5 Pos Pengeluaran Ini Penting Dipersiapkan untuk Berhari Raya

Bulan Ramadan jangan boros-boros sebab menjelang akhir bulan biasanya kamu akan keluar banyak uang. Pengeluaran ini juga cukup spesial karena tidak terjadi di hari-hari lain. Pengeluaran ini hanya terjadi menjelang hari raya. Apa saja pos pengeluaran tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

 

1. Pos Zakat, Infak, Sedekah

5 Pos Keuangan ini Penting Dipersiapkan untuk Berhari Raya
Zakat Fitrah pada bulan Ramadan sebelum salat Id via qurancoaching.com

Bulan Ramadan adalah bulan berbagi. Pada bulan ini keluarga muslim yang mampu wajib memberikan zakat fitrah. Di luar zakat fitrah, kamu pun sangat boleh memberikan infak dan sedekah kepada yang membutuhkan. Bukankah itu makna puasa pada bulan Ramadan, yakni ikut berempati terhadap keadaan orang lain yang tidak seberuntung kamu?

 

2. Pos THR dan Salam Tempel

5 Pos Keuangan ini Penting Dipersiapkan untuk Berhari Raya
Buat amplop THR atau salam tempelmu dengan kreatif dan menarik via tokopedia.com

Siapa bilang bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) hanya berlaku di perusahaan saja? Kalau kamu mempekerjakan asisten rumah tangga, tukang kebun, atau supir, kamu juga wajib memberikan THR lho. Orang-orang yang bekerja untukmu itu pasti membutuhkannya agar bisa menikmati berhari raya bersama keluarga di kampung halaman.

Kalau pun kamu melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri bersama keluarga, kamu tetap butuh uang lebih untuk diberikan kepada sanak famili di kampung yang membutuhkan. Bisa juga untuk salam tempel ke anak tetangga atau keponakanmu yang masih kecil-kecil.

 

3. Pos Pengeluaran Mudik

5 Pos Keuangan ini Penting Dipersiapkan untuk Berhari Raya
Pengeluaran mudik juga harus dipersiapkan via katakatagambar.com

Mengingat sampai saat ini lubang teleportasi ataupun pintu ajaib Doraemon belum ditemukan, kamu masih butuh biaya transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Pos pengeluaran ini lumayan besar apalagi kalau ditambah dengan pengeluaran menginap beberapa hari selama kamu di kampung halaman. Pasti kamu enggak akan diam di rumah orangtua atau kakek nenek saja kan? Kalian tentu akan mampir wisata-wisata cantik ke tempat wisata di dekat sana.

 

4. Pos Makanan dan Bingkisan Lebaran

5 Pos Keuangan ini Penting Dipersiapkan untuk Berhari Raya
Hidangan lengkap saat berhari raya via resephariini.com

Hari Raya biasanya akan datang tamu-tamu yang berkunjung ke rumah. Kurang etis rasanya kalau para tamu yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk berkunjung tidak dijamu dengan istimewa. Setidaknya kamu bisa menyediakan makanan atau kue-kue khas Lebaran. Untuk itu kamu perlu menyediakan khusus pos pengeluaran untuk membeli makanan, minuman, dan camilan tersebut.

Beberapa keluarga malah bukan cuma menjamu dengan makanan saja. Ada juga yang memberikan bingkisan atau parsel. Biasanya ini diberikan kepada klien atau rekan bisnis untuk mempererat kerjasama. Kalau kamu tertarik untuk memulai kebiasaan memberi bingkisan seperti itu, lagi-lagi kamu perlu pos pengeluaran khusus.

 

5. Pos Dana Darurat

Siapkan dana darurat untuk keperluan mendadak via kabarmedan.com

Keadaan tidak diduga dapat terjadi kapan saja, termasuk saat berhari raya. Bisa saja ban mobilmu tiba-tiba meletus atau ada anggota keluargamu yang sakit selama dalam perjalanan. Untuk itu kamu perlu menyediakan dana darurat.

Kalau kampung halamanmu letaknya jauh dari perkotaan, sebaiknya dana darurat ini sudah tersedia dalam bentuk tunai. Kamu tidak perlu lagi mencari bank atau ATM terdekat untuk mengambil uang. Dana darurat tersebut bisa segera kamu gunakan.

 

Pos-pos pengeluaran di atas wajib kamu persiapkan jelang berhari raya. Kenapa tidak ada pos pengeluaran untuk beli baju atau perlengkapan lebaran? Menurut kami sih pengeluaran untuk baju lebaran tidak terlalu penting. Kamu bisa saja beli baju pada lain kesempatan selain di hari raya. Kamu juga bisa menyiasati dengan pakaian yang sudah kamu miliki. Jadi lebih hemat, kan?

 


 

Leave a Reply