5 Fakta Menarik Seputar Mandiri Jogja Marathon 2017

Sebagai upaya menggenjot keuangan negara, pemerintah Indonesia gencar menginvestasikan pembangunan objek wisata baru ataupun menyelenggarakan acara-acara wisata. Nah, salah satu acara wisata yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini adalah Mandiri Jogja Marathon 2017.

Lho kok lomba maraton dibilang acara wisata? Jangan salah, mengutip pernyataan dari Reza Puspo, perwakilan dari race organizer lomba ini, “Tourism is a big part of this marathon.” Sementara Rohan Hafas, corporate secretary Bank Mandiri mengatakan dengan gamblang bahwa lomba ini merupakan bagian dari program pengembangan pariwisata tanah air.

Supaya kamu makin teryakinkan bahwa lomba maraton ini lebih dari sekadar orang lari-larian, simak beberapa fakta menarik seputar Mandiri Jogja Marathon 2017 di bawah ini.

 

1. Berlari di antara candi

Menikmati eksotisnya pemandangan di sekitar komplek candi sembari berlari via siloka.com

Mandiri Jogja Marathon rencananya diselenggarakan pada tanggal 23 April 2017 di Taman Wisata Candi. Komplek wisata ini menaungi candi Borobudur, Prambanan, dan berbagai candi yang ada di sekitarnya.

Rute lari sudah dipersiapkan akan dimulai dari komplek candi ini. Nantinya para peserta sewaktu berlari akan melewati kurang lebih 9 candi seperti Prambanan, Plaosan, dan lain-lain. Sudah kebayang kan bagaimana indahnya rute lari maraton ini?

 

2. Delapan puluh persen lewat rute perkampungan

Ilustrasi jalan desa sekitar Prambanan yang akan dilalui pelari via rumahdijual.com

Selain komplek candi, para pelari juga akan melewati jalan perkampungan. Panitia sudah mempersiapkan rute sedemikian rupa sehingga para pelari dapat melihat gagahnya Gunung Merapi, hamparan sawah hijau, serta pedesaan yang asri.

Bagi pelari yang memilih kategori full marathon atau berlari menempuh jarak 42 kilometer, 80 persen dari jarak yang ia tempuh akan melewati rute perkampungan. Rute tersebut akan dipenuhi pohon rindang. Hati-hati jangan sampai tergoda duduk-duduk menikmati kerindangan pohon. Bisa-bisa kamu gagal sampai finis gara-gara terlalu asyik menikmati suasana.

 

3. Diikuti pelari nasional

Agus Prayogo, salah satu pelari nasional yang rencananya ikut berkompetisi di Mandiri Jogja Marathon 2017. via metrotvnews.com

Dengan rute yang menarik seperti itu, tidak heran animo untuk mengikuti lomba maraton ini begitu tinggi. Hanya dalam tempo dua minggu, seluruh tiket untuk mengikuti lomba ini sudah habis terjual.

Peserta Mandiri Jogja Marathon terdiri dari beragam kalangan. Bukan hanya pelari amatir, pelari nasional pun turut serta dalam kompetisi lari ini. Salah satunya adalah Agus Prayogo, atlet peraih medali emas cabang lari 10K Sea Games Singapura 2015.

4. Bakti sosial pada masyarakat

Jalan rusak seperti ini diperbaiki jelang event via jogja.tribunnews.com

Apakah yang bergembira hanya peserta lari saja? Jelas tidak. Para penduduk desa sekitar yang jalanannya dijadikan rute lari pun boleh ikut bergembira. Sebagai wujud bakti pada negeri, Bank Mandiri selaku penyelenggara bantu-bantu membenahi desa sekitar.

Jalan-jalan desa yang rusak diperbaiki sehingga layak untuk dilalui. Lampu penerangan jalan ditambahkan. Begitu pun dengan toilet umum sebagai tempat MCK warga.

 

5. Bukan hanya ajang lomba lari

Mandiri Jogja Marathon 2017 lebih dari sekadar lomba maraton. Sehari sebelum penyelenggaraan, yakni pada tanggal 22 April 2017 keriaan sudah dimulai. Pada hari itu, race village yang terletak di bagian selatan Candi Prambanan akan disulap layaknya pasar malam. Pentas seni, kompetisi barista, hingga stan-stan mitra binaan Bank Mandiri akan diselenggarakan di sana.

 

Seru dan menarik kan lomba maraton yang satu ini. Makanya mulai persiapkan diri dari sekarang. Sebab rencananya event ini akan diselenggarakan kembali pada tahun-tahun mendatang.


 

Leave a Reply