5 Aplikasi Mutakhir yang Wajib Terpasang di Ponsel Entrepreneur

Di zaman sekarang, seorang entrepreneur tidak boleh gagap teknologi. Ia harus mampu menggunakan smartphone secara optimal untuk menunjang pekerjaannya. Bukan cuma fitur telepon, media sosial, atau aplikasi perpesanan, beberapa aplikasi mutakhir ini wajib juga terpasang di gadget seorang entrepreneur. Apa saja kira-kira aplikasi wajib untuk entrepreneur tersebut?

 

1. Google Drive

via jalantikus.com

Sebagai orang yang punya mobilitas tinggi, pantang hukumnya menyimpan dokumen penting di dalam laptop atau desktop. Bukannya apa-apa, kalau komputer tersebut hilang, tercuri, atau rusak, tentu akan membuat runyam urusan pekerjaan. Cara yang lebih baik adalah menyimpan dokumen tersebut di media penyimpanan online atau istilah kerennya cloud storage.

Salah satu aplikasi cloud storage yang lazim digunakan adalah Google Drive. Produk keluaran Google ini menyediakan kapasitas yang besar, yakni sampai 15 gigabita. Aplikasi ini juga fitur berbagi dokumen  sehingga kamu bisa berkolaborasi dengan orang lain dalam waktu bersamaan.

 

2. Microsoft Office Mobile

via blog.uptodown.com

Aplikasi ini wajib dimiliki, bukan cuma bagi entrepreneur tapi juga bagi orang-orang yang punya mobilitas tinggi. Seperti halnya Microsoft Office di desktop atau laptop, Microsoft Office Mobile ini juga terdiri dari beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Kamu tentunya sudah mengerti guna masing-masing aplikasi tersebut.

Dengan adanya aplikasi versi mobile ini, kamu bisa mengetik, membuat laporan keuangan, atau slide presentasi tanpa terikat tempat. Praktis, kan?

 

3. Skype

via www.makeuseof.com

Butuh rapat jarak jauh dengan klien? Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan LINE sudah mengakomodir kebutuhan tersebut lewat fitur video call-nya. Tapi bagaimana kalau kamu harus rapat dengan banyak orang dalam satu waktu. Coba gunakan Skype. Aplikasi ini dapat memiliki grup panggilan hingga 25 orang dan video stream hingga 6 orang. Yang kamu perlukan tinggal akses internet cepat.

 

4. Workplace by Facebook

www.odishanewsinsight.com

Facebook ternyata bukan sekadar tempat menulis status galau atau membagikan berita hoaks. Platform ini juga bisa kamu gunakan untuk menjalin komunikasi seputar urusan pekerjaan. Namun yang kamu gunakan bukan Facebook yang biasa tapi produk keluaran Facebook bernama Workplace by Facebook.

Fitur aplikasi ini tidak beda jauh dengan Facebook pada umumnya. Kamu bisa membuat status, berbagi video, atau mengunggah foto. Hanya saja aplikasi ini khusus untuk organisasi atau perusahaan profesional. Surel yang digunakan ketika mendaftar atau masuk haruslah surel resmi perusahaan, bukan surel gratis seperti Yahoo Mail atau GMail.

 

5. GoToMeeting

via www.androidcentral.com

Kalau menurutmu rapat menggunakan Skype tidak terlalu meyakinkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini. GoToMeeting sudah dilengkapi dengan tampilan tempat menunjukkan presentasi. Di panel tersebut kamu bisa menampilkan infografis sampai poin-poin yang hendak kamu sampaikan kepada peserta rapat.

Kekurangannya, meski bisa digunakan di smartphone, GoToMeeting masih lebih efisien digunakan via laptop.

 

Seperti halnya pisau di tangan koki yang andal akan jadi alat yang sangat membantu pekerjaan, begitu pula smartphone di tangan entrepreneur yang piawai melakukan kerja cerdas. Smartphone bukan lagi ponsel biasa, tapi berubah jadi “senjata” penarik keuntungan. Selamat bekerja!


 

Leave a Reply