Inilah Daerah-Daerah Penghasil Kopi Premium di Indonesia

Indonesia berada pada jajaran lima besar negara pengekspor kopi dunia. Hebatnya lagi, kopi dari Indonesia terkenal berkualitas tinggi dan dihargai mahal. Misalnya saja kopi luak.

Kopi luak berasal dari hasil ekskresi hewan luak (Paradoxurus hermaphroditus) yang dikenal pandai memilih biji kopi yang berkualitas tinggi. Kamu enggak salah dengar. Luak makan biji kopi, mencerna, lalu mengeluarkannya kembali bersama kotoran. Alih-alih rusak, proses pencernaan luak justru semakin menambah kualitas biji kopi tersebut.

Sebenarnya masih banyak kopi Indonesia yang tidak kalah berkualitas dibanding kopi luak. Masing-masing pulau di Indonesia punya kopi unggulannya sendiri. Supaya semakin mengenal kekayaan alam bumi Indonesia ini, yuk kita telusuri daerah-daerah penghasil kopi premium di Indonesia.

 

Sumatra

via coffeeshrub.com

Beberapa daerah di Sumatra penghasil kopi premium terbaik di dunia antara lain Gayo di Aceh, Sidikalang dan Lintongnihuta di Sumatra Utara, dan Lampung.

Kopi Aceh berasal dari kopi yang diperam. Lama pemeramannya antara dua bulan sampai bertahun-tahun guna menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi. Daerah penghasil kopi Aceh ini adalah Bener Meriah dan Gayo Lues di Aceh Tengah. Sebagian besar kopi Aceh dilempar untuk pasar luar negeri seperti ke negara-negara Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Kopi Sidikalang merupakan ikon dari kopi Sumatra. Sesuai namanya, kopi ini berasal dari Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Keistimewaan kopi ini terletak pada lahan perkebunannya yang terletak di lereng gunung berapi yang kaya mineral.

Di Lintongnihuta, kopi yang banyak dibudidayakan adalah kopi Arabika. Daerah yang terletak di Kabupaten Hambang Hasundutan, Sumatera Utara ini memang memiliki ketinggian yang tepat bagi pembudidayaan tanaman kopi. Hasilnya, kopi Lintong premium, terkenal memiliki kadar keasaman yang jelas serta kekentalan medium.

Di Lampung, perkebunan kopi tersebar di sekitar Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus. Kopi dari daerah yang disebut terakhir merupakan primadona kopi Lampung. Robusta Tanggamus terkenal memiliki cita rasa cokelat dan aroma yang kuat.

 

Jawa

via id.pinterest.com/binetbrasser

Secara umum kopi Jawa memiliki kualitas yang baik, namun tiap-tiap provinsi memiliki kopi unggulannya sendiri. Biasanya kopi tersebut berasal dari perkebunan peninggalan kolonial Belanda pada abad ke-18.

Di Jawa Barat, kopi yang terkenal adalah Java Preanger. Kopi ini berasal dari perkebunan yang terletak di dataran tinggi Priangan. Sementara di Jawa Tengah, kopi terbaiknya berasal dari Banaran, Ambarawa. Untuk Jawa Timur, daerah penghasil kopi terletak di Kalisat, Bondowoso, tidak jauh dari Kawah Ijen.

Kopi Jawa premium memiliki rasa yang agak kuat, bersih dan kental dengan keasaman medium. Kopi ini juga dikenal memiliki sedikit aroma tanah yang hangat.

 

Bali

via gdaymatetours.com

Kabupaten Bangli merupakan daerah utama penghasil kopi di Bali. Wilayah penghasil kopi terkenal adalah di Kintamani yang dikelilingi pegunungan indah. Proses pengolahan kopinya masih menggunakan tungku api dan kayu bakar.

Kopi Kintamani bercita rasa lembut dengan aroma manis. Karena kualitasnya yang prima, kopi premium Bali ini juga digunakan sebagai biji kopi andalan gerai kopi Starbucks.

 

Sulawesi

via caffevita.com

Kopi Sulawesi terkenal dengan rasanya yang lebut, keasaman sedang, dan rasa akhir yang mulus. Saat mencecapnya, kadang akan terasa juga rasa kayu manis, kapulaga, atau merica hitam.

Kopi Sulawesi yang paling terkenal adalah kopi Toraja dan Kalossi. Biji kopi berasal dari perkebunan yang terletak di dataran tinggi, kira-kira 1.400 sampai dengan 1.900 mdpl. Kopi Toraja yang baik memiliki keseimbangan rasa yang baik dengan rasa buah matang dan coklat hitam.

 

Indonesia Timur

via sciencemag.org

Kopi yang berasal dari Indonesia bagian timur memiliki cita rasa medium hingga kental dengan rasa yang sangat beraneka ragam. Tingkat keasamannya rendah namun tajam.

Daerah perkebunan kopi di Flores seperti di Ngada dan Bajawa menghasilkan biji kopi yang besar, berwarna cerah, serta memiliki aroma cokelat yang kuat. Kopi yang sudah terkenal sampai ke Amerika Serikat ini memiliki tingkat kekentalan tinggi dan keasaman rendah.

Papua, seolah tidak mau kalah, juga memiliki daerah penghasil kopi berkualitas tinggi, yakni Wamena. Kopi Wamena merupakan jenis kopi Arabika yang tumbuh di Bukit Baliem di Pegunungan Jayawijaya. Menariknya, tanaman kopi yang ditanam di sana tumbuh secara organik tanpa pupuk kimia serta diproses secara tradisional.

 

Banyak juga ya daerah penghasil kopi premium di Indonesia. Sebagai negara yang menggantungkan diri pada kopi, sudah sepatutnya kita menghargai kekayaan alam bumi Indonesia ini. Caranya? Sesekali belilah kopi premium, jangan minum kopi saset melulu.


 

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply