5 Tips Menciptakan Kebun di Lahan Sempit Ini Berguna Untuk Menghijaukan Tiap Sudut Rumahmu

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa melihat pemandangan hijau punya manfaat positif meredakan stres. Jadi bayangkan setelah lelah menghadapi keadaan jalan dan kantor, begitu pulang ke rumah kamu disuguhi pemandangan hijau. Pasti rasanya menenangkan.

Kalau belum punya, segera deh wujudkan. Tidak perlu halaman atau pekarangan yang luas, kamu bisa kok menciptakan kebun di lahan sempit. Berikut tipsnya.

 

1. Pilih Tanaman yang Tepat

kebun dengan lahan sempit
Selada hijau mudah untuk ditanam pada lahan sempit perkotaan via hydroponiclovers.blogspot.co.id

Mengingat lahan di daerah perkotaan terbatas, kamu harus pandai-pandai memilih tanaman. Apalagi kalau aktivitasmu segudang, pilihlah tanaman yang tidak memerlukan terlalu banyak perawatan. Contoh tanaman yang cocok antara lain bunga kamboja, selada hijau, sawi, bunga sepatu, dan lidah buaya.

Hindari menanam tanaman yang tumbuh sangat cepat dan memerlukan perawatan rutin seperti bunga morning glory dan tanaman teh-tehan. Salah-salah kebun kecilmu malah jadi hutan mini.

 

Kamboja Jepang yang minim perawatan via riadewanti.wordpress.com

 

2. Letakkan Tanaman Gantung

via trends4us.com

Supaya bisa menanam banyak tanaman tanpa terkendala terbatasnya lahan, coba gunakan pot gantung. Kamu bisa membeli pot gantung yang dijual di pasaran. Bisa juga menjajal kreativitas dengan membuat pot gantung dari wadah yang tidak terpakai.

Perhatikan sekeliling rumah. Kalau ada kaleng, botol bekas, atau ember bocor, barang-barang tersebut potensial sekali kamu sulap jadi pot gantung.

 

Kokedama yang menarik dan hemat tempat via mylittlesunshinehouse.com

Alternatif lain yang bisa kamu coba juga adalah membuat kokedama. Metode penanaman dari Jepang ini dilakukan dengan cara menanam tanaman pada media tanah yang dibungkus jaring. Tanaman ini kemudian bisa kamu gantung dengan mudah.

 

3. Ciptakan Lahan Vertikal

via thisoldhouse.com

Tips lain untuk menyiasati lahan sempit untuk berkebun adalah dengan membuat lahan vertikal. Cara ini enggak mahal dan sulit kok. Kalau kamu tidak punya uang untuk membeli lahan vertikal yang sudah jadi, kamu bisa membeli kayu palet yang murah.

Gunakan media tanam yang memungkinkan untuk diletakkan vertikal seperti rockwool. Media ini berbentuk seperti serat dan amat mudah untuk direkatkan.

 

Kayu palet untuk kebun vertikalmu yang murah dan cantik via concordiagreenhouse.com

 

4. Siasati Penempatan Tanaman

Rak biru cerah yang cantik dan praktis via hgtv.com

Pengaturan tata letak dan wadah tanaman secara tepat selain menghemat tempat juga akan menambah keindahan kebun kecilmu. Gunakan wadah atau pot-pot yang menarik, lalu kelompokkan sehingga tiap tanaman terlihat indah. Atur juga penyusunan warnanya agar wadah-wadah tersebut terlihat serasi.

Kalau kamu membuat kebun di balkon atau teras kecil, jangan lupa alasi wadah tanaman. Jadi sewaktu disiram, tidak ada air yang merembes dan mengotori lantai. Jangan lupa juga untuk rutin menyiram tanaman. Sebab, tanaman dalam pot lebih cepat kering daripada tanaman yang tumbuh di tanah langsung.

 

5. Gunakan Media Tanam Hemat Lahan

Kebun kecil yang hijau dengan media tanam hidroponik via homehydrosystems.com

Kalau kamu yakin dengan kemampuanmu menanam dan mengelola kebun, kamu perlu mencoba media tanam yang lebih hemat tempat. Selain yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mencoba media tanam lain seperti hidroponik, hidrogel, polybag, dan lain sebagainya.

Tiap-tiap media tanam memiliki karakteristiknya tersendiri. Kenali karakteristik masing-masing media tanam. Sesudah tahu plus minus masing-masing media tanam, pilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan kondisi lahanmu.

 

Itulah beberapa tips untuk menciptakan kebun di lahan sempit. Semoga berguna.


 

Leave a Reply