10 Perilaku Hidup Hemat dengan Dampak Besar Bagi Kelestarian Lingkungan

Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Lewat peringatan Hari Bumi ini kita diingatkan kembali untuk senantiasa menjaga kelestarian bumi, rumah bersama umat manusia.

Dalam penerapannya, menjaga kelestarian lingkungan sebenarnya tidak susah. Sewaktu melakukan perilaku hidup hemat seperti ini pun kamu sudah ikut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan.

 

1.  Membawa Botol Minum

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Berbagai macam botol minum untuk kebutuhanmu via pixabay.com

Dengan alasan lebih praktis, banyak orang yang lebih suka membeli air minum dalam kemasan. Padahal kebiasaan ini cenderung boros dan merusak lingkungan. Boros karena kamu harus mengeluarkan uang 4 ribu setiap kali haus. Dari sisi merusak lingkungan, air minum dalam kemasan akan semakin menambah sampah plastik di bumi.

Alangkah lebih baik kalau kamu membawa botol air minum sendiri. Selain hemat, ramah lingkungan, bila kamu menambahkan potongan buah ke dalamnya, rasanya pasti lebih nikmat.

 

2.  Membawa Bekal

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Kotak bekal berwarna-warni untuk menemani makan siang via pixabay.com

Supaya lebih komplet, selain bawa botol minum, kamu juga bisa membawa bekal makan siang sendiri. Perilaku ini dapat mengurangi sampah kertas dan plastik bungkus makanan. Selain itu kamu juga jadi lebih hemat karena tidak perlu keluar uang tambahan untuk beli makan siang.

 

3.  Hemat Listrik Sayang Gawai

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Jangan mengisi baterai HP-mu semalaman via pixabay.com

Banyak orang terbiasa mengisi daya baterai smartphone semalaman sambil ditinggal tidur. Kebiasaan seperti ini selain boros energi juga dapat membuat tagihan listrik lebih mahal dari yang seharusnya. Kerugian lainnya, baterai jadi cepat rusak atau bocor. Lebih baik cas baterai smartphone beberapa saat sebelum tidur.

 

4.  Matikan Lampu

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Aktivitas siang hari, pakai cahaya matahari saja via pixabay.com

Kebiasan mematikan lampu kamar saat tidur malam bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga dapat menghemat tagihan listrik.

Akan lebih baik kalau kamu menggunakan lampu LED. Walau harganya sedikit lebih mahal, usia pakai dan efisiensi lampu ini lebih baik dibanding lampu pijar atau neon.

 

5.  Membawa Sapu Tangan

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Sediakan selalu saputangan dalam jangkauanmu via pixabay.com

Banyak pohon dihabiskan untuk memproduksi tisu yang usia pemakaiannya hanya beberapa detik. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membantu menyelamatkan alam dengan menggunakan tisu seperlunya saja. Utamakan membawa saputangan sendiri.

 

6.  Mandi Air Dingin

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Mandi menggunakan air dingin lebih segar dan hemat via pixabay.com

Terbiasa mandi air panas di pagi hari? Coba deh ganti kebiasaan tersebut dengan mandi air dingin. Selain lebih segar, kamu juga bisa menghemat pemakaian gas yang dipakai untuk memanaskan air tersebut.

 

7.  Menggunakan Transportasi Umum

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Naik transportasi umum untuk mengurangi emisi CO2 di bumi via megapolitan.kompas.com

Indonesia merupakan negara penyumbang emisi karbon dioksida terbesar kelima di dunia. Untuk membantu mengurangi emisi karbon dioksida di bumi sekaligus terhindar dari kemacetan, coba deh sesekali gunakan transportasi umum.

 

8.  Cek Kendaraan dengan Teratur

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Cek kendaraanmu secara berkala via cermati.com

Kalau kamu sehari-hari menggunakan kendaraan pribadi, jangan sampai lupa memeriksakan kendaraan secara berkala ke bengkel resmi. Selain bermanfaat mencegah kerusakan fatal, kendaraan yang terawat juga relatif lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

 

9.  Membawa Kantong Belanja

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Tas belanja yang terbuat dari sisa sampah nonorganik via pixabay.com

Sewaktu berbelanja di pasar, swalayan, ataupun minimarket, bawa tas belanjaanmu sendiri. Atau kalau kamu sedang membawa ransel, sesudah membayar masukkan saja belanjaanmu langsung ke dalam ransel. Dengan begitu kamu dapat mengurangi penggunaan tas plastik

 

10. Memasak Sendiri

10 Tips Hemat Energi dan Hemat di Kantong
Memasak untuk berhemat via pixabay.com

Membeli bahan makanan lalu memasaknya sendiri jauh lebih murah dibanding membeli makanan jadi. Selain itu dengan memasak kamu membantu mengurangi sampah kemasan bungkus makanan.

 

Perilaku hidup hemat seperti ini bukan cuma baik dilakukan menjelang atau saat Hari Bumi, tapi setiap hari. Dengan begitu keuangan kamu dan kelestarian alam sama-sama tetap terjaga.


 

Leave a Reply