5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Ibu Bekerja

Dalam anggapan lama, seorang ibu urusannya cuma ada di tiga tempat, yakni sumur, kasur, dan dapur. Tapi kalau sekarang, tidak selalu harus seperti itu. Perempuan yang sudah berkeluarga dan punya anak bisa saja memilih untuk bekerja, alias menjadi ibu bekerja (working mom).

Alasannya bermacam-macam. Ia mungkin ingin menyalurkan ilmu yang dimiliki, membantu suami sebagai tulang punggung keluarga, atau harus menafkahi diri sendiri dan anak-anak. Masalahnya kemudian pekerjaan yang seperti apa yang cocok? Beberapa jenis pekerjaan yang cocok dilakukan ibu bekerja, antara lain:

 

1. Guru

5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Working Mom
Menjadi guru les, jadwalnya bisa ditentukan sendiri via freepik.com

Perempuan punya bakat alamiah memberi pendidikan untuk anak-anaknya. Kemampuan itu bisa kamu salurkan untuk menjadi guru di suatu institusi pendidikan. Sepulang mengajar kamu bisa kembali mengurus anak dan mengerjakan tugas domestik.

Kalau ingin punya waktu yang lebih fleksibel, kamu juga bisa menjadi tutor atau guru les. Pekerjaan tersebut biasanya jadwalnya bisa ditentukan sendiri dengan bayaran dihitung dari per pertemuan.

 

2. Bloger

5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Working Mom
Bagikan resep dan pengalamanmu membuat kue di blog via pixabay.com

Punya kemampuan menulis dan bercerita? Kamu bisa menyalurkan kemampuan tersebut untuk jadi bloger. Topik yang kamu pilih bisa tentang keseharian menata rumah atau pun topik lain seputar dunia perempuan seperti makeup, fotografi, fashion, memasak, atau hasta karya.

Di awal, keuntungan komersil yang bisa kamu dapatkan memang belum terlalu banyak. Tapi begitu nama kamu sudah populer atau reputasimu sudah terbangun, tawaran kerjasama dari sponsor pasti akan berdatangan.

 

3. Instruktur Senam/Pilates/Yoga

5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Working Mom
Menjadi instruktur yoga atau pilates tidak perlu meninggalkan rumah via pixabay.com

Pekerjaan ini bisa kamu lakukan tanpa meninggalkan rumah. Kamu bisa membuka kelas yoga, pilates, atau sanggar senam di rumah. Jam kerjanya pun bisa kamu tentukan sendiri. Sangat fleksibel.

 

4. Pedagang Online

5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Working Mom
Bisa dimulai dengan jadi perantara atau dropshipper via pixabay.com

Sekarang ini untuk berjualan secara online tidak harus memiliki barang sendiri. Kamu bisa saja bertindak sebagai perantara atau dropshipper. Untuk menjalankannya kamu cukup bermodal laptop dan smartphone dengan koneksi internet.

Pajang dan promosikan barang-barang jualanmu di media sosial atau situs marketplace. Pekerjaan ini bisa juga lho kamu gabungkan dengan pekerjaan sebagai bloger. Keduanya kan sama-sama berkutat di dunia maya.

 

5. Pekerja Lepas

5 Pekerjaan yang Cocok dan Nyaman untuk Working Mom
Bidang pekerjaan lepas sangat luas, salah satunya menjadi desainer grafis via pixabay.com

Seorang ibu bekerja juga bisa memilih bidang pekerjaan lepas. Kalau kamu senang menggambar dan mampu mengaplikasikan software desain, kamu bisa menjadi desainer grafis. Kalau latar belakangmu adalah bidang keuangan atau pajak, kamu bisa menerima pekerjaan membuat laporan keuangan. Sesuaikan saja dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

Apapun pekerjaan yang kamu jalani, tanggung jawab mengurus keluarga dan mengerjakan pekerjaan domestik tidak boleh dilupakan. Karena itu kemampuan mengatur waktu dan mengelola energi amat dibutuhkan seorang ibu bekerja. Bagaimana, sudah siap untuk menjadi ibu bekerja?


 

Leave a Reply