5 Tips Menghadapi Keluarga atau Teman yang Pinjam Uang

Konon kekuatan uang begitu dahsyat sampai bisa “membengkokkan yang lurus” dan “meluruskan yang bengkok”. Salah satu hal “lurus” yang bisa “bengkok” gara-gara uang adalah relasi dengan keluarga dan teman.

Sudah banyak kejadian hubungan keluarga atau pertemanan rusak karena urusan pinjam meminjam uang. Supaya terhindar dari situasi tersebut, kamu perlu tahu caranya menghadapi keluarga atau teman yang pinjam uang.

 

1. Katakan dengan Jelas dan Singkat

Pakai kalimat yang langsung tepat sasaran via girlguiding.org.uk

Sewaktu berbicara dengan mereka, gunakan kata atau kalimat yang pendek, jelas, dan langsung ke pokok masalah. Kalimat-kalimat langsung seperti itu akan memperkecil celah mereka untuk pinjam uang.

Katakan kalimat-kalimat seperti: “Maaf aku enggak bisa kasih pinjaman uang sekarang”, “Aku enggak punya uang untuk kasih pinjaman”, “Aku enggak bisa, tolong mengerti ya.”

Enggak usah berputar-putar hanya karena merasa tidak enak. Ingat uang yang kamu pinjamkan adalah uang kamu sendiri. Uangmu, ya otoritasmu.

 

2. Minta waktu Berpikir

Ulur-ulur waktu juga strategi yang bisa kamu coba via iambetterthan.net

Seringkali mereka yang ingin pinjam uang akan mencoba segala cara. Mereka juga enggak ragu berjanji dan mengatakan ini itu supaya diberikan pinjaman uang. Kamu jadi merasa terpojok dan terperangkap.

Pada situasi seperti itu, minta waktu pada mereka. Tekankan kamu perlu berpikir, sekurang-kurangnya satu sampai beberapa hari. Kamu memang berpikir, berpikir cara lepas dari mereka, bukannya untuk niat meminjamkan uang pada mereka.

Kalau ditagih, berikan jawaban lewat cara yang mudah diterima dan tidak bisa didebat lagi seperti lewat pesan pendek.

 

3. Berikan Uang Sebagai Hadiah

Ketimbang sebagai pinjaman, kamu bisa memberikan uang secara cuma-cuma via myjewishlearning.com

Cara lain yang akan sangat membantu adalah memberikan uang sebagai hibah atau hadiah. Dalam hati dan secara gamblang kamu sampaikan bahwa kamu memang sudah merelakan uang tersebut tidak kembali.

Hanya saja jumlah yang kamu berikan jauh lebih kecil dari jumlah pinjaman yang diminta. Jumlahnya juga sesuai kemampuan dan kerelaanmu. Hal ini akan menjadikan mereka lebih mudah menerima keputusan kamu untuk tidak memberikan pinjaman.

 

4. Jelaskan Kondisi Keuanganmu

Buat mereka mengerti alasan kamu menolak meminjamkan uang via soravjain.com

Kamu enggak perlu ragu menjelaskan kondisi keuanganmu yang sebenarnya. Terangkan hal-hal yang kamu rencanakan dengan uangmu. Beri penjelasan apapun yang membantu menegaskan bahwa kamu benar-benar tidak bisa memberikan pinjaman.

 

5. Tawarkan Bantuan Lain

Bantuan enggak harus selalu berupa pinjaman uang via app.com

Mengingat kamu enggak bisa memberikan pinjaman uang, kamu bisa menawarkan bantuan lainnya yang enggak terkait dengan urusan pinjam meminjam. Misalnya membantu mengevaluasi cara mereka mengelola uang, informasi pekerjaan sampingan, lowongan pekerjaan, atau sesederhana mentraktir makan siang. Ringankan beban keluarga atau teman kamu tersebut sebisa mungkin.

 

Semoga cara-cara di atas sukses membantumu menghadapi keluarga atau teman yang pinjam uang. Atau kamu punya cara lain yang ampuh untuk menghindarkan diri dari situasi yang pelik ini? Kamu bisa tuliskan di kolom komentar.


 

Leave a Reply