Panduan Memilih Menu Makan Sahur Sehat

Makan sahur, meski hukumnya sunah, tapi memberikan banyak manfaat untuk aktivitas kamu selama puasa. Jadi daripada tidur kebablasan, mending kamu bangun dan makan sahur. Tentunya menu makan sahur yang kamu pilih haruslah yang menyehatkan. Seperti apa menu makan sahur sehat? Simak panduan di bawah ini.

 

Wajib/Perlu Dikonsumsi

 

Makanan Kaya Protein

Menu nasi merah via anakui.com

Walau puasa, kamu tentu harus mengerjakan berbagai tugas sehari-hari. Untuk mengantisipasi agar tidak kelelahan saat sedang puasa, saat sahur pilihlah menu makanan yang mengandung banyak protein. Makanan seperti ini berfungsi sebagai penyuplai tenaga di siang hari.

Kamu bisa mengonsumsi putih telur, ikan, atau daging ayam. Ketiga bahan makanan ini mudah kamu temukan di warung atau pasar kok.

 

 Buah-buahan

Pilihlah buat yang manis dan aman ketika untuk perut kosong via namastehappiness.com

Pilihlah buah-buahan yang manis sebagai pengganti gula. Buah yang manis bisa menjaga stabilitas kandungan gulamu saat berpuasa. Buah-buahan manis yang bisa melengkapi menu makan sahur sehatmu di antaranya kurma, pepaya, pisang, alpukat, tomat, ceri, apel, dan pir.

 

Air Putih

Minumlah secukup mungkin air putih sebelum imsak via bkpd.jabarprov.go.id

Kamu wajib, kudu, dan harus minum air putih ketika sahur. Selain untuk membantu memperlancar makanan terkunyah, minum air yang cukup juga membantumu terhindar dari dehidrasi saat sedang berpuasa.

Biasakan minum segelas atau dua gelas air putih sesaat setelah bangun untuk sahur. Lalu minum lagi ketika sahur dan menjelang imsak. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi susu segar dan jus buah sebagai asupan menu makan sahur sehat.

 

Hindari/Batasi Dikonsumsi

 

Makanan Terlalu Banyak Karbohidrat

Konsumsi kentang yang rebus jauh lebih baik daripada nasi putih via intisari.grid.id

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi agar kamu tidak lemas selama puasa. Walau begitu, batasi jumlahnya. Jangan konsumsi terlalu banyak. Misalnya kalau sudah makan nasi putih jangan tambahkan lagi mengonsumsi mi instan atau kentang. Menu seperti itu justru akan membuatmu mengantuk di pagi hari.

Pilihan yang lebih baik adalah makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti yang ada pada beras merah. Tubuh bisa mendapat suplai energi tanpa menjadikan kamu terlalu mengantuk ketika beraktivitas.

 

Makanan Manis

Kurangi makan yang manis via aceh.tribunnews.com

Makan makanan manis seperti roti, biskuit cokelat, atau donat memang menyenangkan. Rasanya mulut tidak bisa berhenti kalau sudah mulai makan makanan seperti ini.

Walau begitu kamu harus ingat untuk membatasi jumlahnya. Sama seperti makanan yang kaya karbohidrat, makanan manis juga bisa membuat kamu kekenyangan, lemas, dan mengantuk saat beraktivitas. Selain itu makan makanan manis berlebihan juga bisa membuat berat badanmu bertambah.

 

Makanan yang Meninggalkan Rasa Kuat di Mulut

Makanan seperti ini biasanya menyisakan rasa bumbu yang kental di mulut via campaniarestaurant.com

Saat memilih menu makan sahur penting sekali untuk tidak menyantap makanan dengan rasa dan aroma yang kuat. Makanan seperti itu akan membuat kamu kesulitan puasa seharian. Rasa sisa makanan yang kamu santap saat sahur bisa enggak hilang-hilang sampai siang hari.

Lebih baik makanlah olahan lauk yang direbus, sayur berkuah bening, atau ayam dan ikan goreng untuk santap sahur. Makanan seperti itu tidak menimbulkan rasa yang kuat sewaktu disantap. Buat kamu anak kos-kosan atau yang tinggal sendiri, kurangi juga konsumsi mi rebus atau goreng. Biasanya rasa dari bumbu penyedapnya terus menetap hingga pagi hari.

 

Sesuaikan makanan santap sahurmu dengan aktivitas yang akan kamu kerjakan seharian itu. Kalau kamu perlu tambahan energi, enggak ada salahnya menyantap sedikit lebih banyak dari yang biasanya kamu makan. Apa menu sahurmu untuk besok?


 

Leave a Reply