5 Trik Marketing Bujet Rendah untuk Bisnis Baru

Sewaktu merintis usaha, sebagai entrepreneur kamu harus menjaga setiap sen uang yang kamu keluarkan. Jangan sampai ada pengeluaran yang tergolong pemborosan. Salah satu pengeluaran yang dalam jangka panjang rawan menguras modal adalah pengeluaran untuk marketing atau pemasaran.

Untungnya, di era digital seperti sekarang ini, memasarkan produk bukan lagi perkara sulit. Kamu bisa menerapkan trik marketing bujet rendah berikut ini.

 

1. Menggunakan Media Sosial Secara Tepat Guna

marketing untuk bisnis pemula
via business2community.com

Mulai unggah konten media sosial sedikit demi sedikit. Gunakan platform media sosial yang sesuai dengan kategori pelanggan yang kamu incar. Dari yang awalnya sekali sehari, lama-lama bisa kamu tingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Konten yang kamu berikan juga jangan yang isinya promosi melulu. Imbangi dengan konten yang bermanfaat dan menyenangkan.

Sudah melakukan langkah di atas tapi bisnis masih saja sepi? Coba buat kata kunci yang sesuai dengan ciri khas usahamu. Misalnya, kalau bisnismu menjual makanan vegan, kamu bisa menggunakan kata kunci seperti “makanan vegan Bekasi”. Dengan kata kunci ini, pelanggan potensial bisa menemukanmu dengan mudah.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Socedo untuk menemukan konten atau pengguna akun media sosial yang menggunakan kata kuncimu. Mulailah berinteraksi dengan mereka.

 

2. Ajak Pelanggan yang Puas Berbagi Pengalaman

marketing untuk bisnis pemula
via gsquaredcfo.com

Cara paling ampuh untuk di-notice konsumen berasal dari pelayanan dan produk yang memuaskan. Sebaik apapun teknik marketing yang kamu terapkan, kalau produk dan cara kamu melayani berantakan, dijamin usahamu tidak akan bisa berkembang.

Pelanggan yang puas adalah alat marketing yang sangat efektif. Untuk itu kamu perlu menciptakan hubungan baik dengan pelangganmu. Ajak mereka untuk menceritakan pengalaman mereka ketika menggunakan produkmu.

 

3. Pencitraan yang Pas

marketing untuk bisnis pemula
via ceoblognation.com

Manusia konon katanya tertarik pada cerita. Untuk itu kamu perlu membuat cerita tentang usaha yang kamu buat. Apa latar belakang kamu melakukannya? Manfaat apa yang akan produkmu berikan? Dampak seperti apa dirasakan oleh orang-orang yang menggunakan produkmu? Cerita itu perlu kamu hidupkan terus menerus dalam setiap kegiatan marketing. Itulah citra yang kamu hadirkan untuk usahamu

 

4. Ciptakan Konten Viral

marketing untuk bisnis pemula
via kathrynaragon.com

Konten viral adalah konten yang menyebar luas dalam waktu cepat. Contohnya adalah video Gangnam style, video PPAP, dan sebagainya. Jika kamu berhasil membuat konten viral, produkmu berpotensi semakin populer dan dikenal banyak orang.

Susahnya, formula konten viral ini sulit untuk diprediksi. Walau begitu, cara yang paling sering digunakan adalah dengan menampilkan konten yang memancing emosi. Kamu bisa mencoba memunculkan cerita, lewat gambar atau video, yang memancing pelanggan jadi terharu, terbahak-bahak, marah, atau bahagia.

 

5. Sebarkan Promosi Penjualan

marketing untuk bisnis pemula
via invespcro.com

Riset menunjukkan bahwa kupon hadiah atau voucer sangat efektif untuk mempromosikan produk. Empat dari lima pelanggan pada akhirnya akan menggunakan kupon tersebut dan menjadi pelanggan tetap.

Penggunaan surel juga masih efektif dilakukan dalam kegiatan pemasaran. Buktinya masih banyak situs web yang meminta pengguna untuk memasukkan alamat surel. Dari sana nantinya kamu dapat mengirimkan surel promosi secara berkala.

 

Itulah beberapa cara yang kamu bisa lakukan untuk memasarkan usahamu dengan modal yang tidak terlalu besar. Semua kembali pada kreativitasmu masing-masing.


 

Leave a Reply