5 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Rendah untuk Berlibur ala Film Romantis

Dengan bujet yang amat ketat, backpacker dituntut memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Kota destinasi tujuan harus bisa selesai dijelajahi dalam waktu satu sampai tiga hari. Model liburan seperti itu memang murah tapi kalau terus menerus dilakukan pasti bikin lelah.

Alternatifnya, coba deh berlibur ala film-film romantis. Kamu berlama-lama mengeksplorasi suatu kota, mencari sudut terbaik, sambil bercengkerama dengan warga setempat. Supaya kantongmu tetap aman, cari kota yang biaya hidupnya murah.

Sudah kebayang serunya? Nah, beberapa kota romantis berbiaya rendah ini bisa kamu jadikan destinasi tujuan.

 

1. Praha, Republik Ceko

kota romantis berbiaya rendah
Sore yang cantik di Praha via huffingtonpost.com

Praha merupakan salah satu kota tua paling cantik di Eropa. Banyak orang menyamakan kecantikan kota Praha dengan kota cinta, Paris. Bedanya, biaya hidup di sana jauh lebih murah dibandingkan di Paris. Dari daftar 56 kota Eropa yang paling murah untuk wisata, Praha masuk dalam peringkat ke-15 sementara Paris urutan 45.

 

kota romantis berbiaya rendah
Merasakan romansa Cosette dan Marius di kota Praha via sonymoviechannel.co.uk

Karena banyak memiliki bangunan kuno dengan arsitektur yang megah, Praha sering dijadikan lokasi pembuatan film dengan latar zaman dulu. Salah satu yang paling terkenal adalah Les Miserables. Film produksi tahun 1998 yang diadaptasi dari novel penulis Perancis, Victor Hugo, tersebut dibintangi Uma Thurman, Geoffrey Rush, dan Liam Neeson. Di Praha, kamu bisa menyusuri lokasi pengambilan gambar tempat Cosette dan Marius memperjuangkan cinta mereka. Romantis, kan?

 

2. Kathmandu, Nepal

kota romantis berbiaya rendah
Kota Kathmandu yang cantik via citynomads.com

Ibu kota negara Nepal ini cocok bagi kamu yang hobi naik gunung. Bagaimana enggak, letaknya berada di ketinggian 1400 mdpl, dekat dengan Pegunungan Himalaya. Bukan cuma itu, bangunan-bangunan di kota ini juga sangat mencirikan kebudayaan setempat dan yang paling penting, biaya hidup di sini enggak mahal.

 

kota romantis berbiaya rendah
Kisah Heinrich Harrer dan Pema Lhaki di Kathmandu dalam Seven Years in Tibet via movie.info

Di kota ini kamu bisa membayangkan adegan dalam Seven Years in Tibet ketika Heinrich Harrer, karakter yang diperankan Brad Pitt bertemu dengan Phema Laki, si pemandu. Kamu enggak salah dengar. Walau memakai nama tempat Tibet, lokasi pengambilan gambar film tersebut dilakukan di Kathmandu di negara Nepal ini.

 

3. Kiev, Ukraina

kota romantis berbiaya rendah
Kiev yang bersinar via travelandleisure.com

Ibu kota Ukraina ini merupakan kota asal dari peradaban Slavik Timur. Di sini kamu bisa menemukan banyak gereja dan katedral Ortodoks. Enggak heran, Kiev dijuluki kota seribu kubah emas. Selain punya banyak bangunan kuno dengan arsitektur cantik, biaya hidup Kiev juga tergolong murah. Dalam indeks 56 kota Eropa di atas, Kiev masuk dalam peringkat ke-7.

 

Duke of Buckingham dan Milady de Winter via whysoblu.com

Lalu film romantis apa yang lokasi pengambilan gambarnya dilakukan di kota ini? Film Three Muskeeters. Kota Lviv, Odessa, dan daerah sekitar kota Kiev dijadikan lokasi pengambilan gambar film aksi romantis tersebut. Uniknya, setelah film tersebut dirilis, muncul rute turis untuk lokasi-lokasi film tersebut yang meliputi restoran “The Musketeer”, istana Pototskyi dan istana Podgoretsky.

 

4. Mumbai, India

Riuh ramai suasana kota Mumbai via id.pinterest.com/source/stevemccurry.com

Kota yang berada di tepi Laut Arab ini merupakan kota paling metropolis di India. Pusat perfilman India, Bollywood, berada di kota yang dulu bernama Bombay ini.

Uniknya, walau metropolis dan tua (dibangun pada tahun 1911) kota ini tergolong kota yang biaya hidupnya murah. Dalam laporan yang dibuat Europe Intelligence Unit, Mumbai masuk dalam peringkat ke-7 kota dengan biaya hidup termurah di dunia.

 

Simran dan Raj via cheapairetickets.in

Kota ini juga menjadi latar belakang dari film legendaris India, Dilwale Dulhania Le Jayenge. Film yang dimainkan oleh Kajol dan Shahrukh Khan ini mengisahkan tentang sepasang pemuda dan pemudi yang jatuh cinta di Inggris dan kemudian kembali ke kampung halamannya.

Menyajikan pemandangan yang berubah-ubah dari kota London dan Mumbai yang cantik, kalau masih belum bisa ke London, kamu tetap bisa ikut-ikutan “baper” di kota Mumbai.

 

5. Bali, Indonesia

Pesona budaya Bali di setiap sudut tempat via balidaily.wordpress.com

Bali tentu saja pantas masuk jadi salah satu tempat romantis dengan biaya hidup terjangkau. Kalau kamu masih belum berani jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa dengan mudah cari tiket murah dan melancong ke Bali. Di sini kamu bisa menikmati pantai, suasana pedesaan yang tenang, serta pesona kebudayaan yang nampak di setiap sudut tempat.

 

Berjalan-jalan di pasar Bali dengan kekasih via wide-wallpapers.net

Mungkin suasana seperti itu pula yang dirasakan Elizabeth Gilbert, pengarang novel memoar Eat, Pray, Love. Novel yang dibuat menjadi film pada tahun 2010 tersebut menceritakan tentang petualangan Elizabeth Gilbert sendiri mencari kebahagiaan hingga akhirnya menemukan cinta. Enggak heran, Bali menjadi salah satu destinasi tujuan utama untuk bulan madu.

 

Itulah beberapa kota di dunia berbiaya rendah yang bisa jadi tujuan wisatamu selanjutnya. Mulai menabung dan persiapkan hari supaya kamu puas berkeliling di kota tersebut. Akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bersama orang terkasih. Kalau kamu, kota romantis mana yang paling ingin kamu kunjungi?


 

Leave a Reply