5 Alasan Kamu Harus Mulai Berinvestasi Dari Sekarang

Untuk menjamin uang yang kamu miliki tetap aman, menabung saja enggak cukup. Ekonomi kadang-kadang susah diprediksi. Inflasi atau krisis ekonomi global sewaktu-waktu dapat memberikan dampak merugikan terhadap dana tabungan kita di bank.

Kamu perlu mempertimbangkan pula untuk berinvestasi. Menurut ahli keuangan, berinvestasi akan memberikanmu keamanan dan kenyamanan untuk membiayai hari-hari ke depan. Kalau kamu masih ragu dan belum percaya untuk berinvestasi, berikut alasan untuk memulai investasi dari sekarang.

 

1. Bisa Menambah Nilai Uang

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasi Sekarang
Dengan berinvestasi kamu bisa menambah uangmu via pixabay.com

Seperti sudah disebutkan di atas, inflasi bisa menyebabkan nilai uangmu semakin menurun tiap tahun. Contoh mudahnya, pada tahun 1996 kamu bisa menonton konser band internasional cukup dengan membayar 60 ribu rupiah. Tahun 2017, mana ada tiket konser band internasional semurah itu?

Berinvestasi akan menjaga uangmu nilainya tetap atau malah meningkat. Uang 100 ribu yang kamu gunakan untuk membeli produk investasi, emas misalnya, ketika diuangkan sekitar 20-30 tahun ke depan nilainya tidak akan tetap 100 ribu. Nilainya akan meningkat seiring dengan kenaikan harga emas.

 

2. Bisa Mendapatkan Keuntungan Berlipat Ganda

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasi Sekarang
Berinvestasi dari muda untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam berinvestasi via pixabay.com

Menginvestasikan uang untuk produk tertentu seperti saham atau properti, sewaktu-waktu juga bisa bikin kamu kejatuhan rezeki nomplok. Misalnya saja pada tahun 1990-an harga tanah di Serpong masih 150 ribuan per meter. Seiring makin pesatnya pembangunan di kawasan tersebut, belakangan harganya sudah melonjak hingga 10-15 juta per meter.

 

3. Investasi Sebagai Passive Income dan Dana Pensiun

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasi Sekarang
Investasi bisa menjadi dana pensiun dan juga pendapatan pasifmu via pixabay.com

Berinvestasi dapat memberikanmu penghasilan tambahan selain dari gaji yang kamu dapatkan tiap bulan. Contohnya saja, kalau kamu berinvestasi di pasar modal, sebagai pemegang saham kamu berhak mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam periode tertentu.

Ketika waktu pensiun tiba, kamu juga tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan. Kamu bisa mengandalkan investasi yang sudah kamu tanamkan sejak lama untuk membiayai hidup.

 

4. Menjamin Masa Depan

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasi Sekarang
Investasi dari sekarang untuk modal menikah nanti via pixabay.com

Pastinya kamu menginginkan kehidupan yang mapan dan nyaman di masa depan. Hal-hal seperti melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, membiayai pernikahan, atau kelahiran anak, tentu butuh dana yang tidak sedikit. Tambahan dana untuk memenuhi keinginan tersebut bisa kamu dapatkan dari berinvestasi.

 

5. Menumbuhkan Perekonomian Nasional

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Berinvestasi Sekarang
Berinvestasi berarti kamu turut andil dalam perekonomian nasional via pixabay.com

Efek jangka panjang dari kebiasaan berinvestasi adalah meningkatkan perekonomian nasional. Semakin banyak orang yang menginvestasikan uang di pasar modal, semakin besar tambahan modal yang bisa didapatkan perusahaan. Tambahan modal tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas atau ekspansi usaha. Produktivitas meningkat, perekonomian negara jadi lebih bergairah.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berinvestasi. Untuk mulai investasi dari sekarang, kamu bisa memilih produk investasi yang sesuai. Kalau danamu terbatas, kamu bisa mulai dari investasi emas, reksa dana, atau saham lewat program menabung saham.

Apakah kamu sudah berinvestasi? Kalau sudah, investasi apa yang kamu pilih?


 

Leave a Reply