Panduan Memilih Jenis Asuransi Kesehatan yang Tepat

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang secara khusus memberi penggantian biaya perawatan bagi orang yang terkena penyakit atau mengalami kecelakaan. Bukan hanya orang tua, produk keuangan ini juga patut dimiliki oleh anak muda sebagai bentuk proteksi diri.

Masalahnya, seringkali anak muda kebingungan menentukan produk asuransi kesehatan yang cocok. Supaya kamu tidak salah pilih, berikut panduan memilih jenis asuransi kesehatan yang tepat.

 

Jenis Pengelola

via koreabizwire.com

Pemerintah

Layanan asuransi ini dikelola oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Swasta

Layanan asuransi yang dikelola oleh swasta untuk memperoleh keuntungan. Biasanya lebih bagus dari asuransi pemerintah karena perusahaan akan berusaha memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Bila masyarakat yakin dengan produknya, akan lebih banyak yang tertarik untuk mendaftar sebagai peserta layanan asuransi.

 

Sifat Keikutsertaan

via newperspectivefoundation.org

Wajib

Kamu suka atau tidak suka wajib mendaftar layanan asuransi ini. Biasanya perusahaan lah yang mendaftarkan pegawainya agar ikut serta pada layanan asuransi. Premi untuk asuransi dipotong dari gaji setiap bulan. Contoh perusahaan asuransinya seperti PT Askes untuk pegawai negeri aktif dan pensiunannya, atau BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja pada umumnya.

Sukarela

Tidak ada keharusan mendaftar layanan asuransi. Manfaat yang didapatkan peserta tergantung kesepakatan dengan pihak perusahaan penyelenggara asuransi.

 

Jenis Keanggotaan

jenis asuransi kesehatan
via annarborymca.org

Perseorangan 

Produk asuransi ini hanya memberikan manfaat bagi pemegang polis asuransi.

Kelompok

Manfaat produk asuransi ini dapat dinikmati banyak orang seperti seluruh anggota organisasi, perkumpulan, atau keluarga.

 

Jumlah Dana yang Ditanggung

via netnit.com

Standar

Ganti rugi hanya diberikan untuk biaya kesehatan yang tinggi saja, yaitu yang lebih mahal dari ketentuan batas biaya kesehatan yang tidak ditanggung. Misalnya batas biaya kesehatan yang tidak ditanggung adalah satu juta, maka asuransi baru akan menanggung bila biaya kesehatan besarannya dua juta ke atas.

Full

Perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya perawatan mulai dari rawat jalan, inap, melahirkan, perawatan untuk mata dan lain sebagainya.

 

Jenis Perawatan

jenis asuransi kesehatan
via pennythots.com

Rawat Inap

Asuransi ini hanya bisa digunakan untuk membiayai rawat inap dan tidak bisa digunakan untuk rawat jalan. Perusahaan asuransi akan mengganti seluruh biaya mulai dari biaya kamar, obat-obatan, dokter, ambulans, operasi dan berbagai pemeriksaan tambahan seperti CT-Scan, USG, MRI dan sebagainya. Total biaya yang akan dibiayai memiliki limit tergantung paket asuransi yang dipilih oleh peserta.

Rawat Jalan

Produk asuransi ini membebaskan peruntukan biaya pengobatan selama total biayanya belum melebihi limit yang telah ditetapkan perusahaan asuransi. Pada umumnya, asuransi jenis ini juga dilengkapi dengan asuransi rawat inap.

 

Cara Penggantian

jenis asuransi kesehatan
via nonprofitlawblog.com

Cashless (Pembayaran Langsung)

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan menggunakan kartu anggota pada rumah sakit rekanan perusahaan.

Reimbursement (Pembayaran Berganti)

Ketika sakit atau dirawat di rumah sakit, peserta menalangi biaya perawatan dengan uang pribadi. Jumlah biaya perawatan tersebut nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi sesuai dengan yang tertulis di polis. Biasanya produk asuransi ini preminya lebih murah.

 

Semoga setelah membaca uraian jenis-jenis asuransi di atas, kamu tidak bingung lagi menentukan produk asuransi kesehatan yang cocok untukmu ya. Ingat sedia payung sebelum hujan. Sebelum terjadi kecelakaan atau sakit penyakit yang mengganggu produktivitasmu, proteksi diri dengan asuransi.


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply