Mengenal Yoga, Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran

Yoga merupakan olahraga yang sedang digandrungi kaum urban beberapa tahun terakhir. Kelas-kelas yoga semakin banyak bermunculan di mana-mana. Kira-kira kenapa sih orang tertarik mendalami olahraga yang satu ini? Supaya lebih paham, simak serba-serbi yoga berikut ini.

 

Pengertian Yoga

Serba-Serbi Yoga
Bukan hanya bentuk olah tubuh, yoga juga dijadikan sebagai latihan meditasi via pixabay.com

Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta, yuj, yang berarti penyatuan tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang dengan alam semesta. Walaupun baru ngetren di Indonesia beberapa tahun terakhir, olahraga ini rupanya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Awalnya yoga hanya dipraktikkan oleh pendeta-pendeta Hindu sebagai bagian dari ritual keagamaan. Lama kelamaan yoga melepaskan atribut keagamaannya dan berkembang menjadi bentuk kegiatan olah tubuh.

 

Jenis-jenis Yoga

Serba-Serbi Yoga
Contoh gerakan-gerakan yoga via freepik.com

Sebagian orang melakukan yoga untuk menguruskan badan, yang lain untuk menentramkan jiwa. Beda tujuan, beda pula yoga yang dilakukan. Yap, yoga punya beragam jenis sesuai kebutuhan. Berikut jenis-jenis yoga yang perlu kamu ketahui:

  1. Hatha Yoga. Yoga ini cocok untuk pemula karena gerakannya yang ringan. Hatha yoga bermanfaat untuk menyeimbangkan dan memperkuat tubuh.
  2. ISHTA Yoga (Integrated Science of Hatha, Tantra, and Ayuverda). Yoga ini merupakan kombinasi dari beberapa jenis yoga. Rutin melakukan ISHTA yoga bermanfaat untuk membantu pikiran dan batin jadi lebih tenang.
  3. Prenatal Yoga. Yoga ini dikhususkan untuk membantu ibu hamil dalam proses kelahiran. Gerakan yang dilatih adalah pernapasan.
  4. Vinyasa. Yoga ini mempunyai gerakan ritmis dan dinamis untuk melatih pernafasan dengan bertahap.
  5. Astanga Yoga. Yoga jenis ini mempunyai gerakan yang dinamis seperti senam aerobik. Gerakannya yang progresif tersebut bagus untuk melatih napas dan fisik.
  6. Iyengar Yoga. Yoga jenis ini menggunakan alat bantu berupa tali, bantal dan balok kayu untuk melatih pose tubuh, tumit dan jari.
  7. Bikram Yoga. Yoga ini dilakukan di dalam ruangan bersuhu 32-42 celcius selama 90 menit. Gunanya untuk melatih pernafasan dan juga relaksasi.

 

Manfaat Yoga

Perempuan hamil melakukan yoga agar kesehatan selama masa mengandung dan saat bersalin nanti tetap terjaga via flickr.com/photos/pasa. Lisensi CC BY

Kamu tentu sudah tahu rajin berolahraga dapat menyehatkan tubuh. Begitu pula dengan yoga. Rutin melakukan yoga dapat memberikan berbagai manfaat, misalnya:

  1. Lebih mudah berkonsentrasi dan mengendalikan emosi.
  2. Melatih pernapasan sehingga tidak mudah panik, stres, ataupun depresi.
  3. Membantu pikiran jadi lebih positif.
  4. Pose atau gerakan yoga dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh, mengecilkan perut, serta menurunkan berat badan.
  5. Menurut penelitian, yoga juga dapat mengurangi gejala menopause serta menjaga kesehatan pada masa menopause.

 

Itulah serba-serbi yoga yang patut kamu ketahui. Kalau kamu tertarik untuk belajar yoga, kamu bisa mulai dari gerakan-gerakan dasar ini. Selamat mencoba!


 

Leave a Reply