5 Tips Untuk Berhenti Merokok Mulai Dari Sekarang

Kalau kamu sedang membaca tulisan ini, besar kemungkinan kamu punya niatan atau sedang berjuang untuk berhenti merokok. Untuk bisa lepas dari jerat rokok memang tidak mudah, tapi juga tidak mustahil. Untuk mendukung perjuanganmu berhenti merokok, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

 

1. Tulis alasan dan buatlah target waktu berhenti

Punya target waktu akan membuat kamu tertantang untuk menepatinya via verywell.com

Semua hal yang kamu lakukan akan lebih mudah jika ada motivasi dasarnya. Begitu pula dengan keinginan untuk berhenti merokok. Hal apa yang mendasari keinginanmu untuk berhenti merokok? Apakah karena didesak orang terkasih, menghindari riwayat penyakit yang ada di keluarga, atau ingin lebih melonggarkan pengeluaran bulanan?

Setelah menetapkan alasan yang kuat, kamu juga perlu membuat target waktu benar-benar terbebas dari rokok. Dengan memiliki target, kamu akan semakin terpacu sekaligus tertantang untuk menepatinya.

 

2. Persiapkan dirimu untuk berhenti merokok

Manfaatkan aplikasi pengingat untuk membantumu menghentikan kebiasaan merokok via thesweetsetup.com

Berhenti dari kebiasaan lama enggak semudah membayangkannya. Menurut penelitian, suatu hal baru akan jadi kebiasaan setelah dilakukan rutin selama 60 hari atau kira-kira 2 bulan. Jadi kalau kamu punya rencana menghentikan kebiasaan merokok, kamu harus menyiapkan diri dan menyusun strategi setidaknya untuk dua bulan ke depan.

Praktisnya, kalau biasanya sehabis makan kamu pasti merokok, mulai sekarang pikirkan kegiatan apa yang bisa kamu lakukan untuk menggantikan kebiasaan tersebut. Mungkin kamu mau makan permen karet? Atau lebih suka menggigiti rumput kering? Selama dapat mengalihkan perhatianmu dari rokok, silakan saja.

 

3. Metode untuk berhenti merokok

Menghentikan kebiasannya bisa secara bertahap atau berhenti total via nocamels.com

Kalau kamu benar-benar tertantang untuk hidup sehat, kamu bisa mencoba untuk berhenti total. Sejak hari itu sampai seterusnya, setop menghisap rokok. Singkirkan semua stok rokok yang kamu simpan di rumah, kantor, mobil, atau di saku.

Kalau merasa metode berhenti total terlalu ekstrem, kamu juga bisa berhenti bertahap. Caranya dengan mengurangi jumlah batang rokok yang kamu hisap per hari. Kalau biasanya satu hari habis sebungkus, minggu depan kuota per hari cuma setengah bungkus. Terus lanjutkan hingga konsumsi rokokmu per hari menjadi nol.

 

4. Beritahukan keluarga dan teman

Sahabat sejati selalu membantumu untuk jadi pribadi yang lebih baik via gregtrimble.com

Rencana kamu untuk berhenti merokok akan lebih efektif kalau kamu melibatkan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa minta tolong agar teman-temanmu tidak merokok di depanmu. Pesankan pada keluarga atau pacar agar mereka mengingatkan serta mengawasi dirimu agar tidak merokok lagi.

 

5. Pertolongan pertama ketika keinginan rokok tiba

Ketika ingin merokok, langsung push-up via hundredpushups.com

Ketika keinginan untuk merokok mendadak muncul, kamu bisa melakukan berbagai cara untuk menunda atau mengalihkan keinginan tersebut. Kamu bisa minum air pelan-pelan, melakukan kegiatan untuk menyibukkan diri, mengunyah permen karet, makan buah-buahan, berolahraga, hingga baca komitmen berhenti merokok yang tersimpan di dalam smartphone-mu.

 

Walau sudah ditempeli gambar menyeramkan dan peringatan kesehatan, banyak orang tetap saja santai merokok. Yang paling utama dibutuhkan adalah kesadaran untuk berhenti. Kalau kamu punya tips dan trik lain untuk berhenti merokok, tuliskan di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply