9 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh Lewat Belajar Bahasa Asing

Pada era globalisasi seperti sekarang, rasanya memiliki kemampuan bahasa Indonesia saja enggak cukup. Akan lebih baik lagi kalau kamu menambah kemampuan dengan kemampuan berbahasa asing. Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh lewat belajar bahasa asing.

 

1. Meningkatkan Fokus

via newscientist.com

Sewaktu belajar bahasa asing, kamu akan mempelajari ungkapan, kosakata, hingga struktur bahasa yang sebelumnya belum kamu ketahui. Supaya cepat paham, tentunya kamu harus fokus mempelajarinya.

 

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

via babbyy.com

Belajar bahasa asing, seperti misalnya bahasa Korea, tentu bukan cuma sekadar mengetahui arti katanya saja. Sewaktu mempelajarinya pasti kamu akan terpapar juga dengan adat, kebiasaan, atau budaya Korea. Sadar tidak sadar kamu menambah pengetahuan dan wawasan baru.

 

3. Melipat Gandakan Kreativitas

via samira.me

Belajar bahasa hanya mengandalkan buku panduan saja pastilah membosankan. Kamu harus lebih kreatif menyiasatinya agar belajar semakin menyenangkan. Cara-cara yang bisa kamu manfaatkan misalnya menggunakan lagu, film, atau supaya lebih seru, kontak-kontakan dengan penutur asli (native speaker) menggunakan aplikasi gadget.

 

4. Mempunyai Kegiatan Baru

via standard.net

Kalau kamu memang niat dan sungguh-sungguh ingin belajar, kamu pasti akan menghabiskan banyak waktu untuk menghapal kata, bercakap-cakap, atau menulis aksara. Tidak ada waktu yang terbuang percuma.

 

5. Mencegah Penyakit yang Berhubungan dengan Otak

via beijingcream.com

Belajar bahasa asing dapat menunda gejala demensia dan Alzheimer sebab otak dan ingatan kita dilatih untuk tetap bekerja. Layaknya otot, otak yang senantiasa dilatih kondisinya akan tetap bugar. Kondisi otak yang bugar akan memperlambat proses kepikunan.

 

6. Dapat Memudahkan Mempelajari Bahasa Lain

via vanillaforums.com

Belajar suatu bahasa asing dapat menjadi jembatan mempelajari bahasa lainnya. Seperti misalnya belajar bahasa Mandarin akan memudahkanmu mempelajari kanji Jepang. Contoh lain belajar bahasa Inggris akan membantu kamu mempelajari bahasa Jerman lebih cepat karena struktur kedua bahasa tersebut rada mirip.

 

7. Menambah Jaringan

via youthexchange.org.uk

Dalam belajar bahasa, cara yang paling efektif adalah lewat berkomunikasi dengan orang yang sudah fasih. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa Inggris, kamu harus berusaha cari orang yang pandai berbahasa Inggris lalu mengajaknya chatting atau ngobrol. Selain dapat menambah kemampuan berbahasa, kamu juga menambah pertemanan baru.

 

8. Kepercayaan Dirimu akan Bertambah

via godinternational.org

Punya kemampuan, apapun kemampuan itu, cenderung akan membuat orang lebih percaya diri. Terlebih kalau kemampuan tersebut amat berguna seperti kemampuan berbahasa. Kamu bisa lebih percaya diri mempraktikkan karena tidak semua orang bisa bahasa yang kamu kuasai.

 

9. Menjadi Modal di Dunia Kerja

via greatplacetowork.com

Pada akhirnya, kemampuan berbahasa asing dapat menjadi modal yang berharga di dunia kerja. Banyak perusahaan, baik asing maupun lokal, membutuhkan pegawai yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh lewat belajar bahasa asing. Kalau diberi kelebihan mampu berbahasa asing, bahasa mana yang akan kamu pilih?


 

Leave a Reply