5 Keperluan yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai

Punya kartu kredit memang membuat hidup seolah terasa lebih mudah. Kamu tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak. Untuk beli barang ini atau bayar keperluan itu cukup gesek kartu. Konsekuensinya, siap-siap tagihan kartu kreditmu membengkak.

Karena itu walaupun sedikit merepotkan, membeli barang secara tunai membantu kamu untuk hidup lebih hemat. Terlebih untuk beberapa keperluan ini, sebaiknya memang dibayar tunai.

 

1. Makanan atau Minuman di Kafe

5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai
Bayar kopi dan kue saat nongkrong lebih baik pakai uang tunai via pixabay.com

Saat nongkrong bersama teman di Starbucks atau kafe lainnya, kadangkala kamu lebih memilih membayar dengan kartu kredit supaya tidak repot. Hati-hati, pengeluaran minum kopi atau ngemil cantik seperti ini bisa jadi latte factor yang tidak kamu perhatikan sebelumnya.

Agar kamu lebih sadar pengeluaran, sebaiknya gunakan uang tunai sewaktu membayar kopi atau makanan.

 

2. Salon

5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai
Untuk potong rambut pun, lebih baik dibayar secara tunai via pixabay.com

Bagi para perempuan yang senang memanjakan diri ke salon, kamu bisa menggunakan uang tunai untuk membayar jasa salon tersebut. Kegiatan rutin ini tentunya sudah masuk dalam anggaran bulananmu kan? Oleh karena itu dengan menggunakan uang tunai, pengeluaran kamu bisa pas sesuai dengan yang sudah kamu tetapkan dalam anggaran.

 

3. Belanja Barang di Mal

5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai
Keinginan beli sepatu baru di mal sedikit lebih terkendali kalau pakai uang tunai via pixabay.com

Sewaktu kamu pergi ke pusat perbelanjaan, nafsu belanja akan sedikit tertahan jika kamu hanya bawa uang tunai. Kamu jadi tidak menggampangkan beli sepatu atau baju baru. Kamu tentu akan menghitung-hitung jumlah uang dalam dompetmu, apakah cukup untuk membeli barang tersebut atau tidak.

 

4. Bayar Uang Kos atau Sewa Apartmen

5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai
Jangan lupa membayar uang sewa, pakai uang tunai, agar lebih nyaman beristirahat via pixabay.com

Apabila sekarang ini kamu tinggal sendiri di kamar kos ataupun menyewa apartemen, sebaiknya kamu membayar uang sewa dengan menggunakan uang tunai. Dengan nilai yang kamu bayarkan, maka sisa uang kas yang kamu punya menjadi acuanmu untuk pengeluaran kamu selama sebulan ke depan.

 

5. Peralatan dan Perabotan Rumah Tangga

5 Hal ini yang Sebaiknya Kamu Bayar Secara Tunai
Jangan menambah utang hanya untuk membeli peralatan rumah tangga deh via kalinkacarvalho.com.br

Bagi kamu yang senang berbelanja bulanan untuk membeli kebutuhan rumah dan menghias rumahmu agar lebih enak dipandang, ada baiknya apabila kamu membeli peralatan dan perabotan rumah tangga menggunakan uang tunai.

Pengeluaran untuk peralatan dan perabotan rumah tangga bisa dibilang masih terjangkau, jadi kamu tidak perlu menggesekkan kartu kreditmu untuk menambah tagihanmu di bulan berikutnya.

 

Salah satu indikasi keuangan yang sehat adalah kamu punya cukup kas untuk memenuhi kebutuhan ke depannya. Jadi kalau kamu mampu membayar keperluan-keperluan ini dengan uang tunai, berarti keuangan kamu cukup sehat.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply