Selain Rendang, Ini Dia 7 Makanan Indonesia yang “Go International”

Media asing CNN Go pernah menobatkan rendang sebagai satu dari beberapa makanan paling enak di dunia. Seorang warga negara Norwegia kelihatannya sepakat karena ia sampai membuat lagu tentang rendang dan masakan Padang lalu mengunggahnya ke Youtube. Bagaimana kelanjutannya? Tentu saja jadi viral di Indonesia.

Rendang memang enak tapi sebenarnya makanan Indonesia yang “go international” bukan cuma rendang saja lho. Beberapa makanan berikut ini juga sudah tersohor ke negara lain.

 

1. Tempe

Masakan Indonesia yang Go Internasional
Stan yang menjajakan tempe di luar negeri via inovasipintar.com

Siapa sangka tempe yang kesannya ndeso dan kampungan itu sudah terkenal pula ke mancanegara. Sebagai contoh, seorang warga negara Inggris bernama William Mitchel membuka warung tempe di satu pasar di London. Motivasi dasarnya adalah karena ia sangat dengan makanan yang terbuat dari kedelai ini.

Malahan bukan hanya William, tempe juga disukai oleh orang di belahan dunia lain, terutama di kalangan pencinta makanan sehat. Coba deh iseng mengetikkan kata “tempeh” di Google. Kamu bakal menemukan berbagai resep tempe yang dikreasikan menjadi hidangan internasional seperti burger tempe, tempe taco, atau tempe teriyaki.

 

2. Martabak

Masakan Indonesia yang Go Internasional
Makanan yang sering makanan penuh dosa karena penuh lemak namun enak via thehungrydoctor.net

Martabak, atau yang orang dulu biasa sebut dengan terang bulan, merupakan makanan surgawi paling membumi di Indonesia. Di sisi lain pencinta wisata kuliner dari mancanegara menyebut makanan ini sebagai “makanan penuh dosa” karena begitu berlemak tapi enak.

Kalau dicari persamaannya, dari segi tekstur, martabak Indonesia memang mirip kue panekuk (pancake) dari Barat. Bedanya, martabak Indonesia punya topping yang lebih beragam. Inovasi paling kekinian, martabak Indonesia bisa terdiri dari 8 – 10 rasa dalam satu loyang. Orang luar negeri paling cuma bisa geleng-geleng kepala melihat kegilaan kuliner seperti itu.

 

3. Nasi Goreng

Masakan Indonesia yang Go Internasional
Penggemar nasi goreng di Belanda via schady-muller.com

Enggak ada yang lebih Indonesia daripada nasi goreng. Walaupun banyak variasi dari berbagai negara, tapi nasi goreng Indonesia terkenal karena rasanya yang gurih dan pas.

Bahkan di salah satu video buatan Buzzfeed, para responden yang mencicipi nasi goreng terlihat begitu terpukau dengan rasanya yang lezat. Selain lezat, nasi goreng di Amerika juga tergolong mahal lho. Satu porsi bisa dibanderol dengan harga 110 ribu rupiah.

 

4. Sate

Masakan Indonesia yang Go Internasional
Banyak orang Jerman yang suka dengan sate Indonesia via benandbirdy.blogspot.co.id

Banyak tempat di dunia sepertinya punya hidangan yang satu ini, namun menurut salah satu ulasan dari CNN, tidak ada yang menyamai sate dari Indonesia. Salah satu alasannya, sate di Indonesia dibakar di udara terbuka sehingga memiliki bau asap yang nikmat dan bumbu kecap manis yang meresap.

Warga Jerman menyukai sate khas Indonesia. Hanya saja, sama seperti nasi goreng di Amerika Serikat, harga sate Indonesia di Jerman bisa sampai 10 Euro atau setara 150 ribu rupiah.

 

5. Gado-gado

Salad khas Indonesia yang sarat gizi dan sehat via infojakarta.net

Salad khas Indonesia ini sarat gizi dan lebih sehat daripada salad dari Barat. Bumbu gado-gado juga kandungan lemaknya lebih rendah dibanding saus salad Barat.

Walau di New York harga untuk seporsi gado-gado bisa mencapai USD 10 (setara dengan 110 ribu rupiah), penggemarnya tetap banyak. Bangga kan?

 

6. Bakso

Presiden Obama juga suka makan bakso via id.pinterest.com/source/indotopinfo.com

Hujan-hujan makan bakso? Siapa yang enggak suka? Siapa sangka makanan murah kala hujan ini sudah mulai mendunia lho.

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama adalah salah satu penggemarnya. Beliau bahkan menyatakan bahwa diplomasi antara Indonesia dengan Amerika Serikat bisa dilakukan dengan bakso. Enggak lain karena makanan ini sudah terkenal nikmat.

 

7. Indomie

Masakan Indonesia yang Go Internasional
Orang Nigeria enggak peduli Indomie buatan mana, yang penting makanan ini enak via straightfromnaija.com

Pernah dengar kabar mi instan Indonesia, Indomie, begitu digilai-gilai warga Afrika? Itu bukan cerita konyol, tapi fakta yang benar terjadi. Saking enaknya, penduduk Nigeria di Afrika enggak peduli kalau Indomie merupakan produk dari negara lain. Bumbu yang gurih dan rasa yang beraneka ragam bisa jadi yang membuat mi instan ini begitu terasa enak di lidah.

 

Ragam kekayaan kuliner nusantara sudah sepatutnya bikin kita bangga. Malah kalau bisa sih semakin banyak lagi sajian kuliner Indonesia yang bisa berjaya di luar negeri. Menurut kamu, makanan khas Indonesia apa lagi yang cocok dipromosikan ke luar negeri?


 

Leave a Reply