Mana yang Lebih Kamu Suka, Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

Dari kecil, lewat lagu anak-anak Bangun Tidur, kita sudah diajari untuk mandi setiap hari. Kebiasaan ini baik untuk dilakukan karena selain dapat menyegarkan tubuh, mandi juga ampuh menghilangkan kotoran tubuh.

Tapi omong-omong soal mandi, pernah enggak terpikirkan mana yang lebih baik, mandi air dingin atau air hangat? Masing-masing punya manfaatnya tersendiri. Yuk, kita cek manfaat mandi air dingin dan air hangat.

 

 

Manfaat Mandi Air Dingin

1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

via newhealthadvisor.com

Kulit yang sehat tentu saja kulit yang segar dan lembab. Bila ingin kulitmu sehat, biasakan mandi air dingin, terutama pada pagi hari. Dinginnya air dapat mengencangkan kulit tanpa membuka pori-pori.

Selain menyehatkan kulit, mandi air dingin juga dapat menyehatkan kuku dan rambut lho. Di kuku, kutikula semakin diperkuat sehingga kuku tidak mudah patah. Sementara di rambut, air dingin melindungi jaringan sebum sehingga rambut tidak mudah rontok.

 

2. Mencegah Rematik

via mirror.co.uk

Siapa sangka mandi air dingin juga dapat mencegah rematik. Air di pagi hari kaya akan kandungan karbon dioksida yang berguna untuk melawan rematik. Dinginnya air di pagi hari juga membantu kerja paru-paru agar dapat berfungsi dengan baik.

Cuma ingat ya, manfaat ini tidak akan kamu dapatkan sewaktu mandi air dingin di malam hari. Bukannya mencegah, kamu malah rentan kena rematik.

 

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

via healthiack.com

Kalau kamu punya masalah gula darah yang tinggi, coba deh mandi air dingin di pagi hari. Dinginnya air akan mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh serta melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh.

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Energi

via fid-gesundheitswissen.de

Mandi pagi dengan air dingin juga dapat meningkatkan sel darah putih sehingga kamu jadi tidak gampang terserang penyakit. Daya tahan tubuh yang meningkat akan memudahkan kamu dalam beraktivitas sehari-hari.

 

5. Menurunkan Berat Badan

via tidewaterfitness.org

Mandi air dingin juga baik untuk menurunkan berat badan lho. Ketika tubuh terkena air dingin, lemak cokelat (brown disposes tissue) di dalam tubuh teraktivasi. Lemak ini adalah lemak baik yang berguna untuk menjaga tubuh tetap hangat. Hasilnya akan lebih terlihat ketika kamu berolahraga sebelum mandi air dingin.

 

Keuntungan Mandi Air Hangat

1. Meredakan Stres dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

via amerisleep.com

Saat kamu pulang beraktivitas seharian, coba deh mandi pakai air hangat. Tubuh yang tadinya lelah dan kaku bisa jadi lebih rileks. Otot-otot yang lemas juga akan membuatmu tidur lebih lelap.

 

2. Membersihkan Tubuh Lebih Menyeluruh

via flickr.com

Mandi air hangat dapat membersihkan tubuh lebih menyeluruh. Ketika air hangat menyentuh tubuh, pori-pori di tubuh akan terbuka sehingga kotoran akan ikut terbawa air.

 

3. Memperlancar Peredaran Darah

via healthandfashion.us

Ketika sedang kurang enak badan seperti demam, flu, atau sakit kepala, kamu dapat menggunakan air hangat untuk mandi. Uap air hangat dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Racun tersebut keluar lewat keringat.

 

Kalau kamu mana yang lebih kamu suka, mandi air dingin atau air hangat?


 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply