7 Manfaat Menulis Buku Harian Bagi Diri

Pernah menonton film Diary of Wimpy Kid? Atau kalau kamu pencinta sinetron mungkin pernah menonton Buku Harian Nayla? Walau berbeda genre, kedua kisah di atas bersumber dari catatan atau buku harian.

Sama seperti Greg Heffley si Wimpy Kid atau Nayla, dalam lembar-lembar buku tersebut, kita bisa menuliskan semua mimpi, perasaan, atau sekadar hari-hari yang kita jalani. Ih, hari gini masih menulis buku harian? Jangan salah, meski banyak yang mencibir aktivitas ini karena kesannya terlalu sentimental, ternyata menulis buku harian punya banyak manfaat bagi diri lho.

Apa saja memangnya manfaat menulis buku harian? Simak di bawah ini.

 

1. Menguraikan Isi Kepala

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Jurnal harian dapat megatur kembali otakmu via pixabay.com

Banyak pengamat bilang era sekarang ini adalah era informasi. Kita dijejali informasi dari segala arah. Mulai dari media sosial, grup WhatsApp, televisi, sampai obrolan tetangga. Saking banyaknya informasi, pernah enggak kamu merasa kepala jadi terasa begitu penuh? Kamu jadi susah membedakan mana yang harus direspons dengan serius dan mana informasi receh yang enggak perlu ditanggapi mendalam.

Cara terbaik untuk mengurai dan membuat pikiran jadi lebih jernih adalah dengan menuliskannya di buku harian secara rutin sebelum tidur.

 

2. Belajar Disiplin dan Tidur Nyenyak

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Dengan menulis, kamu bisa mendapatkan tidur yang nyenyak via pixabay.com

Rutin menulis catatan harian juga bermanfaat untuk melatih kamu jadi lebih disiplin. Kamu menjadwalkan pada diri sendiri agar secara teratur menuangkan unek-unek agar tidak menjadi sampah pemikiran. Kalau waktu yang kamu pilih untuk menulis catatan adalah pada malam hari, kamu juga bisa tidur lebih nyenyak karena pikiran sudah lebih lega.

 

3. Self-Healing

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Menulis sebagai alat terapi via pixabay.com

Bagi kamu yang mengalami stres atau depresi, menulis catatan harian bermanfaat sebagai terapi pribadi. Seperti poin nomor satu, segala pikiran negatif yang berseliweran di kepalamu bisa kamu urai dan tuangkan dalam bentuk tulisan. Kalau kamu terlalu sungkan atau malu mengakuinya pada orang lain, setidaknya kamu bisa mengaku pada diri sendiri lewat catatan harian tersebut.

 

4. Sumber Motivasi dan Inspirasi

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Menulis untuk memotivasi diri lebih baik via pixabay.com

Segala bentuk kesusahan yang berhasil kamu lalui pasti jadi pengalaman menarik yang bermanfaat untuk memacu kamu terus maju. Malah enggak jarang kamu akan merasa geli sendiri, “kok bisa sih aku di masa lalu sebego itu?”

Kalau kamu rutin menulis catatan harian, kamu bisa membaca pengalaman hidup kamu tersebut secara lebih jelas sampai ke detail terkecil. Seperti halnya membaca cerita, kamu bisa mengambil pesan moral dari perjalanan yang kamu lalui.

 

5. Melatih Berkomunikasi Lebih Baik

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Dengan menulis dapat mengatur emosimu dan berkomunikasi lebih baik via pixabay.com

Walau sifatnya pribadi, sewaktu menulis catatan harian, pasti kamu menggunakan bahasa yang bisa kamu pahami dan terbaca. Tidak mungkin kamu menggunakan aksara aneh atau kalimat yang kamu sendiri tidak tahu artinya. Tujuannya agar bisa kamu baca lagi di lain waktu. Secara tidak langsung, dengan menulis catatan harian, kamu belajar berkomunikasi dengan dirimu sendiri.

 

6. Meningkatkan Kesehatan

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Menulis dapat meningkatkan kesehatanmu via pixabay.com

Suatu studi menyebutkan bahwa ketika seseorang menuliskan emosi yang dirasakan, hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengubah pola pikirnya menjadi lebih positif. Sesuai seperti poin nomor 3, pola pikir positif itu terbentuk karena pikiran-pikiran negatif berhasil diurai dan dinetralkan.

 

7. Meningkatkan Ingatan dan Kreativitas

7 Manfaat Menulis Jurnal Harian Bagi Kesehatan
Menulis meningkatkan ingatmu dan kreativitasmu via pixabay.com

Saat menulis catatan harian, supaya tulisannya lebih detail, kamu perlu mengingat-ingat kembali kejadian yang telah kamu lalui. Aktivitas ini akan melatih kemampuan kamu untuk mengingat. Selain itu walaupun kamu bukan orang yang andal merangkai kata, saat menulis catatan harian, pasti kamu jadi akan terbiasa menuangkan pengalaman, pemikiran, dan perasaan kamu ke dalam bentuk kata-kata.

 

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, catatan harian juga bisa menjadi karya yang laris terjual. Raditya Dika dan Trinity adalah contoh penulis yang memulai karir kepenulisannya bermodal catatan harian. Jadi, jangan pernah anggap sepele kegiatan menulis buku harian ya.


 

Leave a Reply