5 Aplikasi Pengembangan Diri untuk Hidup yang Lebih Maksimal

Butuh dorongan untuk jadi pribadi yang lebih baik? Tidak perlu susah-susah, kamu bisa mendapatkannya dari beberapa aplikasi pengembangan diri di bawah ini. Mulai dari video-video inspiratif untuk merangsang pemikiran sampai gim seru untuk mengasah otak, semua bisa kamu akses cukup bermodalkan gadget.

 

TED

5 Aplikasi yang Dapat Membantumu Mengembangkan Diri
Aplikasi ini tersedia dengan subtitel video dalam 90 bahasa via blog.ted.com

Kita mulai dari yang pertama, yakni TED. Bagi kamu yang belum tahu, TED (singkatan dari Technology, Education, Design) adalah perusahaan media yang rutin menyediakan panggung tempat pakar, praktisi, hingga tokoh dunia berbagi ide inspiratif.

Dalam aplikasi ini kamu bisa menonton rekaman video presentasi orang-orang tersebut. Kalau kamu enggak sempat menonton, bisa juga membaca transkripnya. Kamu juga bisa mencari semua video yang berhubungan dengan tema tertentu, misalnya video-video yang menginspirasi supaya giat mencoba hal baru.

Asyiknya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan subtitel banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Kamu jadi lebih mudah menyerap ide yang disampaikan tanpa takut terhalang kendala bahasa.

 

Mindbloom

5 Aplikasi yang Dapat Membantumu Mengembangkan Diri
Aplikasi ini membantumu untuk menciptakan hidup yang seimbang via mindbloom.com

Mindbloom merupakan aplikasi permainan yang mengajarkan kita untuk hidup lebih seimbang. Di dalam permainan ini kamu diberikan sebatang pohon sebagai gambaran hidupmu. Daun yang tumbuh adalah aspek-aspek penting dalam hidupmu seperti kesehatan, karir, hubungan, keuangan, spiritualitas, dan lain sebagainya.

Cara memainkannya sederhana saja. Pada tombol My Action tertera daftar kegiatan yang bisa memperkaya hidup tiap harinya. Kalau pada hari itu kamu benar-benar melakukan kegiatan tersebut, maka kamu akan mendapat poin yang menjadikan pohonmu tumbuh semakin besar.

Mengingat waktu dan perhatian kita terbatas, nanti akan kelihatan aspek hidup yang mana yang lebih kamu prioritaskan dari yang lain.

 

Visuapp

5 Aplikasi yang Dapat Membantumu Mengembangkan Diri
Papan impian yang bisa kamu akses lewat gadget via vitaminlabs.github.io

Aplikasi ini adalah papan impian versi digital yang bisa kamu simpan di gadget. Vision board atau papan impian ini dapat menyimpan semua impian, target dan tujuan di dalam hidupmu. Jadi kalau motivasimu sedang rendah atau sedang suntuk berkegiatan, semoga setelah melihat vision board yang ada di Visuapp, semangatmu bangkit lagi.

 

Unstuck

5 Aplikasi yang Dapat Membantumu Mengembangkan Diri
Konsultasi masalah dengan alur seperti gim via bwon.co

Jika setelah melihat vision board, kamu tetap merasa suntuk dan mentok, kamu bisa mencoba Unstuck. Fungsi aplikasi berbasis web ini seperti tempat berkonsultasi untuk mendapatkan pencerahan.

Di awal kamu akan diminta memilih tiga kartu yang menggambarkan perasaanmu. Untuk menggali lebih dalam, Unstuck akan mengajukan pertanyaan lanjutan serta alasan kamu merasakan suntuk seperti itu. Di akhir Unstuck akan memberikan diagnosis serta saran-saran untuk keluar dari kondisi tersebut.

 

Lumosity

5 Aplikasi yang Dapat Membantumu Mengembangkan Diri
Permainan yang akan membuatmu tambah pintar via lumosity.com

Lumosity merupakan aplikasi game mobile berisi koleksi permainan asah otak yang menyenangkan. Perusahaan pembuatnya mengklaim produk mereka ini dikembangkan oleh neuroscientist untuk menguji ketajaman mental kita. Pilihan permainannya bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan memori serta ketajaman observasi. Mudah-mudahan setelah menamatkannya kamu jadi tambah kreatif dan pintar.

 


 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply