Menghabiskan Seharian Menelusuri Wisata Kota Solo

Kota Surakarta atau yang biasa disebut juga Solo merupakan salah satu kota terpadat di Jawa Tengah. Kota yang terletak tidak jauh dari Jogjakarta ini juga dikenal masih kental dengan adat dan keseniannya. Kalau kamu berencana ke sana, berikut beberapa tempat wisata Kota Solo yang menarik untuk dikunjungi.

 

08.00 – Melihat Peninggalan Manusia Purba di Museum Sangiran

5 Tempat Wisata yang Unik dan Asik untuk Dikunjungi di Kota Solo
Berwisata sambil belajar arkeologi via merdeka.com

Perjalanan kita mulai dari Museum Manusia Purba Sangiran. Sebenarnya museum ini terletak di kabupaten tetangga Solo, yakni Kabupaten Sragen, tapi banyak juga orang yang menyebut museum ini berada di Solo.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu perlu berkendara kurang lebih 15 km -17 km dari pusat kota Solo. Tempat ini buka dari hari Selasa sampai hari Minggu, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Di sini kamu bisa melihat fosil-fosil manusia purba seperti Pithecanthropus erectus, Meganthropus palaeojavanicus, serta fosil binatang purba. Fosil-fosil tersebut ditemukan di daerah Sangiran, tidak jauh dari letak museum ini. Selain itu kamu juga bisa melihat bebatuan unik seperti batu meteor dan artefak yang terbuat dari batu seperti kapak persegi.

 

11.00 – Melihat-lihat Benda Antik di Pasar Triwindu

5 Tempat Wisata yang Unik dan Asik untuk Dikunjungi di Kota Solo
Pasar Triwindu pusatnya barang antik di Kota Solo via 1001wisata.com

Puas melihat-lihat peninggalan manusia purba, kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Solo. Tujuan selanjutnya adalah Pasar Triwindu. Pasar yang sekarang namanya diubah menjadi Pasar Windujenar ini dikenal sebagai pasar tempat menjual barang-barang antik.

Di sini kamu bisa menemukan barang antik mulai dari piring, lampu gantung, guci, patung kayu, jam dinding, uang kuno, radio, dan berbagai benda antik lainnya. Bukan hanya barang yang diperdagangkan saja yang antik, keberadaan pasar ini pun terbilang “antik” karena sudah berdiri sejak tahun 1939.

 

13.00 – Belanja Batik di Kampung Laweyan dan Kampung Kauman

5 Tempat Wisata yang Unik dan Asik untuk Dikunjungi di Kota Solo
Kampung Batik Kauman ada sejak ratusan lalu via otonomi.co.id

Berkunjung ke Solo rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli produk khas kota ini. Salah satu yang terkenal tentu saja batik Solo. Tempat yang pas untuk membeli batik Solo tinggal kamu pilih mau ke Kampung Batik Laweyan atau ke Kampung Batik Kauman.

Kampung Batik Kauman terletak tidak jauh dari Pasar Kliwon. Di sini selain membeli batik, kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik yang dilakukan oleh para pengrajin batik. Kalau tidak puas kamu bisa lanjutkan ke Kampung Batik Laweyan. Kampung ini terletak di sisi selatan Kota Solo, tidak jauh dari jalan utama Jalan Dr. Radjiman. Kedua kawasan kampung batik tersebut sama-sama bersejarah. Batik yang dijual juga bagus-bagus.

 

18.00 – Menikmati Suasana Malam di Pasar Malam Ngarsopuro

5 Tempat Wisata yang Unik dan Asik untuk Dikunjungi di Kota Solo
Pasar Malam Ngarsopuro Solo tempat yang asik untuk kulineran dan cari oleh-oleh via foodspotting.com

Suasana malam di Kota Solo juga semarak lho. Tujuan yang bisa kamu pilih sekaligus untuk mengisi perut adalah Pasar Malam Ngarsopuro. Pasar yang terletak di daerah Banjarsari ini buka dari jam 18.00 – 22.00 WIB.

Di sini selain bisa mencari makanan dan jajanan khas kota Solo, kamu juga bisa melihat penampilan seni dari para seniman lokal. Mereka menampilkan beragam kesenian seperti tarian, nyanyian, dan pertunjukan seni lainnya. Tapi harus kamu ingat, pasar ini hanya ada pada hari Sabtu malam, alias malam Minggu lho ya.

 

22.00 – Kuliner Malam di Galabo

5 Tempat Wisata yang Unik dan Asik untuk Dikunjungi di Kota Solo
Gladag Langen Bogan (Galabo) pusat kuliner malam hari di Kota Solo via wikipedia.org

Malam sudah semakin larut tapi kamu masih belum puas jalan-jalan di Kota Solo? Dari Ngarsopuro lanjutkan perjalanan ke Galabo atau Gladag Langen Bogan. Lokasinya terletak tidak jauh dari Benteng Vastenburg.

Tempat ini merupakan kawasan tongkrongan asyik. Warung-warung di sini mulai buka dari pukul 17.00 sampai 24.00 WIB. Kamu bisa menikmati makanan dan minuman khas Solo dengan harga bersahabat seperti tengkleng, nasi liwet keprabon, sate kere, gudeg ceker, mie toprak, dan banyak lainnya.

 

Kamu punya rekomendasi tempat wisata lain yang patut dikunjungi di kota Solo?


 

Leave a Reply