Ketika Sudah Bekerja
Kelola waktu dengan baik via pixabay.com

Kamu juga perlu punya keterampilan mengatur waktu. Selesaikan semua tugas dan pekerjaan tepat waktu agar tidak menumpuk dan membebani. Hindari menunda-nunda pekerjaan. Kamu juga perlu menyeimbangkan kehidupan kantor dengan kehidupan pribadi.

Jangan sampai semua waktumu tersita seluruhnya untuk pekerjaan. Atur dengan baik agar kamu tetap punya untuk bersantai, leyeh-leyeh, atau melakukan hobi.

 

4. Mengenali Potensi Diri

5 Keterampilan Hidup yang Harus Kamu Miliki Ketika Sudah Bekerja
Apakah pekerjaanmu saat ini sudah sesuai dengan minatmu? via pixabay.com

Banyak pekerja yang terperangkap di dalam karir yang mereka sudah jalani. Bukan tidak mungkin kalau latar belakang studi dan pekerjaan yang mereka jalani ternyata tidak sesuai dengan minatnya. Keterampilan hidup ini akan membantu kamu untuk mengetahui apa sebenarnya yang kamu inginkan dalam karir.

 

5. Mengatur Emosi

5 Keterampilan Hidup yang Harus Kamu Miliki Ketika Sudah Bekerja
Mengatur emosi ketika kamu merasa khawatir via pixabay.com

Pikiran yang berlebihan dan juga kesibukan dalam pekerjaan kadang tidak memberikan ruang untuk bernapas. Hal ini dapat menimbulkan stres, amarah dan keresahan. Keterampilan mengatur emosi membantu kita agar tetap berpikiran positif. Kita bisa mengekspresikan diri tanpa harus menyakiti perasaan orang lain.

 

Jadi fresh graduate, sudahkah kamu memiliki keterampilan-keterampilan hidup di atas?


 

Leave a Reply