7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Kapal Laut Legendaris Indonesia, KM Umsini

Waktu tempuh perjalanannya memang lebih lama dibanding naik pesawat terbang, tapi masih banyak juga orang yang menyukai bepergian menggunakan moda transportasi kapal laut. Kapal menjadi pilihan yang asyik karena menyajikan pemandangan laut lepas yang bisa dinikmati berlama-lama.

Tapi tahukah kamu, dari puluhan kapal laut yang dimiliki perusahaan pelayaran Indonesia, Pelni, ada satu kapal laut legendaris Indonesia yang masih tetap beroperasi sampai sekarang. Namanya Kapal Motor (KM) Umsini. Kira-kira alasannya apa ya? Cari tahu di sini.

 

1. Masih Beroperasi Meski Usianya Sudah 32 Tahun

Penampakan KM Umsini di yang sedang menepi di pelabuhan via reky1991.blogspot.co.id

Fakta pertama yang menjadikan kapal ini legendaris adalah usianya. Kapal ini usianya sudah 32 tahun lho. Di usianya yang tergolong untuk ukuran kapal, KM Umsini masih beroperasi dan melakukan pelayaran hingga hari ini. Mesin dan infrastruktur KM Umsini soalnya masih terbilang oke, masih kuat dipakai mengarungi lautan Indonesia.

 

2. Nama Kapalnya Diambil dari Nama Gunung

Tampak Gunung Umsini di Pegunungan Arfak yang diambil namanya untuk KM Umsini via manokwari.bpk.go.id

Sama seperti nama kapal Pelni lainnya, nama KM Umsini juga diambil dari nama gunung dan perbukitan yang ada di Indonesia. Gunung Umsini adalah gunung tertinggi di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Di gunung setinggi 2.950 mdpl terdapat dua danau yakni Danau Anggi Gita dan Danau Anggi Gigi.

 

3. Tak Hanya Jadi Kapal Penumpang, tapi Juga Sebagai Kapal Wisata

Suasana KM Umsini saat sambut Tahun Baru 2017 via beritatrans.com

 

Suasana di dalam kapal saat perayaan tahun baru 2017 di atas KM Umsini via beritatrans.com

Bukan hanya digunakan sebagai kapal untuk mengangkut penumpang dari satu pulau ke pulau lain, KM Umsini juga melakukan inovasi, menjadi kapal wisata. Pada momen-momen tertentu, KM Umsini digunakan untuk pelayaran wisata.

Momen tersebut di antaranya adalah malam pergantian tahun 2016 pada pelayaran Pelabuhan Tanjung Priok ke Kepulauan Seribu dan wisata religi Jumat Agung di Larantuka, April 2017 lalu.

 

4. Masih Tetap Diminati Meski Harga Tiket Pesawat Sudah Murah

Orang-orang yang bersiap naik KM Umsini via batam.tribunnews.com

Di usianya yang sudah 32 tahun ini, KM Umsini masih punya peran penting menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Meski tiket pesawat sudah sedemikian murah, masih banyak juga yang memilih untuk menggunakan moda transportasi laut. Apalagi ketika memasuki musim mudik dan balik kendaraan, jumlah penumpangnya selalu bertambah-tambah tiap tahun.

 

5. Rute yang Dilewati Memiliki Pemandangan Laut yang Indah

Menikmati senja di laut dari KM Umsini via reky1991.blogspot.co.id

Untuk tahun 2017 ini, tepatnya 9 April 2017, KM Umsini melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, singgah di Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, dan berakhir di Pelabuhan El Say Maumere.

Kalau kamu mau ke Flores dengan bonus menikmati laut sepanjang perjalanan, naiklah KM Umsini. Selama 7 hari, matamu akan dimanjakan pemandangan laut yang indah, dari Jakarta sampai Maumere. Tapi hati-hati mabuk laut bagi yang pertama kali naik ya!

 

6. Kapasitas Penumpang yang Tidak Banyak

Terlihat mewah ya via www.jadwaltiket.com

KM Umsini bisa menampung 1.737 penumpang dan terdiri dari 4 kelas. Kelas 1 berkapasitas 40 penumpang, kelas 2 kapasitasnya 88 penumpang, kelas 3 untuk 168 penumpang, dan yang paling banyak adalah kelas ekonomi atau kelas 4. Kelas ekonomi mendapat jatah kuota 1.441 penumpang.

Mungkin karena KM Umsini masuk kategori kapal lama, kapasitas penumpangnya ini tidak sebanyak kapal-kapal yang lebih baru. Keuntungannya, kamu tidak perlu berdesak-desakan di dalam kapal dengan penumpang yang lain.

 

7. Kejadian Aneh di KM Umsini

Beberapa polisi laut yang melakukan penyelamatan terhadap penumpang yang terjun bebas di KM Umsini via beritatrans.com

Kejadian aneh bisa menimpa siapa saja, termasuk KM Umsini yang terbilang punya performa dan reputasi baik. Kejadiannya berlangsung pada tanggal 19 Februari lalu. Saat memasuk Pelabuhan El Say Maumere, salah seorang penumpang kapal mendadak terjun ke laut. Ia mengaku mendengar panggilan arwah lalu melompat ke laut. Beruntung ia masih bisa diselamatkan.

Kejadian aneh seperti ini sebenarnya lumayan sering ditemui. Makanya berkembang di masyarakat jika ada istilah “laut itu selalu menyimpan misteri di dalamnya”. Serem juga ya, tapi kamu tidak perlu takut. Sama halnya seperti naik gunung yang bikin ketagihan, selama kamu tidak berbuat aneh, pasti akan ingin naik kapal laut lagi!

 

Itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang kapal laut legendaris ini. Pernah punya pengalaman seru naik kapal laut? Boleh lho tuliskan di kolom komentar.


 

Leave a Reply