Pesta Kopi Mandiri: Asyiknya Nongkrong sambil Ngopi di Museum

Kalau kamu berwisata ke museum, kegiatan yang lazim dilakukan adalah melihat-lihat koleksi benda-benda unik atau bersejarah, kan? Namun para pengunjung Museum Mandiri yang berkunjung pada tanggal 29-30 April 2017 pasti merasakan pengalaman yang berbeda. Soalnya, tanggal tersebut bertepatan dengan acara Pesta Kopi Mandiri.

Nama acaranya saja Pesta Kopi, sudah pasti banyak kopi disuguhkan di sana. Para pengunjung bisa ngopi-ngopi di area yang masih dalam wilayah museum. Kapan lagi kan bisa ngopi-ngopi sambil menikmati antiknya bangunan Museum Mandiri?

Acara ini berlangsung gratis dan cashless. Yap, bayarnya tidak menggunakan uang tunai. Pengunjung bisa membayar menggunakan kartu e-money, kartu Mandiri debit, atau kartu Mandiri kredit.

 

Duduk-duduk santai ngopi di taman belakang museum

Asyiknya, bagi yang membayar menggunakan kartu Mandiri debit atau kredit, berhak mendapatkan diskon 50 persen di seluruh stan yang ada di Pesta Kopi Mandiri tersebut. Bagi pengunjung yang bukan nasabah Bank Mandiri, penyelenggara acara juga menjual e-money yang tersedia di meja registrasi ketika akan masuk.

Acara yang digelar bersama dengan ABCD School of Coffee ini mendatangkan kedai-kedai kopi yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Kamu bisa mendapati kedai Kopi Kina, Bear and Co, Piegeonhole Coffee, Coffee Smith, Rico Clothing, Saudagar Kopi, Publichood Coffee, 9 Cups Coffee, Juno and the Coffee Company, Rubiaceae, Orvia.

Bukan hanya itu, ada juga ARV Roastery, Kopi Pak Wawan, Kanawa Coffee, Kromatik, Smoking Barrels Coffee, JCO, Anomali, Contain Coffee, Filosofi Kopi, Stas Coffee & Eatery, Toffin, Coffee Kulture, dan Ottomans Coffee.

 

Loket membeli e-money

Selain menjual kopi, berbagai acara lain juga disuguhkan dalam Pesta Kopi Mandiri. Di antaranya bazar, workshop, lomba latte art, hingga screening film. Di workshop pengunjung dapat melihat proses pembuatan kopi mulai dari memilih biji kopi sampai tersaji di dalam gelas. Pengunjung juga dapat bertanya soal cara meracik kopi yang baik dan benar.

Lomba latte art-nya diikuti oleh kurang lebih 80 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Pemenang lomba ini nantinya dapat berkesempatan menonton World Barista Championship yang berlangsung di Korea Selatan.

Untuk screening film, tentu filmnya yang masih ada hubungannya dengan kopi. Film yang dipilih adalah Filosofi Kopi garapan Angga Dwi Sasongko. Pemeran utama film tersebut, Rio Dewanto, ikut hadir dalam acara screening tersebut.

 

Pameran sejarah kopi nusantara

Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Pesta Kopi Mandiri di Jakarta. Sementara untuk tahun 2017, Pesta Kopi Mandiri Jakarta merupakan penyelenggaraan kedua setelah Jogja. Pesta Kopi Mandiri Jogja diselenggarakan sebagai rangkaian acara Mandiri Jogja Marathon 2017.

Kalau kotamu belum dapat giliran, tunggu saja. Rencananya Pesta Kopi Mandiri akan lanjut ke kota Surabaya dan Medan.


 

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply