7 Profesi yang Berhubungan dengan Buku

Hobi yang berkembang jadi profesi atau bisnis tentu jadi impian banyak orang. Nah, kalau hobi kamu adalah membaca buku, berarti profesi yang berhubungan dengan buku berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk tekuni. Apa saja?

 

1. Penulis

Pengarang serial buku Harry Potter, JK Rowling via thisisinsider.com

Tidak ada buku, kalau tidak ada yang menuliskannya. Oleh karena itu profesi penulis buku penting sekali dalam dunia perbukuan.

Saat ini, seiring dengan maraknya bisnis self-publishing, banyak penulis yang memproduksi bukunya secara independen. Karya mereka  tersebut lalu dipasarkan via online atau lewat toko-toko buku independen. Bila ternyata banyak pembaca yang suka, penulis tadi bisa melebarkan sayap lewat mencoba peruntungan memasukkan naskah ke penerbit besar.

 

2. Editor

Memperbaiki kesalahan penulisan jadi salah satu tugas editor via english-proofreading.com

Untuk jadi editor naskah, punya latar belakang pendidikan sastra akan sangat membantu, tapi bukanlah suatu keharusan. Kuncinya adalah seorang editor harus punya kegemaran besar terhadap buku, mata yang jeli, serta sedikit keterampilan menyesuaikan tipe tulisan.

Industri penerbitan memiliki empat jenis editor, yakni:

  • Editor Akuisisi: Tugasnya mencari buku yang layak untuk diterbitkan. Ia harus pandai membaca selera pasar serta jeli menilai suatu naskah.
  • Copy EditorTugasnya adalah memeriksa kesalahan penulisan dalam suatu karya tulisan. Aspek yang harus ia cermati seperti tanda baca, ejaan, dan konsistensi penulisan. Nama lainnya adalah proof reader.
  • Right EditorTugasnya memeriksa hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.
  • Picture Editor: Tugasnya memeriksa hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan tata letak, grafis visual, sampai jenis kertas yang akan digunakan untuk mencetak buku.

 

3. Penerjemah

Perkara menerjemahkan adalah mengubah semua sehingga enggak ada yang berubah via besttranslationservices.com

Kalau kamu gemar membaca plus mempunyai kemampuan berbahasa asing, pekerjaan sebagai penerjemah buku bisa kamu pertimbangkan.

Seiring semakin majunya dunia perbukuan tanah air, permintaan buku-buku yang berkualitas tentunya akan semakin bertambah. Untuk memenuhi permintaan tersebut, penerbit akan membanjiri pasar dengan buku karangan penulis lokal maupun penulis asing. Di sinilah peran penerjemah sangat dibutuhkan.

 

4. Ilustrator Buku

Ilustrator buku anak asal Amerika, Normand Chartier, di depan buku-buku karyanya via normandchartier.com

Aspek lain yang membuat buku jadi menarik adalah keberadaan gambar atau ilustrasi, entah di bagian sampul atau di bagian dalam buku. Orang yang mengerjakannya adalah ilustrator buku.

Kamu bisa menjadi ilustrator lepas sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Tampilkan portofolio atau contoh karyamu di situs Behance atau Deviantart supaya lebih banyak penerbit dari dalam maupun luar negeri tertarik memakai jasamu.

 

5. Book Hunter

Berburu buku di tengah keramaian via welcome-to-barcelona.com

Banyak orang yang karena kesibukannya sulit meluangkan waktu mencari buku kegemarannya. Jadilah penyelamat bagi mereka. Kamu bisa menawarkan jasa mencari buku-buku tersebut, alias book hunter.

Sebagai book hunter kamu harus gigih mencari buku tersebut ke berbagai toko. Bisa juga mencarinya ke pameran atau bazar buku seperti Big Bad Wolf. Sebagai balas jasa, tambahkan biaya atau tips per bukunya.

 

6. Penjual Buku Bekas

Tidak perlu lagi capek-capek menjaga lapak setiap hari karena sudah memanfaatkan kecanggihan internet via tylerraiz.com

Kalau dulu banyak penjual buku bekas membuka lapak di pasar seperti di Pasar Senen, Jakarta atau Palasari di Bandung, kamu bisa menerapkan inovasi yang lebih kekinian. Jajakan buku-buku bekas daganganmu via media sosial atau marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Keuntungannya, kamu tidak perlu lagi capek-capek menunggui lapak setiap hari seperti penjual buku di pasar. Kamu cukup meluangkan waktu untuk mencatat pesanan atau menjawab pertanyaan calon pembeli via aplikasi perpesanan atau SMS atau telepon. Simpel, kan?

 

7. Pemilik Perpustakaan Independen

Agus Kurnia, penggagas rumah baca Panter di Depok via regional.kompas.com

Ingin berbagi kegemaranmu membaca buku dengan orang lain? Kamu bisa membuka perpustakaan sendiri. Di sana orang-orang bisa membaca buku di tempat atau meminjam buku untuk dibawa pulang. Pemasukan yang kamu terima mungkin tidak seberapa tapi keberadaan perpustakaan atau taman baca dapat mendorong lebih banyak orang untuk gemar baca buku.

 

Itulah beberapa profesi yang berhubungan dengan buku. Semakin banyak orang yang menekuni profesi-profesi ini, dunia perbukuan di Indonesia tentunya akan semakin semarak.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply