5 Pola Makan Sehat Berbagai Negara yang Baik untuk Ditiru

Di antara negara maju, Amerika Serikat merupakan negara dengan tingkat obesitas paling tinggi. Salah satu penyebab utamanya adalah karena pola makan penduduknya yang cenderung tidak sehat. Mereka terbiasa makan-makanan tinggi lemak dan gula.

Kalau kamu ingin punya tubuh sehat, jangan tiru Amerika. Lebih baik tiru pola makan sehat dari negara-negara berikut ini. Sudah terbukti pula, tingkat harapan hidup penduduk di negara-negara ini lebih lama, alias lebih panjang umur. Penasaran? Simak di bawah ini.

 

1. Makan sampai 80% kenyang – Jepang

Jepang merupakan negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia via forksoverknives.com

Jepang merupakan negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Prestasi itu didukung oleh gaya hidup yang sehat dan pola makan yang sangat baik.

Soal makanan pokok, orang Jepang makan makanan yang sama dengan yang orang Indonesia makan lho, yakni nasi. Nasi biasanya disantap bersama ikan yang rendah lemak trans, tinggi serat, serta kaya akan vitamin mineral, dan omega 3. Orang Jepang juga sering makan tahu dan rumput laut yang kaya protein, zat besi, antioksidan, vitamin A, dan vitamin C.

Wilayah di Jepang yang penduduknya paling sehat adalah Okinawa. Rahasia sehat orang Okinawa selain rajin makan makanan bernutrisi dan alami, juga diimbangi aktif bergerak. Mereka juga prinsip hanya akan makan sampai 80 persen kenyang, enggak sampai berlebihan.

 

2. Banyak makan sayuran, biji-bijian dan minum susu – Italia

Pola makan orang Italia efektif meminimalkan risiko terkena penyakit kanker dan jantung via a-girlwhotravels.com

Menu makanan penduduk di negara-negara Mediterania seperti di Italia kaya akan sayuran dan biji-bijian seperti buncis, kacang lentil, dan kacang polong. Mereka juga banyak mengonsumsi ikan dan ayam segar ketimbang daging merah yang banyak mengandung lemak trans. Lemak tubuh mereka peroleh dari minyak zaitun yang selalu ada di setiap hidangan, susu, dan produk olahan susu (keju, yoghurt, dan lain sebagainya).

Pola makan seperti itu menurut suatu penelitian yang dilakukan di Inggris tahun 2008 mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan jantung hingga 9 persen.

 

3. Makan dengan tenang dalam porsi kecil dan sering – Perancis

Walau doyan makan, sedikit penduduk Perancis yang terkena masalah obesitas via passports-and-champagne.com

Orang Perancis memandang makan sebagai kegiatan yang harus dinikmati. Mereka sangat menghargai makanan enak dan sehat yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi serta disajikan dengan apik.

Bagaimana pola makan orang Perancis? Selain lebih memilih makan makanan bernutrisi yang bukan produk restoran siap saji, mereka juga sangat suka makan bersama-sama dengan orang terkasih. Orang Perancis terbiasa makan secara perlahan dalam porsi kecil karena setiap suapan dan gigitan adalah berharga.

Itu sebabnya walau Perancis terkenal sebagai negara yang kaya akan ragam kuliner, penduduknya jarang yang memiliki masalah obesitas.

 

4. Makan makanan segar dan batasi makan camilan – Belanda

Makanan Belanda banyak yang terbuat dari olahan ikan dan sayuran segar via hotspotsinamsterdam.me

Penduduk Belanda termasuk dalam kelompok orang dengan kualitas hidup paling baik di dunia. Selain budaya bersepeda yang membuat mereka sehat, pola makan masyarakat Belanda juga sangat terjaga.

Sama seperti di Jepang, makanan di Belanda banyak yang menggunakan bahan baku ikan. Selain itu, mereka juga banyak makan buah dan sayuran seperti kacang hijau, bit, bayam, asparagus, beri, dan plum.

Poin yang berikutnya ini perlu kamu tiru nih. Orang Belanda punya kebiasaan ketat soal makan camilan. Walau mereka suka minum teh atau kopi, biasanya mereka melakukannya tanpa makan camilan. Kalau pun, mereka rata-rata hanya mengonsumsi satu biskuit setiap kali minum teh atau kopi.

 

5. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang – Indonesia

via mulpix.com

Walau dari segi angka harapan hidup, Indonesia masih kalah dibanding negara-negara di atas, negeri kita ini sebenarnya punya pola makan yang sehat. Kita dibiasakan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, sehingga tidak makan secara berlebihan. Kita juga dianjurkan untuk mengambil makanan secukupnya agar tidak membuang-buang makanan.

Selain itu hidangan tradisional Indonesia kaya akan rempah-rempah yang sangat baik bagi tubuh. Rempah-rempah berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak segera cepat dapat diubah menjadi energi.
Itulah beberapa negara yang pola makan sehatnya bisa kamu tiru. Sesuai dengan ungkapan, you are what you eat, kebiasaan makan yang baik akan dapat membentuk diri kita jadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana pola makan kamu saat ini? Sudah baik dan sehatkah?


 

Leave a Reply