7 Langkah Praktis Menentukan Tujuan Keuangan

Dalam setiap nasihat keuangan yang diberikan, Ligwina Hananto pasti akan selalu menanyakan, “Tujuan keuangan kamu apa?” Tujuan keuangan memang sangatlah krusial. Semua usaha mencari uang cuma akan dapat capeknya saja kalau kita tidak tahu tujuan keuangan kita. Posisinya kalau dalam olahraga mungkin seperti ring di basket atau gawang di sepak bola.

Karena itu agar gaji bulanan tidak terbuang sia-sia, kamu harus tahu langkah-langkah menentukan tujuan keuangan. Simak di bawah ini.

 

1. Tulis Daftar Keinginan

via satriachaniago.blogspot.co.id

Kita mulai dari yang paling mudah. Tulis semua daftar keinginan yang mau kamu wujudkan. Mulai dari yang muluk-muluk sampai yang paling realistis. Mau beli rumah? Ganti mobil baru? Modal untuk menikah? Atau butuh dana untuk menguasai dunia seperti Gru di film Despicable Me? Masukkan saja semuanya ke dalam daftar.

 

2. Seleksi Prioritas

via cermati.com

Sesudah menuliskan semua mimpi dan keinginan, saatnya kembali menapak bumi. Dalam menentukan tujuan keuangan, kamu harus bisa memetakan sampai mana batas kemampuan keuanganmu saat ini.

Misalnya, dengan gaji sekarang ini yang sebagian sudah kamu alokasikan untuk membayar cicilan rumah, apakah masih kuat untuk dibebani cicilan motor? Contoh lain, apakah keinginan untuk traveling ke semua ibukota provinsi di Indonesia sebaiknya dituruti sementara kamu belum punya asuransi kesehatan?

Pada langkah kedua ini, pilah pilih keinginan yang benar-benar harus kamu prioritaskan.

 

3. Menggali Motivasi

via decorahbank.com

Langkah ini bisa kamu jalankan beriringan dengan langkah kedua. Dalam menyeleksi mana hal yang jadi prioritas dan mana yang tidak, ukuran yang bisa kamu pakai adalah motivasi. Misalnya, mengapa traveling ke semua ibukota provinsi di Indonesia harus kamu lakukan? Apa motivasi kamu melakukannya?

Tujuan keuangan yang punya dasar kuat akan lebih mudah dijalankan ke depannya. Berbagai kendala yang menghadang tidak akan membuat kamu ragu untuk tetap berusaha mencapai tujuan tersebut.

 

4. Diskusikan dengan Orang Terdekat

via kreditgogo.com

Dalam menentukan hal yang sebaiknya diprioritaskan, enggak ada salahnya kamu minta bantuan orang terdekat. Masukan dari mereka bisa membantumu memutuskan sesuatu hal secara lebih jernih. Selain itu siapa tahu juga mereka bisa memberikan ide-ide cemerlang soal menentukan dan mencapai tujuan keuangan yang belum terpikirkan olehmu.

 

5. Pasang Target

via pinterest.com

Daftar prioritas sudah dibuat, motivasi sudah mantap, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memasang target. Dengan memasang target kamu akan termotivasi untuk segera mewujudkannya dan tidak menunda-nunda. Perencanaan keuangan kamu juga jadi lebih mendetail.

 

6. Evaluasi

via claycogroup.com

Dari semua tujuan keuangan yang sudah kamu kumpulkan, tentu durasinya berbeda-beda. Ada yang bisa diwujudkan dalam waktu singkat, menengah, dan ada juga yang butuh waktu lama.

Supaya semangat tetap terjaga dan terarah sesuai rencana, coba evaluasikan setiap kurun waktu tertentu. Misalnya sebulan sekali.

 

7. Tuangkan dalam Bentuk Mind Map

via iqmatrix.com

Sebenarnya langkah ini merupakan langkah yang kalau dalam Islam sifatnya sunah. Mau dilakukan bagus, tapi kalau tidak dilakukan juga tidak apa-apa. Kamu bisa menuangkan tujuan keuangan dalam bentuk peta pemikiran (mind map). Hal ini tujuannya untuk membantu mengingatkan serta termotivasi mencapai tujuan keuangan. Buat dalam poster yang bisa kamu tempel serta letakkan di tempat yang selalu kamu lihat.

 

Jadi, apa saja tujuan keuanganmu?


 

Leave a Reply