Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Barang Elektronik Refurbished

Sewaktu mencari barang elektronik di toko online, kamu mungkin pernah melihat barang elektronik dengan keterangan refurbished. Barang dengan keterangan refurbished seperti itu harganya bisa lebih murah dibanding barang yang sama tanpa keterangan refurbished.

Sebenarnya apa sih barang elektronik refurbished itu? Kenapa harganya bisa lebih murah? Supaya kamu enggak penasaran, simak keterangan di bawah ini.

 

Apa Itu Refurbished?

Barang Elektronik Refurbished
via digitaltrends.com

Barang yang diberi label refurbished biasanya adalah barang elektronik yang pernah dikembalikan ke pabrik atau produsen karena berbagai alasan. Produk tersebut biasanya punya cacat, dibawa ke pabrik untuk diperbaiki, lalu dijual kembali.

Barang-barang ini biasanya dijual dengan harga lebih murah, namun susahnya, kita seringkali tidak tahu alasan barang tersebut mengalami proses refurbish.

 

Penyebab Refurbished

via digitaltrends.com

Setidaknya ada empat hal yang menyebabkan suatu barang mengalami proses refurbish. Pertama, barang tersebut rusak saat pengiriman dari pabrik ke distributor. Rusaknya bisa berupa lecet atau penyok. Kedua, barang tersebut merupakan barang bekas display toko. Barang bekas display toko walaupun masih baru tapi pasti sudah kena jamah banyak orang.

Ketiga, barang tersebut kemasannya sudah terbuka karena kesalahan pabrik. Keempat, barang yang mengalami cacat produksi.

 

Barang Refurbished yang Sebaiknya Jangan Dibeli

Televisi

via tbo.com

Televisi memiliki berat dan ukuran yang besar sehingga akan merepotkan kalau sewaktu-waktu barang tersebut bermasalah. Pasti kamu malas kan menggotong-gotong TV ke tempat servis resmi? Selain itu garansi televisi biasanya jangka waktunya singkat. Kamu bakal rugi sendiri kalau dampak dari cacat produksi TV tersebut muncul belakangan sementara jaminan garansinya sudah habis.

 

Printer

via imagingspectrum.com

Masalah terbesar dari printer refurbished adalah kemungkinan tintanya sudah terpakai. Kalau sudah terpakai seperti itu siap-siap mengalami masalah susulan sebab penyebab terbesar kerusakan printer adalah dari tintanya.

 

Perangkat Keras Komputer

via nexhi.com

Perangkat keras komputer rentan kerusakan permanen. Jarang ada perangkat keras yang mengalami kerusakan dan dapat mengalami proses refurbish secara sempurna mendekati produk baru.

Selain itu perangkat keras komputer biasanya harganya sudah murah. Jadi kalau kamu membeli produk refurbished karena tertarik harga yang lebih murah, kamu sebenarnya malah berpotensi rugi waktu. Kamu harus susah payah membeli, membongkar yang lama, lalu memasang perangkat yang baru. Tidak efisien.

 

Tips Membeli Barang Elektronik Refurbished

via 9to5google.com

Supaya enggak salah sewaktu membeli barang elektronik refurbished, lakukan langkah-langkah berikut.

Pertama, beli produk refurbished dari produsennya langsung, lengkap dengan jaminan garansi. Produk refurbished keluaran pabrik biasanya akan diperbaiki secara lebih cermat agar bisa kembali ke kondisi menyerupai kondisi awal. Hindari membeli produk refurbished dari distributor atau penjual biasa.

Kedua, beli produk yang memiliki garansi satu tahun. Ketiga, pastikan ada garansi pengembalian barang cacat. Keempat, cek kelengkapan produk sesuai spesifikasi seperti kabel, baterai, dan sebagainya.

 

Tempat yang Dianjurkan untuk Membeli Produk Refurbished

via greentreeelectronicrecycling.com

Beli produk refurbished langsung dari pembuatnya atau distributor resmi. Sewaktu membeli jangan sungkan untuk bertanya soal garansi, kejelasan proses refurbish, serta cara mengajukan keluhan kalau di kemudian hari produk tersebut bermasalah. Walau membeli produk yang harganya lebih murah, kamu tetap berhak untuk mendapat jaminan produk yang aman dan nyaman saat dipakai.

 

Itulah hal-hal yang sebaiknya kamu ketahui seputar barang elektronik refurbished. Jadi sewaktu nanti membeli ponsel atau barang elektronik lain dengan label refurbished, kamu tidak bertanya-tanya lagi kenapa harganya bisa murah. Oh iya, kalau punya pengalaman produk refurbished, kamu juga bisa menuliskan di kolom komentar lho.


 

Leave a Reply