5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Kreativitas

Setinggi apapun kadar antusiasmu terhadap pekerjaan, pasti ada kalanya kamu merasakan suntuk dan bosan. Ketika perasaan tersebut muncul, jangan dilawan. Rilekskan pikiran plus asah kreativitas dengan kegiatan-kegiatan berikut ini.

 

1. Menulis Cerita

5 Tips Cara untuk Tetap Kreatif
Tuliskan cerita bisa dari imajinasi atau peristiwa sehari-hari via pixabay.com

Kejadian yang kamu alami setiap hari merupakan sumber melimpah untuk ide cerita. Kamu bisa tuliskan peristiwa tersebut sesuai dengan kenyataan yang terjadi atau bisa juga kamu belok-belokkan menurut imajinasimu sendiri. Lakukan kegiatan ini sekitar 15-30 menit.

Tentukan sendiri waktu yang cocok untukmu. Kamu bisa melakukannya pagi-pagi benar sehabis bangun tidur atau menuliskannya pada malam hari sebelum tidur.

 

2. Menghias Buku Harian

5 Tips Cara untuk Tetap Kreatif
Jadikan buku harianmu terlihat lebih menarik via pixabay.com

Supaya gambaran peristiwa yang kamu catat dalam buku harian semakin nyata, perkaya dengan pernak-pernik yang menarik. Kamu bisa menyisipkan gambar, foto, stiker, tiket bioskop, tiket masuk taman hiburan, slip pembayaran, apapun yang dapat menguatkan memori manis dan positif yang pernah kamu alami.

Selain mengasah kreativitas, catatan harian yang semarak seperti ini juga bisa menjadi bank ide. Tidak jarang ide-ide kreatif berhamburan keluar justru dari momen-momen kecil yang kita anggap sepele.

 

3. Mewarnai Gambar

5 Tips Cara untuk Tetap Kreatif
Mewarnai bisa membuatmu merasa relaks dan bertambah kreatif

Contoh kegiatan lainnya yang ampuh untuk menghilangkan suntuk sekaligus mengasah kreativitas adalah mewarnai gambar. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mewarnai gambar atau koleksi komik yang kamu punya. Kalau ingin lebih serius, kamu bisa juga membeli buku adult coloring yang sekarang banyak dijual di toko-toko buku.

 

4. Mengoleksi Barang

5 Tips Cara untuk Tetap Kreatif
Dari koleksi gantungan kunci ini ide kreatif apa yang muncul di kepalamu? via designocd.com

Benda-benda koleksi yang kamu punya bukan hanya bermanfaat untuk memuaskan diri, tapi juga bisa membuat kamu tetap kreatif. Kecintaanmu terhadap koleksi tersebut pasti akan memicu ide-ide kreatif untuk dieksekusi. Misalnya, kalau kamu punya koleksi action figure pahlawan super, kamu bisa membuat diorama foto yang menceritakan keseharian mereka.

 

5. Mengisi Teka-Teki Silang

5 Tips Cara untuk Tetap Kreatif
Saat semua sudah terisi, pasti merasa lega dan bangga via pixabay.com

Saat mengisi teka-teki silang, kamu pasti akan terpacu untuk mencari jawaban yang tepat. Kamu akan memutar otak, mengingat-ingat pengetahuan yang sudah kamu punya, atau bahkan googling demi mendapatkan jawaban. Dengan melakukan hal ini kamu menjaga otak tetap bugar sekaligus mengasah kreativitas.

 

Masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreativitas. Prinsip yang utama adalah kamu harus keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru. Kamu bisa menerapkan mulai dari hal yang sederhana seperti mengubah rute pulang pergi kantor-rumah. Berani mencoba?


 

Leave a Reply