Mengenal Hak-Hak Konsumen di Indonesia

Pernah menerima pelayanan yang tidak mengenakkan dari pramuniaga di toko? Atau barang yang kamu pesan via online ternyata tidak sesuai dengan keterangan di gambar? Sebagai konsumen kamu berhak lho komplain atas hal-hal tersebut.

Hak untuk komplain bersama dengan hak-hak konsumen di Indonesia lainnya diatur dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Supaya lebih jelas, yuk kita kenali berbagai hak-hak konsumen di Indonesia.

 

1. Berhak merasakan aman dan nyaman sewaktu mengonsumsi produk

via neilandnikki.wordpress.com

Ketika kamu datang ke restoran, tentunya kamu ingin makan makanan di sana dengan aman dan nyaman. Kamu berhak untuk komplain bila mendapati dalam hidangan yang mau kamu makan ada kotoran atau benda asing. Contoh seperti ini juga berlaku untuk produk-produk lainnya.

 

2. Berhak menerima produk sesuai kondisi dan harga yang disepakati

via theodysseyonline.com

Kejadian seperti ini kerap terjadi di dunia maya. Kamu memesan barang dengan spesifikasi warna tertentu, namun barang yang kamu terima tidak sesuai spesifikasi warna yang kamu pesan.

Sudah jadi kewajiban penjual untuk mengonfirmasikan kembali bila barang yang dipesan pembeli ternyata tidak tersedia. Haram hukumnya untuk mengganti tanpa persetujuan pembeli.

 

3. Berhak menerima informasi produk dengan jelas dan benar

via livemint.com

Sebagai calon pembeli atau konsumen kamu berhak menanyakan cara pakai, spesifikasi, atau hal-hal lain terkait produk yang hendak kamu beli. Di sisi lain, sudah jadi kewajiban penjual juga untuk menanggapi pertanyaan tersebut dengan baik.

Bila ternyata informasi atau keterangan yang penjual sampaikan berbeda dengan produk aslinya, bisa jadi kamu kena tipu atau kibul penjual. Kamu wajib laporkan pelanggaran tersebut.

 

4. Berhak mendapat perlakuan yang tidak diskriminatif

via arffinancial.com

Mungkin kamu pernah merasa mendapat pelayanan yang tidak mengenakkan dari pramuniaga karena kamu dianggap bukan pembeli potensial. Hal ini pun dapat kamu keluhkan kepada atasan si pramuniaga atau penjual di toko.

 

5. Berhak didengar pendapat dan keluhannya

via uldissprogis.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembeli berhak komplain bila hak-haknya sebagai konsumen dilanggar. Di sisi lain penjual wajib mendengarkan dan menanggapi keluhan tersebut dengan baik.

 

6. Berhak mendapatkan perlindungan konsumen secara patut

via dailymail.co.uk

Lanjutan dari poin sebelumnya, jika komplain yang kamu ajukan sebagai konsumen tidak ditanggapi dengan baik, kamu berhak menggugat penjual ke jalur hukum.

 

7. Berhak mendapatkan pendidikan dan pembinaan konsumen

via risphotograph.blogspot.com

Tidak semua konsumen mampu mengoperasikan produk yang ia beli. Karena itu salah satu bentuk penerapan hak ini, dalam kemasan produk yang dibeli wajib ada buku panduan berbahasa Indonesia.

 

8. Berhak mendapat kompensasi atas kerugian yang dialami

via matchmansupplies.co.uk

Keluhan yang kamu sampaikan tentu bukan untuk sekadar didengar oleh penjual. Kamu pasti mengharapkan penyelesaian yang baik atas masalah yang kamu alami. Bentuk penyelesaiannya bisa berupa kompensasi, ganti rugi, atau penggantian. Hal-hal ini pun merupakan bagian dari hak konsumen.

 

Sewaktu menuntut hak-hak kamu sebagai konsumen, sebisa mungkin lakukan dengan kepala dingin ya. Selain menghabiskan energi, marah-marah juga tidak jadi jaminan masalah langsung selesai.


 

Leave a Reply